Aqiqah

Pengertian Aqiqah, Hukum, Waktu Pelaksanaan, Syarat Dan Hikmah Aqiqah Terlengkap

Posted on

Pengertian Aqiqah, Hukum Aqiqah, Waktu Pelaksanaan Aqiqah, Syarat Aqiqah, Ketentuan Hewan Aqiqah, Hal Yang Disunahkan Dalam Aqiqah Dan Hikmah Aqiqah Terlengkap Aqiqah adalah pengurbanan hewan dalam syariat islam sebagai bentuk ucapan rasa syukur umat islam kepada Allah SWT. atas bayi yang dilahirkan dengan syarat-syarat tertentu menurut syariat ajaran islam. Akikah atau Aqiqah berarti menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran anak. Menurut bahasa, aqiqah berarti pemotongan. Hukum akikah adalah sunah muakkad bagi yang mampu dan sebagai ulama menyebutkan bahwa akikah itu wajib.

Hadist yang diriwayatkan Aisyah r.a menyatakan “ Dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah Saw telah menyuruh kita agar menyembelih hewan aqiqah untuk seorang anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk seorang anak perempuan satu ekor kambing”.

Hukum Aqiqah

Hukum akikah bagi orang tua yang baru melahirkan anaknya adalah sunah muakkad dan sebagai ulama menyebutkan bahwa akikah itu wajib. Pada hari itu, anak dicukur ranmbutnya dan diberi nama. Rasulullah Saw bersabda:

عَنْ سَمُرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلُ الله صَلّى الله عَلَيْه وسلَم كُلُّ غُلَامٍ بِعَقيْقَتِهِ تُذْبَـــح يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُخْلَقُ وَيُسَمَّى

“Dari samura r.a., sesungguhnya Rasulullah saw telah bersabda, “Setiap anak yang baru lahir tergadai dan ditebus dengan aqiqah yaitu disembeli aqiqah itu untuknya pada hari ketujuh lalu dicukur dan diberi nama “.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Penyembelihan hewan berkenaan dengan kelahiran anak atau aqiqah disyariatkan dilakukan pada hari ketujuh kelahiran anak, namun jika hari ketujuh terlewatkan maka pelaksanaan akikah pada hari ke-14 atau hari ke-21, seperti penjelasan hadist dibawah ini:

عَنْ عَبْدِ الله بُرَيْدَةِ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النّبِي صَلّى الله عَلَيْه وسلَم اَنَّهُ قَالَ اَلْعَقِيْقةُ تُذْبِحُ لِسَبْعٍ ولِعَرْ بغ وَلإِحْدَى وَعِشْرِي

“Dari Abdullah bin Buraidah dari ayah Nabi saw., sesungguhnya Nabi telah bersabda,”Aqiqah itu disembeli pada hari ke tujuh, atau empat belas atau kedua puluh satu”

Syarat Aqiqah

Hewan akikah yaitu jenis kibsy atau domba putih yang sehat dan berumur minimal setengah tahun dan kambing jawa minimal berumur satu tahun. Bagi anak laki-laki dua ekor dan untuk anak perempuan satu ekor, tapi jika tidak mampu maka 1 ekor kambing untuk Aqiqah anak laki-laki juga diperbolehkan dan mendapat pahala.

Syarat Ketentuan Hewan Aqiqah, ketentuan atau syarat hewan aqiqah sama halnya dengan ketentuan atau syarat hewan qurban yaitu cukup umur artinya telah mencapai atau lebih dari satu tahun dan hewan tersebut sehat atau terhindar dari cacat fisik.

Hal-hal Yang Disunahkan Waktu Pelaksanaan Aqiqah

  • Membaca Basmalah
  • Membaca sholawat atas nabi
  • Membaca takbir
  • Membaca do’a
    بِسْمِ اللهِ اَللَهُمَّ مِنْكَ وَاِلَيْكَ عَقِيْقةُ فُلَانْ…..بِنْ فَتَقَبَّلْ مِنّيْ
  • Disembelih sendiri oleh ayah dari anak yang di aqiqah
  • Daging aqiqah dibagikan pada fakir miskin dan tetangga setelah masak
  • Anak dicukur rambutnya dan diberi nama serta bersedekah seberat rambut bayi yang baru dicukur dengan nilai satu atau seperdua dirham. sebagian ulama berpendapat bahwa sedekah itu seberat timbangan rambut bayi dengan nilai harga emas, sebagaimana Rasulullah saw Bersabda:
    “Dari Ali bin Abi Thalib ia berkata, Rasulullah saw. telah mengaqiqahkan hasan dengan seekor kambing, maka Nabi bersabda, “Hai fatimah, cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan emas seberat timbangan rambutnya, kemudia Ali berkata lagi fatimah kemudian menimbangnya satu dirham atau setengah dirham”. HR.At-Turmudzi.

Hikmah Aqiqah

Adapun beberapa hikmah dari Aqiqah, diantaranya

  • Melaksanakkan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabi Ibrahim A.S
  • Melindungi dari godaan dan gangguan setan yang mengikuti sang bayi ketika baru lahir.
  • Salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dan ucapan rasa syukur pada karunia yang telah diberikan didunia berupa keturunan.
  • Dapat memperkuat tali kerukunan dan persaudaraan antar masyarakat.
  • Membebaskan anak dari ketergadaian
  • Pembelaan orang tua di hari kemudian
  • Menghindarkan anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismail dan Ibrahim
  • Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya
  • Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya Islam dan keluarnya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW
  • Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat

Demikian artikel tentang”Pengertian Aqiqah, Hukum, Waktu Pelaksanaan, Syarat Dan Hikmah Aqiqah Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan berikutnya.