11 Pengertian Teknologi Informasi, Tujuan dan Fungsi Teknologi Informasi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

11 Pengertian Teknologi Informasi, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan┬áKomponen Teknologi Informasi Menurut Para Ahli Lengkap – Information Technology (IT) atau Teknologi informasi adalah istilah umum apapun yang membantu manusia dalam membuat, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Pengertian teknologi informasi adalah sebuah studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer teruspada aplikasi perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.

Pengertian lain teknologi informasi yaitu, teknologi informasi adalah fasilitas yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Selain pengertian diatas, adapula pengertian teknoligi menurut para ahli, berikut selengkapnya:

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Haag dan Keen (1996)

Menurut Haag dan Keen, Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Oxford English Dictonary (OED)

Menurut Oxford English Dictonary (OED), Teknologi Informasi adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.

Williams dan Sawyer (2003)

Menurut Williams dan Sawyer, Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Martin (1999)

Menurut Martin , Teknologi Informasi adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Teknologi Informasi adalah istilah umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.

Kamus Oxford (1995)

Menurut Kamus Oxford, Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika dan terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, serta mendistribusikan informasi termasuk kata-kata, bilangan & gambar.

Lucas (2000)

Menurut Lucas, Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang di terapkan untuk memproses serta mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.

Kenneth C.Loudon (2004)

Menurut Kenneth C.Loudon, Teknologi Informasi adalah kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri perangkat keras & perangkat lunak untuk memproses serta menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi.

Brown, DeHayes, Hoffer dan Perkins (2005)

Menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins, Teknologi Informasi adalah kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri perangkat keras & perangkat lunak untuk memproses serta menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Teknologi Informasi adalah penggunaan teknologi seperti komputer, elektronik, dan telekomunikasi, untuk mengolah dan mendistribusikan informasi dalam bentuk digital.

Mc Keown (2001)

Menurut Mc Keown, Teknologi Informasi adalah merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang dipergunakan untuk dapat menciptakan, menyimpan, mengubah, serta untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan Teknologi informasi yaitu untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam aktivitas manusia.

Manfaat teknologi Informasi

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya teknologi sangat penting. Manfaat teknologi informasi yaitu untuk menunjang kehidupan manusia yang lebih baik karena dengan adanya teknologi infomasi bisa membatu kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut ini adalah beberapa manfaat teknologi informasi diberbagai bidang kehidupan, diantaranya:

Dalam Pendidikan
Kemampuan belajar siswa bisa lebih efektif. Komputer merupakan sarana yang dapat mempermudah siswa untuk mengolah kreatifitasnya

Dalam Bidang Industri dan Manufaktur
Dapat merancang desain produk yang akan dikeluarkan pada suatu Industri juga dapat mengontrol mesin produk dengan ketepatan yang maksimal.

Dalam Bidang Bisnis Dan Perbankan
Dapat membantu penyimpan berkas yang lebih aman. Dapat berfungsi pula dalam kegiatan bertransaksi.

Dalam Bidang Kemiliteran
Dapat sebagai navigasi kapal selam. Dapat mengendalikan pesawat luar angkasa baik dengan pengemudian mupun tanpa pengemudian.

Dalam Teknik dan Pengetahuan
Dapat mempelajari struktur tanah, angin dan juga cuaca. Dapat membantu dalam hal perhitung.

Bidang Kedokteran
Dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit. Dapat digunakan untuk mengambarkan seluruh organ tubuh.

Bidang Pemerintahan
Dapat mengelolah data dan imformasi yang diperuntukan untuk kepentingan masyarakat serta dapat meningkatkan hubungan antara pemerintahan dan masyarakat

Bidang Entertaiment dan Permainan
Dapat membuat animasi,periklanan dan juga film. Teknologi infomasi juga dapat membuat grafis serta audiovisual menjadi lebih menarik

Dalam Bidang Kriminalitas
Dapat memudahkan aparat dalam memecahkan permasalahan. Dapat mendektesi pelanggaran-pelanggaran lalu lintasyang terjadi dengan mudah dan melakukan sidik jari.

Fungsi Teknologi Infomasi

Adapun fungsi teknologi Infomasi yaitu:

  • Capture, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk menangkap informasi
  • Processing, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk mengolah data masukan yang diterima untuk dijadikan suatu informasi
  • Generating yaitu fungsi teknologi infomasi untuk menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna
  • Store, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk merekam atau menyimpan data dan informasi kedalam media contoh: disket dan lain sebagainya.
  • Retriva, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk menelusuri, mendapatkan kembali informasi dan menyalin data serta informasi yang telah tersimpan
  • Transmisi, yaitu fungsi teknologi infomasi untuk engirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain menuju jaringan komputer.

Sedangkan menurut G.R Terry, Fungsi atau peran dasar Teknologi Infomasi yaitu:

  • Fungsi operasional
  • Fungsi monitoring and control
  • Fungsi planning and decision
  • Fungsi communication
  • Fungsi organisational

Pengelompokan Teknologi Infomasi

Teknologi informasi dikelompokan menjadi 5, diantaranya yaitu:

  • Tecnology input
  • Tecnology output
  • Software
  • Tecnologi save
  • Processing machine

Komponen Teknologi Infomasi

Adapun komponen-komponen teknologi informasi yaitu:

  • Hardware (perangkat keras)
  • Software (perangkat lunak)
  • Perangkat otak / kecerdasan yang dimiliki manusia (brain ware)
  • Data,informasi dan pengetahuan

Demikian artikel tentang”11 Pengertian Teknologi Informasi, Tujuan dan Fungsi Teknologi Informasi Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat.