Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Beserta Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Posted on

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Beserta Penjelasan dan Contohnya Lengkap – Terdapat dua kelompok besar tumbuhan berbunga yaitu tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan biji berkeping satu yang memiliki ciri-ciri memiliki satu daun lembaga, berakar serabut, daun berseling, biji berkeping satu atau tunggal, tulang daun sejajar dan memiliki bentuk pita serta memiliki beberapa kelompok besar diantaranya seperti Liliopsoda, Lilidae dan Monocotyledodae.

Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbiji belah atau tumbuhan berkeping dua dimana kelompok tanaman berbunga ini memiliki sepasang daun lembaga yang telah terbentuk sejak tahap biji sehingga mudah terbelah menjadi 2. Namun apa perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil, berikutĀ tabel perbedaan monokotil dan dikotil:

Perbedaan Monokotil Dan Dikotil

Berikut ini penjelasan selengkapnya:

Perbedaan Biji Monokotil dan Dikotil

Tumbuhan monokotil hanya memiliki satu keping biji dan tidak akan mengalami pembelahan saat berkecambah, contohnya yaitu pada tumbuhan padi, jagung dan kelapa. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki sepasang daun lembaga atau dua keping biji dan akan membelah menjadi dua saat perkecambahan, contonya yaitu pada biji kakao, karet, kacang-kacangan dan juag bunga matahari.

Perbedaan Akar Monokotil dan Dikotil

Tumbuhan monokotil umumnya memiliki sistem perakaran atau berakar serabut, tipis dan kecil, sedangkan tumbuhan dikotil memiliki sistem perakaran atau berakar tunggang, bercabang, kuat, dan dapat menembus tanah dalam.

Perbedaan Tudung Akar Monokotil dan Dikotil

Akar tumbuhan monokotil umumnya memiliki tudung akar (kaliptra) , sedangkan tumbuhan dikotilumumnya tidak memiliki tudung akar atau kaliptra.

Perbedaan Batang Monokotil dan Dikotil

Batang tumbuhan dikotil umumnya bercabang dan berkambium pada perbatasan antara jaringan xilem dan floem, sedangkan batang tumbuhan monokotil umumnya tidak bercabang akan tetapi terus tumbuh tinggi serta tidak berkambium. Untuk mengetahuinya ada tidaknya kambum kita dapat menyayat kulit batang tumbuhan.

Perbedaan Daun Monokotil dan Dikotil

Bentuk tulang daun tumbuhan monokotil umumnya memanjang seperti pita dengan tulang daun yang sejajar, sedangkan bentuk tulang daun tumbuhan dikotil umumnya melebar dengan tulang daun menjari atau menyirip.

Perbedaan Bunga Monokotil dan Dikotil

Bunga tumbuhan monokotil umumnya memiliki kelopak dengan jumlah 3 atau kelipatannya, sedangkan bunga tumbuhan dikotil umumnya memiliki kelopak dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya.

Perbedaan Berkas Pengangkut Monokotil dan Dikotil

Berkas pengangkut pada tumbuhan monokotil umumnya tersebar pada pembuluh tapis maupun pembuluh kayu, sedangkan berkas pengangkut pada tumbuhan dikotil umumnya teratur.

Perbedaan Klasifikasi Monokotil dan Dikotil

Pada umumnya, tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku yaitu Graminae, Palmae, Musaceae, Orchidaceae dan Zingiberaceae.

  • Graminae (Rumput-rumputan) contohnya: jagung, padi
  • Palmae (Pinang-pinangan), contohnya: kelapa, sagu
  • Musaceae (Pisang-pisangan), contohnya : pisang muli, pisang ambon
  • Orchidaceae (Anggrek-angrekan), contohnya: anggrek, vanili
  • Zingiberaceae (Jahe-jahean), contohnya: jahe, kunyit

Sedangkan pada umumnya tumbuhan dikotil dikelompokan menjadi 5 suku, yaitu Euphorbiaceae, Leguminoceae, Solanaceae, Myrtaceae dan Compositae.

  • Euphorbiaceae (Jarak-jarakan), contohnya: jarak, ubi, karet
  • Leguminoceae (Polong-polongan), contohnya: pete, kacang
  • Solanaceae (Terung-terungan), contohnya: terong, cabe, tomat
  • Myrtaceae (Jambu-jambuan), contohnya: jambu biji, jambu air
  • Compositae (Komposite), contohnya : bunga matahari

Demikian artikel tentang”Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Beserta Penjelasan dan Contohnya Lengkap“, semoga bermanfaat.