Presentasi

Pengertian Presentasi, Unsur, Fungsi dan Tujuan Serta Jenis Presentasi Terlengkap

Posted on

Pengertian Presentasi, Unsur, Fungsi dan Tujuan Serta Jenis Presentasi TerlengkapPresentasi adalah suatu kegiatan berbicara di depan banyak orang. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain.

Unsur Unsur Presentasi

Adapun unsur unsur pokok presentasi diantaranya:

Moderator, untuk mengatur jalannya presentasi.
Pembicara, pihak yang melakukan presentasi atau menyampaikan informasi.
Audience , peserta atau pendengar dari presentasi.
Tools atau peralatan, media atau alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasinya.

Fungsi dan Tujuan Presentasi

Adapun fungsi dan tujuan presentasi yaitu:

Menyampaikan Informasi Atau Materi
Presentasi dilakukan oleh orang perusahaan apabila ada informasi penting yang akan disampaikan, baik itu informasi biasa maupun informasi sangat penting. Biasanya dalam melakukan presentasi, perusahaan akan mengundang orang yang dianggap penting untuk mengetahui pesan atau informasi tersebut.

Membuat Suatu Ide atau Gagasan
Tujuan presentasi ini biasanya diterapkan pada organisasi yang sedang mengalami masalah sulit untuk dicariak solusinya, sehingga memerlukan pendapat orang lain untuk mencari solusi. Untuk itu sering kali kita dengan istilah rapat, organisasi akan mengundang peserta yang dianggap penting yang nantinya akan dapat memberikan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Meyakinkan Peserta
Presentasi juga bertujuan meyakinkan peserta mengenai informasi tertentu yang dilengkapi data-data yang disusun secara logis sehingga dapat meyakinkan orang mengenai topik yang dibahas.

Menghibur Pendengar
Apabila penyampaian informasi terlalu serius maka akan terasa jenuh dan kurang menarik. Maka moderator dan pembicara pada presentasi dituntut untuk dapat menghibur namun tetap relevan dan bersikap profesional sehingga para peserta dapat menikmati presentasi yang dilakukan.

Menyentuh Perasaan Dan Emosi Peserta
Pembicara harus dapat menyentuh perasaan dan emosi peserta, sehingga pembicara hatus dapat menyampaikan informasi atau materi dengan baik.

Memperkenalkan Diri
Presentasi juga berfungsi untuk memperkenalkan diri seperti menyebutkan nama dan data-data lainnya sehingga dapat dikenal banyak orang dan dapat meyakinkan peserta.

Melakukan Promosi
Hal ini biasanya berhubungan dengan perusahaan yang mempromosikan produknya. Biasanya perusahaan akan memberikan tugas pada karyawan tertentu untuk melakukan promosi produk kepada calon pembeli. Sebelum melakukan presentasi karyawan diberikan wawasan atau pengetahuan tentang produk yang akan dipromosikannya.

Memotivasi Dan Menginspirasi Peserta Untuk melakukan Tindakan Tertentu
seorang pembicara dalam presentasi harus bisa mengarahkan dan membimbing para peserta agar dapat memahami dan melaksanakan apa yang disampaikan. Selain itu pembicara juga harus dapat memberikan motivasi dan juga inspirasi agar peserta semangat dalam melakukan kegiatan presentasi.

Jenis Jenis Presentasi

Jenis Presentasi Secara Umum

Secara umum, terdapat 5 jenis presentasi yaitu:

Presentasi Mendadak
Presentasi Mendadak adalah presentasi yang dilakukan secara mendadak atau tanpa persiapan, pembicara akan langsung memberikan informasi kepada peserta. Biasanya dilakukan apabila ada informasi penting yang harus segera disampaikan.

Presentasi Naskah
Presentasi Naskah adalah presentasi yang dilakukan dengan cara membacakan naskah kepada para peserta.

Presentasi Hafalan
Presentasi Hafalan adalah presentasi yang dilakukan dengan cara menghafal teks yang telah disediakan, jadi pembicara harus menghafal informasi yang akan disampaikannya.

Presentasi Ekstempore
Presentasi Ekstempore adalah presentasi yang dimana pembicara hanya mempersiapkan garis besar materinya saja kemudian menjabarkan secara lengkap atau detail.

Berdasarkan Pihak Yang Melakukan Dan Pesertanya

Presentasi Langsung
Dilakukan jika pembicara dan peserta dapat berkomunikasi secara langsung, contohnya seperti kegiatan belajar dan mengajar di sekolah,  guru dan murid dapat berkomunikasi secara langsung,  murid dapat bertanya dan guru akan memberikan jawaban secara langsung.

Presentasi Tidak Langsung
Dikatakan secara tidak langsung jika peserta tidak bertemu secara langsung dengan pembicara yang menyampaikan informasi.

Berdasarkan Sifat Medianya

Presentasi Audio
Presentasi Audio adalah presentasi yang dilakukan dengan menggunakan media suara saat menyampaikan informasinya.

Presentasi Visual
Presentasi Visual adalah presentasi yang dilakukan dengan menggunakan media gambar saat menyampaikan informasinya.

Presentasi Audio Dan Visual
Presentasi Audio Dan Visual adalah presentasi yang dilakukan dengan menggunakan media suara dan gambar saat menyampaikan informasinya misalnya video.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Presentasi, Unsur, Fungsi dan Tujuan Serta Jenis Presentasi Terlengkap .  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.