Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur-Unsur, Macam Serta Manfaat dan Tujuan Kebugaran Jasmani Lengkap

Posted on

Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani , Komponen Kebugaran Jasmani, Macam-Macam Kebugaran Jasmani Serta Manfaat dan Tujuan Kebugaran Jasmani Lengkap – Kebugaran Jasmani atau physical fitness adalah kemampuan tubuh manusia untuk melakukan aktivitas tanpa harus mengalami kelelahan yang berlebihan. Berbicara tentang kebugaran jasmani, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli, unsur-unsur atau komponen kebugaran jasmani, macam-macam latihan kebugaran jasmani, serta manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani dan tujuan kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Mochamad Sajoto dan Judith Rink

Menurut Mochamad Sajoto dan Judith Rink, Kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan tidak mengalami kelelahan berlebihan dengan pengeluaran energi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang dan untuk memenuhi keperluan darurat jika diperlukan sewaktu-waktu.

Rusli Lutan

Menurut Rusli Lutan, Kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan segala macam pekerjaan fisik yang membutuhkan fleksibilitas, daya tahan dan kekuatan.

Agus Mukhlolid, M.Pd (2004:3)

Menurut Agus Mukhlolid, M.Pd, Kebugaran Jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Muhajir

Menurut Muhajir, Kebugaran Jasmani adalah kesanggupan tubuh beradaptasi dengan pekerjaan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berarti.

Djoko Pekik

Menurut Djoko Pekik, Kebugaran Jasmani adalah kemampuan setiap orang untuk melakukan kerja sehari-hari dengan efisien tanpa timbul kelelahan yang berarti sehingga masih bisa menikmati waktu luangnya.

Suratman (1975)

Menurut Suratman, Kebugaran Jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh atau total fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang wajar.

Unsur-Unsur atau Komponen Kebugaran Jasmani

Berikut ini adalah unsur atau komponen kebugaran jasmani serta macam-macam bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan.

Kekuatan (Stength)

Kekuatan diartikan kondisi tubuh yang mampu menggunakan otot saat dibebankan untuk menjalankan suatu aktivitas. Otot yang kuat dapat diperoleh dengan melakukan latihan berat yang dilakukan secara rutin dan konsisten. untuk melatih kekuatan otot maka dapat dilakukan bentuk latihan kebugaran jasmani seperti Push-up (melatih otot lengan), Sit-up (melatih otot perut), squat-jam (melatih otot tungkai dan otot perut).

Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan yaitu kemampuan seseorang menggunakan organ tubuh seperti jantgung, paru-paru dan yang lainnya secara efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas. Bentuk latihan jasmani untuk meningkatkan daya tahan dapat dilakukan dengan lari atau jogging secara rutin selama sekitar 30 menit per hari.

Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot yaitu kemampuan seseorang memanfaatkan kekuatan otot maksimum dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Daya otot berkaitan dengan sistem anaerobik dalam pemenuhan kebutuhan energi. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk melatih daya otot, diantanya: Vertical Jump (melatih daya ledak tungkai), Front Jump (melatik kemampuan otot betis dan tungkai) dan Side Jump (melatih daya ledak otot tungkai dan paha)

Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan antara lain lari jarak pendek 50-200 meter.

Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan berhubungan dengan efektibitas tubuh dalam menyesuaikan diri pada gerakan atau aktivitas yang mengandalkan kelenturan tubuh. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk melatih kelenturan adalah senam, yoga dan renang.

Kelincahan (Agility)

Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan posisi tubuh. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk melatih kelincahan adalah lari zig-zag dan naik turun tangga.

Koordinasi (Coordination)

Koordinasi yaitu kemampuan seseorang dalam mengintegritasikan gerakan tubuh yang berbeda dalam satu gerakan yang efektif. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk melatih koordinasi tubuh diantaranya memantulkan bola ke tembok dengan tangan kanan dan menangkapnya dengan tangan kiri.

Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga dapat mengendalikan tubuh dengan baik. Bentuik kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbangan seperti sikap lilin, berjalan diatas balok kayu dan berdiri dengan tangan sebagai tumpuan.

Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan adalah kemampuan untuk mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan untuk melatih ketepatan adalah melempar bola ke keranjang atau sasaran tertentu.

Reaksi (Reaction)

Reaksi adalah kemampuan untuk menanggapi rangsangan yang diberikan oleh orang lain. Bentuk latihan kebugaran yang dapat dilakukan untuk melatih reaksi yaitu lempar tangkap bola.

Manfaat dan Tujuan Kebugaran Jasmani

Adapun manfaat dan tujuan melakukan kebugaran jasmani diantarannya:

  • Mengurangi Risiko Obesitas
  • Mencegah Penyakit Jantung
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  • Mengatasi Depresi
  • Meningkatkan Energi

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur-Unsur, Macam Serta Manfaat dan Tujuan Kebugaran Jasmani Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca