Kompetensi

11 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Jenis, dan Manfaat Kompetensi Lengkap

Posted on

11 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Macam Jenis, dan Manfaat Kompetensi Lengkap Kompetensi adalah karakteristik dasar dari seseorang yang memungkinkan mereka mengeluarkan kinerja superior dalam pekerjaannya. Menurut Trotter dalam Saifuddin 2004, seseorang yang berkompeten adalah orang dengan keterampilannya mengerjakan pekerjaan dengan mudah, cepat, intuitif dan sangat jarang atau tidak pernah membuat kesalahan.

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Boyatzis Dalam Hutapea Dan Nurianna Thoha (2008)

Menurut Boyatzis, Kompetensi adalah kapasitas yang ada pada seseorang yang bisa membuat orang tersebut mampu memenuhi apa yang disyaratkan oleh pekerjaan dalam suatu organisasi sehingga organisasi tersebut mampu mencapai hasil yang diharapkan.

Webster’s Ninth New Collegiate Dictionary Dalam Sri Lastanti (2005)

Menurut Webster’s Ninth New Collegiate Dictionary, Kompetensi adalah ketrampilan dari seorang ahli, dimana ahli didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki tingkat keterampilan tertentu atau pengetahuan yang tinggi dalam subyek tertentu yang diperoleh dari pelatihan dan pengalaman.

Byars Dan Rue (1997)

Menurut Byars Dan Rue, Kompetensi adalah suatu sifat atau karakteristik yang dibutuhkan oleh seorang pemegang jabatan agar dapat melaksanakan jabatan dengan baik, atau juga dapat berarti karakteristik/ciri-ciri seseorang yang mudah dilihat termasuk pengetahuan, keahlian dan perilaku yang memungkinkan untuk berkinerja.

Mangkunegara (2005:113)

Menurut Mangkunegara, Kompetensi adalah faktor mendasar yang dimiliki seseorang yang mempunyai kemampuan lebih, yang membuatnya berbeda dengan seseorang yang mempunyai kemampuan rata-rata atau biasa saja.

Mitrani (2002:109)

Menurut Mitrani dalam Usmara, Kompetensi adalah bagian kepribadian yang mendalam dan melekat kepada seseorang serta perilaku yang dapat diprediksi pada berbagai keadaan dan tugas pekerjaan.

Sedarmayanti (2008:126)

Menurut Sedarmayanti, Kompetensi adalah karakteristik mendasar yang dimiliki seseorang yang berpengaruh langsung terhadap, atau dapat memprediksikan kinerja yang sangat baik.

Undang-Undang No. 13 Tahun 2003

Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003, Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel (1998:212)

Menurut Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel, Kompetensi adalah sebuah karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektifitas performa, karakteristik ini dapat dilihat seperti gaya bertindak, berperilaku, dan berpikir.

Poerwadarminta (1993:518)

Menurut Poerwadarminta, Kompetensi adalah kekuasaan (kewenangan) untuk menentukan atau memutuskan suatu hal.

Suparno (2001:27)

Menurut Suparno, Kompetensi adalah kecakapan yang memadai untuk melakukan suatu tugas atau sebagai memiliki ketrampilan & kecakapan yang diisyaratkan.

Stephen Robbin (2007:38)

Menurut Stephen Robbin, Kompetensi adalah kemampuan (ability) atau kapasitas seseorang untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, dimana kemampuan ini ditentukan oleh 2 (dua) faktor yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.

Jenis Jenis Kompetensi

Berikut ini adalah macam macam jenis kompetensi beserta penjelasannya.

Kompetensi Kepribadian

Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, dewasa, stabil, arif dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik serta berahlak mulia. Sub kompetensi dalam kompetensi kepribadian mencakup, antara lain:

  • Kepribadian yang mantap dan stabil.
  • Kepribadian yang dewasa.
  • Kepribadian yang arif.
  • Kepribadian yang berwibawa.
  • Berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan.

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Sub kompetensi dalam kompetensi Pedagogik mencakup:

  • Memahami peserta didik secara mendalam.
  • Merancang pembelajaran.
  • Melaksanakan pembelajaran.
  • Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran.
  • Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya.

Kompetensi Profesional

Kompetensi Profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya. Sub kompetensi dalam kompetensi Profesional meliputi:

  • Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi.
  • Menguasai struktur dan metode keilmuan.

Kompetensi Sosial

Kompetensi Sosial merupakan kompetensi guru untuk berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat luar.

Manfaat Kompetensi

Menurut Prihadi (2004:57),  manfaat kompetensi adalah:

  • Prediktor kesuksesan kerja. Model kompetensi yang akurat akan dapat menentukan secara tepat pengetahuan dan ketrampilan apa saja yang dibutuhkan untuk berhasil dalam suatu pekerjaan. Jika seseorang pemegang posisi mampu mempunyai kompetensi yang dipersyaratkan pada posisinya maka ia bisa diprediksikan akan sukses.
  • Merekrut karyawan yang andal. Jika telah berhasil ditentukan kompetensi apa saja yang diperlukan suatu posisi tertentu, maka dengan mudah dapat dijadikan kriteria dasar dalam rekrutmen karyawan baru
  • Dasar penilaian dan pengembangan karyawan. Indentifikasi kompetensi pekerjaan yang akurat juga dapat digunakan sebagai tolak ukur kemampuan seseorang.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 11 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Jenis, dan Manfaat Kompetensi Lengkap .  Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.