Prosa

10 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

10 Pengertian Prosa atau Prosa Fiksi Menurut Para Ahli TerlengkapProsa adalah bentuk karangan fiksi yang bersifat menerangkan secara panjang lebar mengenai suatu masalah terhadap suatu hal atau peristiwa lain sebagainya. Prosa berasal dari bahasa latin yaitu Prosa yang berarti terus terang. Prosa ini biasa digunakan untuk mendeskripsikan fakta ataupun ide. Ada beberapa jenis prosa, antara lain: Prosa naratif, Prosa deskriptif, Prosa eksposisi dan Prosa argumentatif.

Ada 2 bentuk Prosa yaitu Prosa lama dan Prosa baru. Bentuk prosa lama, diantaranya: Hikayat, Sejarah, Kisah, Dongeng, dan Cerita berangkai. Sedangkan bentuk prosa baru diantaranya: Roman, Novel, Cerpen, Riwayat, Kritik, Resensi, dan Esai.

Selain pengertian diatas, ada beberapa pengertian prosa atau prosa fiksi menurut para ahli. Berikut ini adalah pengertian prosa atau prosa fiksi menurut para ahli:

Pengertian Prosa Menurut Para Ahli

H.B. Jassin (dalam Suroto, 1989)

Menurutnya, Prosa adalah pengucapan seorang penyair dengan pikiran yang berbeda dengan puisi yang merupakan pengucapan penyair dengan perasaan.

Zainuddin (1991)

Menurutnya, Prosa adalah pengungkapan peristiwa secar jelas dengan penguraikan seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat-syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.

Aminuddin (2002)

Menurutnya, Prosa Fiksi adalah kisahan atau ceritera yang diemban oleh pemeran tertentu dengan memperhatikan, latar, tahapan dan rangkaian.

M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono (dalam Tjahyono, 1998)

Menurut M.Saleh Saad Dan Anton M. Muliono, Prosa adalah suatu bentuk narasi berplot yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

Henry Guntur Taringan (1993)

Menurutnya, Prosa adalah karya sastra fiksi dalam bahasa Indonesia secara singkat dari buah hasil imajinasikan.

Teeuw (1984)

Menurutnya, Prosa adalah suatu bentuk kisah fiksi yang mencoba membeberkan suatu kenyataan.

Herman J. Waluyo (2006)

Menurutnya, Prosa Fiksi adalah karya sastra dibagi menjadi tiga yaitu roman, novel dan cerita pendek atau cerpen.

Henry Guntur Taringan (1993)

Menurutnya, Prosa adalah karya sastra fiksi yang bersifat relitas, bukan bersifat aktualitas.

KBBI

Menurut KBBI, Prosa adalah karangan bebas (tidak terikat oleh kaidah yang terdapat dalam puisi)

Herman J. Waluyo

Menurutnya, Karya prosa fiksi dibagi menjadi tiga ayitu roman, novel dan cerita pendek atau cerpen.

Demikian artikel yang diberikan tentang 10 Pengertian Prosa Menurut Para Ahli Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.