Sosiologi

Pengertian Sosiologi, Ciri Ciri, Objek Kajian, Hakikat, dan Ruang Lingkup Sosiologi Lengkap

Posted on

Pengertian Sosiologi, Ciri Ciri, Objek Kajian, Hakikat, dan Ruang Lingkup Sosiologi Lengkap Pengertian sosiologi secara umum yaitu ilmu yang mempelajari tentang jaringa hubungan antar manusia dalam masyarakat. Istilah sosiologi dikemukakan oleh Augste Comte yaitu seorang ahli filsafat, moralis dan sosiolog dalam bukunya yang berjudul Cours de Philosophie Positive.

Menurut Comte, sosiologi berasal dari kata latin Socius yang berarti teman atau sesama dan logos yang berarti cerita. Jadi, sosiologi pada awalnya adalah cerita tentang teman atau masyarakat.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkof

Menurut William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkof, Sosiologi adalah penelitian secara alamiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

Pitirin Sorokin

Menurut Pitirin Sorokin, Sosiologi adalah lmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, seperti gejala agama, gejala moral, gejala ekonomi, dan gejala keluarga. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala non sosial, seperti gejala geografis dan biologis. Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial lainnya.

Max Weber

Menurut Max Weber, Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

J. A. A. von Dorn dan C. J. Lammers

Menurut J. A. A. von Dorn dan C. J. Lammers, Sosiologi adalah ilmu pengetahuan mengenai struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang sifatnyal labil.

Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton, Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk dari kehidupan kelompok tersebut.

Selo Soemardjan dan Soelemen Soemardji

Menurut Selo Soemardjan dan Soelemen Soemardji, Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari tentang sturktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan sosial.

William Kornblum

Menurut William Kornblum, Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

Allan Johnson

Menurut Allan Johnson, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya memengaruhi sistem itu.

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian terhadap segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Ciri Ciri Sosiologi

Adapun ciri ciri utama sosiologi yaitu:
Empiris, ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif atau menduga-duga.
Teoritis, ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil pengamatan. Abstraksi merupakan kesimpulan logis yang memiliki tujuan menjelaskan tentang hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
Kumulatif, disusun atas dasar teori-teori yang telah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori lama.
Nonetis, pembahasan masalah yang tidak mempersoalkan baik atau buruknya masalah, namun lebih bertujuan untuk memperjelas masalah tersebut secara mendalam.

Objek Kajian Sosiologi

Ada beberapa objek yang menjadi objek kajian sosiologi diantaranya:

Objek Material
Objek material sosiologi yaitu kehidupan sosial, gejala dan proses hubungan antar manusi yang mempengaruhi kesatuan manusia tersebut.

Objek Formal
Objek formal sosiologi yaitu hubungan manusia dan proses yang muncul dari hubungan tersebut dalam masyarakat.

Objek Budaya
Objek budaya sosiologi merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi hubungan satu sama lain.

Objek Agama
Pengaruh objek agama pada sosiologi yaitu bisa menjadi pemicu banyak hal atau dampak yang mempengaruhi hubungan manusia.

Hakikat Sosiologi

Sebagai ilmu pengetahuan, hakikat sosiologi yaitu:

  • Sosiologi adalah ilmu sosial, hal tersebut sesuai dengan kenyataan bahwa sosiologi berhubungan dengan gejala-gejala kemasyarakatan
  • Berdasarkan penerapannya, sosiologi digolongkan dalam ilmu pengetahuan murni dan bisa menjadi ilmu terapan.
  • Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan pengetahuan yang konkret. Artinya, yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh, tidak hanya peristiwa itu sendiri.
  • Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian dan pola manusia dan masyarakatnya. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip dan hukum umum dari interaksi manusia serta bentuk, sifat, isi dan struktur masyarakat.
  • Sosiologi merupakan ilmu umum, bukan khusus, artinya sosisologi mempelajari gejala-gejala yang ada pada interaksi antar manusia.

Ruang Lingkup Sosiologi

Ruang lingkup sosiologi meliputi pengetahuan dasar pengkajian kemasyarakatan seperti:

  • Kedudukan dan peran sosial individu dalam keluarga, kelompok sosial dan masyarakat.
  • Nilai dan norma sosial yang mendasari atau memengaruhi sikap dan perilaku masyarakat dalam melakukan hubungan sosial.
    Masyarakat dan kebudayaan daerah sebagai submasyarakat juga kebudayaan nasional Indonesia.
  • Perubahan sosial budaya yang berlangsung terus-menerus yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal.
  • Masalah sosial budaya yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian artikel tentang”Pengertian Sosiologi, Ciri Ciri, Objek Kajian, Hakikat, dan Ruang Lingkup Sosiologi Lengkap“. Semoga bermanfaat