27 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

27 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Sosialisasi adalah proses penanaman atau trasfer kebiasaan/nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam kelompok maupun masyarakat.

Selain pengertian diatas, adapula pengertian sosialisasi menurut para ahli diantaranya:

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, Sosialisasi adalah proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan perilaku orang-orang di sekitarnya.

Peter L. Berger

Menurut Peter L. Berger, Sosialisasi adalah proses pada seorang anak yang sedang belajar menjadi anggota masyarakat.

Stewart

Menurut Stewart, Sosialisasi adalah proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

Broom & Selznic

Menurut Broom & Selznic, Sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Sosialisasi adalah seluruh proses di mana seorang individu sejak masa kanak-kanak sampai dewasa, berkembang, berhubungan, mengenal, dan menyesuaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

Horton & Hunt

Menurut Horton & Hunt, Sosialisasi adalah proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.

Charlotte Buhler

Menurut Charlotte Buhler, Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya, agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, Sosialisasi adalah suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.

Robert M.Z. Lawang

Menurut Robert M.Z. Lawang, Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

Irvin L. Child

Menurut Irvin L. Child, Sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.

Karel J.Veeger

Menurut Karel J.Veeger, Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.

Paul B. Horton

Menurut Paul B. Horton, Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.

Giddens

Menurut Giddens, Sosialisasi adalah sebuah proses yang terjadi ketikaseorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal.

Bruce J. Cohen

Menurut Bruce J. Cohen, Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.

Ritcher JR

Menurut Ritcher JR, Sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.

Jack Levin dan James L. Spates

Menurut Jack Levin dan James L. Spates, Sosialisasi adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.

Edward Shils

Menurut Edward Shils, Sosialisasi adalah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu.

Sukandar Wiraatmaja

Menurut Sukandar Wiraatmaja, Sosialisasi adalah proses belajar mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.

WrightWright

Menurut WrightWright, Sosialisasi adalah proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

Prof. Dr. Nasution, S.H.

Menurut Prof. Dr. Nasution, S.H., Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa).

John C. Macionis

Menurut John C. Macionis, Sosialisasi adalah pengalaman sosial seumur hidup di mana individu dapat mengembangkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan.

David Gaslin

Menurut David Gaslin, Sosialisasi adalah proses belajar yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan tentang nilai dan norma-norma agar ia dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

Nursal Luth

Menurut Nursal Luth, Sosialisasi adalah suatu proses ketika individu menerima dan menyesuaikan diri dengan masyarakat.

Irvin L.

Menurut Irvin L., Sosialisasi adalah proses yang mengharuskan semua individu untuk mengembangkan potensi perilaku mereka yang sebenarnya diyakini benar dan telah menjadi kebiasaan dan sesuai dengan standar kelompok.

David B Brinkerhoft Dan Lynn K White

Menurut David B Brinkerhoft Dan Lynn K White, Sosialisasi adalah suatu proses belajar peran, status dan nilai yang diperlukan untuk partisipasinya dalam institusi sosial.

Robert M.Z.

Menurut Robert M.Z., Sosialisasi adalah proses mempelajari norma-norma, nilai-nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi efektif dalam kehidupan sosial.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Sosialisasi adalah proses penanaman atau penghapusan kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 27 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terlengkap Semoga  bermanfaat