Nama-Nama Hari Akhir (Kiamat) Dalam Al-Qur’an Dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Nama-Nama Lain Hari Akhir (Kiamat) Dalam Al-Qur’an Beserta Penjelasan Dan Artinya – Ada 6 rukun iman yang harus dimiliki seorang muslim, salah satunya adalah iman kepada hari akhir yang merupakan rukun iman kelima.

Pengertian iman kepada hari akhir (hari kiamat) adalah percaya dan yakin bahwa seluruh alam semesta dan isinya akan hancur suatu saat nanti dan setelah itu akan ada kehidupan yang kekal (akhirat).

Dalam ayat Al-Quran surah Al-Luqman dijelaskan, seperti berikut ini.

Yang artinya:

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari yang (pada hari itu) seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat (pula) menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan (pula) penipu (syaitan) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah. (QS : Al-Luqman ayat 33)”

Baca Juga : Iman Kepada Allah

Selain ayat diatas, masih banyak lagi beberapa ayat dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang hari akhir seperti dalam Surah Al-Qariah. Hari akhir memiliki nama lain yang diberikan oleh Allah SWT. Nama-nama lain hari akhir ini menggambarkan keadaan hari kiamat hingga manusia di lahirkan, dihisab dan mendapatkan pembalasan dari Allah SWT.

Nama-Nama Hari Akhir Dan Penjelasannya

Berikut ini merupakan nama-nama hari akhir yang harus kita imani.

Yaumul Akhir

Artinya hari akhir. Disebutkan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 8, yang artinya : Dan diantara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir”, padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman”.

Yaumul Qiyamah

Artinya hari kiamat. Disebutkan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 85, yang artinya : “Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang-orang yang berbuat demikian diantara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan“.

Yaumul Ba’ats

Artinya hari kebangkitan. Disebutkan dalam QS. Ar-Rum ayat 56 , yang artinya “Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): “Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya)”.

Yaumul Hisab

Artinya hari perhitungan. Disebutkan dalam Q.S Sad ayat 16 yang arinya : “Dan mereka berkata, “Ya Tuhan kami, segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan”.

Yaumul Hasrah

Artinya hari penyesalan. Disebutkan dalam QS.Maryam ayat 39 , yang artinya : “Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): “Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya)”.

Baca Juga : Iman Kepada Malaikat

Yaumul Diin

Artinya hari pembalasan. Disebutkan dalam QS. AL-Fatihah ayat 4, yang artinya : “Yang menguasai hari pembalasan“.

Yaumul Wa’id

Artinya hari terlaksananya ancaman. Disebutkan dalam QS. ayat 20,yang artinya : “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari terlaksananya ancaman“.

Yaumul Taghabun

Artinya hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan. Disebutkan dalam QS.At-Taghabun, yang artinya : “(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kamu pada hari berhimpun, itulah hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan…”

Yaumul Khulud

Artinya hari kekekalan. Disebutkan dalam QS. Qaf ayat 34, yang artinya : “Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi”.

Yaumul Fasli

Artinya hari keputusan. Disebutkan dalam QS.Ad-Dukhan ayat 40 yang artinya : “Sungguh hari keputusan (hari kiamat) itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya”.

Yaumul Jam’i

Artinya hari berkumpul. Disebutkan dalam QS. Asy-Syura ayat 7, yang artinya : “…Serta memberi peringatan pula tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya”.

Yaumul Fathi

Artinya hari kemenangan. Disebutkan dalam QS. As-Sajdah ayat 29, yang artinya : “Pada hari kemenangan itu, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan”.

Yaumul Haq

Artinya hari yang pasti terjadi. Disebutkan dalam QS.An-Naba ayat 39, yang artinya : “Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya”.

Yaumul ‘Asir

Artinya hari yang sulit. Disebutkan dalam QS.Al-Mudassir ayat 9, yang artinya : “Yaumul ‘Asir yaitu hari yang sulit”.

Yaumul Tanad

Artinya hari panggil memanggil. Disebutkan dalam QS.Al-Mu’min ayat 32, yang artinya : “Dan wahai kaumku!Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil”.

Yaumul Kabir

Artinya hari yang besar. Disebutkan dalam QS.Hud ayat 3, yang artinya : “…Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat)”.

Yaumul Khuruj

Artinya hari keluar dari kubur. Disebutkan dalam QS.Qaf, yang artinya: “(Yaitu) pada hari (ketika) mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur)”

Yaumul Mau’ud

Artinya hari yang dijanjikan. Disebutkan dalam QS.AL-Buruj ayat 2, yang artinya :”Dan demi hari yang dijanjikan”.

Yaumus Sa’ah

Artinya hari yang menentukan. Disebutkan dalam QS. Al-An’am yang artinya :”Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: “Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!”, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat buruklah apa yang mereka pikul itu”.

Baca Juga : Iman Kepada Kitab

Yaumul Mahsyar

Artinya hari berkumpul. Disebutkan dalam QS.Al-kahfi ayat 47 yang artinya : “…Dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka”.

Yaumun ‘Aqiim

Artinya hari siksaan. Disebutkan dalam QS. Al-Hajj ayat 55, yang artinya : “Dan senantiasalah orang-orang kafir itu berada dalam keragu-raguan terhadap Al Quran, hingga datang kepada mereka saat (kematiannya) dengan tiba-tiba atau datang kepada mereka azab hari kiamat”.

Al-Ghasyiyah

Artinya hari pembalasan. Disebutkan dalam QS.Al-Ghasyyiah ayat 1, yang artinya : “Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan?”.

As-Sokhkhoh

Artinya suara yang memekikkan telinga. Karena pada hari itu ditiupkan sangkakala yang suaranya begitu dahsyat dan keras yang memekikan telinga.

At-Thammah al-Kubra

Artinya perkara besar. At-Thammah artinya sesuatu yang mengalahkan yang lain, terambil dari kata bahasa arab yaitu “Thamma-Yatummu” yang maknanya Ghalaba Yaghlibu berarti mengalahkan, sedangkan kata al-Kubra artinya yang dahsyat, di namakan demikian karena dahsyatnya hari kiamat mengalahkan segala perkara dahsyat lainnya yang ada di dunia ini.

Yaumul Azifah

Artinya hari yang dekat. Karena terjadinya hari kiamat itu telah dekat waktunya.

Yaumul Taghabun

Artinya hari kerugian. Karena pada hari itu penduduk neraka merugi dan bagian mereka di ambil alih oleh penduduk surga.

Ad Darul Akhirah

Artinya negeri akhirat. Disebutkan dalam QS. Al-Ankabut: 64 yang artinya “Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.”

Darul Qarar

Artinya tempat kembali. Disebutkan dalam QS. Ghafir: 39 yang artinya “Wahai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah kesenangan sementara. Dan sesungguhya akhirat itu adalah negeri tempat kembali”.

Yaumul Fashl

Artinya hari pemisahan/keputusan. Disebutkan dalam QS. Ash Shaffat: 21 yang artinya “Inilah hari pemisahan yang dahulu kamu dustakan.”

Baca Juga : Iman Kepada Rasul

Berikut nama nama lain hari kiamat secara lengkap:

  1. Yaumul Qiamah artinya hari kiamat.
  2. Yaumul Hasrah artinya hari penyesalan.
  3. Yaumul Nadaamah artinya hari menyesal.
  4. Yaumul Mahaasabah artinya hari perhitungan.
  5. Yaumul Masaa-alah artinya hari pertanyaan.
  6. Yaumul Masaabaqah artinya hari perlombaan.
  7. Yaumul Munaaqasyah artinya hari perdebatan.
  8. Yaumul Munaafasah artinya hari perlombaan.
  9. Yaumul Zilzalah artinya hari kegoncangan.
  10. Yaumud Damdamah artinya hari kebinasaan.
  11. Yaumush Shaa’iqah artinya hari halilintar.
  12. Yaulul Waaqi’ah artinya hari kejadian yang sukar.
  13. Yaumul Qaari’ah artinya hari peristiwa besar.
  14. Yaumul Raajifah artinya hari bumi bergoncang.
  15. Yaumur Raadifah artinya hari yang mengiringi kegoncangan itu.
  16. Yaumul Ghaasyiyah artinya hari kejadian yang menyelubungi.
  17. Yaumud Daahiyah artinya hari bala bencana.
  18. Yaumul Aazifah artinya hari yang sudah dekat waktunya.
  19. Yaumul Haaqqah artinya hari keadaan yang sebenarnya.
  20. Yaumuth Thaammah artinya hari bahaya.
  21. Yaumush Shaakhkhah artinya hari suara yang memekikkan telinga.
  22. Yaumut Talaaq artinya hari berjumpa dengan Tuhan.
  23. Yaumul Firaaq artinya hari perpisahan.
  24. Yaumul Maasaq artinya hari yang dihalaukan.
  25. Yaumul Qishash artinya hari mengambil pembelaan.
  26. Yaumul Tanaad artinya hari panggil memanggil.
  27. Yaumul Hisaab artinya hari perhitungan amal
  28. Yaumul Ma-aab artinya hari kembali.
  29. Yaumul Adzaab artinya hari siksa.
  30. Yaumul Firaar artinya hari lari.
  31. Yaumul Qaraar artinya hari ketetapan.
  32. Yaumul Liqa’ artinya hari pertemuan.
  33. Yaumul Baqa’ artinya hari kekal.
  34. Yaumul Qadla artinya hari qadla’ (putusan).
  35. Yaumul Jazaa’ artinya hari pembalasan.
  36. Yaumul Balaa’ artinya hari percobaan.
  37. Yaumul Bukka’ artinya hari tangisan.
  38. Yaumul Haar artinya hari perkumpulan.
  39. Yaumul Waa’iid artinya hari janji akan siksa.
  40. Yaumul ‘Ardl artinya hari datang.
  41. Yaumul Wazn artinya hari timbangan.
  42. Yaumul Haq artinya hari kebenaran.
  43. Yaumul Hukm artinya hari hukuman.
  44. Yaumul Fashl artinya hari pemisahan.
  45. Yaumul Jam’i artinya hari berkumpul.
  46. Yaumul Ba’ts artinya hari kebangkitan.
  47. Yaumul Fath artinya hari kemenangan.
  48. Yaumul Khizyi artinya hari kehinaan.
  49. Yaumul Adhiim artinya hari yang besar kedudukannya.
  50. Yaumul ‘Aqiim artinya hari sial.
  51. Yaumud ‘Asiir artinya hari yang sukar.
  52. Yaumul Diin artinya hari agama.
  53. Yaumul Yaqiin artinya hari yakin.
  54. Yaumun Nusyuur artinya hari berserak-serak.
  55. Yaumul Mashiir artinya hari-hari tempat pengembalian.
  56. Yaumun Naf-khah artinya hari tiupan.
  57. Yaumush Shaihah artinya hari pekikan keras.
  58. Yaumur Raj-fah artinya hari goncangan.
  59. Yaumush Rajjah artinya hari bergerak-gerak.
  60. Yaumuz Zaj-rah artinya hari menakuti.
  61. Yaumush Sakrah artinya hari bermabukkan.
  62. Yaumul Faza’ artinya hari ketakutan.
  63. Yaumul Jaza’ artinya hari gunda gulana.
  64. Yaumul Muntahaah artinya hari penghabisan.
  65. Yaumul Ma’waa artinya hari tempat tinggal.
  66. Yaumul Miiqat artinya hari tepat waktu.
  67. Yaumul Mii’aad artinya hari tempat kembali.
  68. Yaumul Mir-shaad artinya hari tersedia menanti.
  69. Yaumul Qalaq artinya hari kekacauan.
  70. Yaumul ‘Araq artinya hari keringat.
  71. Yaumul Iftiqaar artinya hari keperluan.
  72. Yaumul Inkidaar artinya hari kekeruhan.
  73. Yaumul Intisyaar artinya hari bertebaran.
  74. Yaumul Insyiqaaq artinya hari terbelahnya langit.
  75. Yaumul Wuquf artinya hari berhenti.
  76. Yaumul Khuruuj artinya hari keluar.
  77. Yaumul Khuluud artinya hari kekal.
  78. Yaumut Yaghaabuun artinya hari terpedaya.
  79. Yaumun ‘Abuus artinya hari kesukaran.
  80. Yaumun Ma’luum artinya hari yang dimaklumi.
  81. Yaumun Mau’uud artinya hari yang sudah dijanjikan.
  82. Yaumun Masy-huud artinya hari yang disaksikan.
  83. Yaumun Laa-raiba fiih artinya hari yang tidak diragukan.
  84. Yaumun Tublas Saraa-ir artinya hari yang dipercobakan segala rahasia.
  85. Yaumun Laa taj-zii Nafsun ‘Annafsin Syai-an artinya hari yang tidak akan mampu mengganti dari seorang dengan orang lain.
  86. Yaumun Tasy-khashu Fiihil Bashaa-ir artinya hari yang memandang padanya segala mata.
  87. Yaumun Laa Yugh-nii Maulan’an Maulan Syai-an artinya hari di mana seorang tidak mampu menolong sahabat yang lain.
  88. Yaumun Yadda’uuna Alaa Naari Jahannama Da’an artinya hari yang ditolakkan mereka.
  89. Yaumun Yas-habuuna Finnaari’alaa Wujuuhihim artinya hari di mana mereka mukanya akan ditarik ke dalam neraka.
  90. Yaumun Taqallabu Wujuuhuhum Finnaar artinya hari di mana muka mereka akan ditelungkupkan ke dalam neraka.
  91. Yaumun Laa yaj-zii Waalidun ‘An Walaadihi artinya hari yang tidak akan bisa seorang ayah menolong anaknya.
  92. Yaumun Yafirrul mar-u min akhii-hi wa ummihi wa-abiihi artinya hari di mana manusia lari terbirit-birit dari saudaranya, lari ayahnya dan ibunya.
  93. Yaumun Laa yanthi quuna walaa yu’-dzanu lahum fayak-tadziruuna artinya hari di mana mereka tidak bercakap-cakap karena tidak diizinkan, lalu mereka minta maaf.
  94. Yaumun Laa maradda lahu minallah artinya hari yang tidak ada penolakan dari Allah
  95. Yaumun Humbaarizuuna artinya hari di mana muka mereka akan didatangkan.
  96. Yaumun Hum’allanna ri Yuf-tanuuna artinya hari yang mana mereka dicobakan ke dalam neraka.
  97. Yaumun Laa yanfa-‘u maalun banuuna artinya hari yang tidak bermanfaat akan harta dan anak-anak.
  98. Yaumun Laa yaanfa’udh-dhaalimiina ma’dziratuhum walaa humulla’natu walahum suu-uddari artinya hari di mana tidak akan bermanfaat dalihnya orang-orang dhalim, bagi mereka suatu kutukan dan tempat yang buruk.
  99. Yaumun Turaddu fiihil maa’adz-dziru wa tublassaraa-iru watadl-harudhdlamaa-iru watuk syaful-astaaru artinya hari di mana semua dalih ditolak, ditahan segala rahasia, ditampakkan segala isi hati dan singkap segala tirai.
  100. Yaumun Takh-sya-‘u fiihil Ab-shaaru watas kunul-aswaatu wayaqillu fihil-tifaatu wa tabruzul-khafiyyatu wa tadh-harul khathii-atu artinya hari yang pada mereka penglihatannya tetap, segala suara tenang, sedikitpun tidak mengelak, keluar segala yang tersembunyi dan nampak semua kesalahan.
  101. Yaumun Yusaaqul-‘ibaadu wa ma’a humul asy-haadu wayashiibush-shaqiiru wayaskarul kabiiru artinya hari yang semua hamba dihalau, bersama mereka anggota badan menjadi saksi, anak kecil sudah beruban dan orang tua menjadi mabuk.
  102. Yaumul Mahsyar adalah hari berkumpulnya seluruh umat manusia. Setelah manusia dibangkitkan dari alam kubur, manusia digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar.
  103. Yaumul Mizan yaitu hari penimbangan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidupnya.

Baca Juga : Iman Kepada Qada dan Qadar

Macam Macam Hari Kiamat

Menurut Al-Qur’an, ada 2 macam hari akhir atau hari kiamat diantaranya yaitu:

Kiamat Sugra (Kecil)

Yaitu peristiwa datangnya kematian bagi setiap makhluk termasuk manusia yang bersifat local dan individual (QS. Ali Imran (3):185). Contoh kiamat sugra atau kiamat kecil diantaranya seperti kematian dan bencana alam seperti tsunami,gempa bumi, banjir, gunung meletus, dan sebagainya.

Kiamat Kubra/Kubro (Besar)

Yaitu peristiwa berakhirnya kehidupan seluruh makhluk dan hancurleburnya alam semesta secara total dan serentak. (QS.Al-Zalzalah(99) :1-5) dan (QS.Al-Qori’ah (101): 1-5). Contoh kiamat kubra atau kiamat kecil diantaranya seperti hancurnya alam semesta, munculnya dajjal, matahari terbit dari barat, turunnya ya’juj dan ma’juj, manusia mempertanggung jawabkan segala amal perbuatannya.

Tanda Tanda Hari Akhir

Berikut ini tanda-tanda kiamat atau tanda-tanda akan datangnya hari akhir diantaranya yaitu:

  • Terbitnya matahari dari arah barat dan terbenam dari arah timur. Hal ini terjadi karena perubahan besar dalam susunan alam semesta.
  • Keluarnya suatu binatang yang sangat aneh. Binatang ini dapat bercakap-cakap kepada semua orang dan menunjukkan kepada manusia bahwa kiamat sudah sangat dekat.
  • Datangnya Al-Mahdi. Beliau termasuk keturunan dari Rasulullah SAW. Sebab itu, beliau serupa benar akhlak dan budi pekertinya dengan Rasulullah SAW.
  • Munculnya Dajjal. Dajal adalah seorang yang muncul sebagai tanda semakin dekat datangnya kiamat. Dajjal bermata buta sebelah dan mengaku sebagai “Tuhan”.
  • Hilang dan lenyapnya Al-Qur’an dan mushaf, hafalan dalam hati. Bahkan lenyap pulalah yang ada di dalam hati seseorang.
  • Berkumpulnya manusia, seperti selamatan kelahiran, khitanan, perkawinan, ulang tahun, dll. Namun tidak pernah sedikit pun dijalankan perintah-Nya serta dijauhi larangan-Nya.
  • Turunnya Nabi Isa as. Beliau akan turun ke bumi ini di tengah-tengah merajalela pengaruh Dajal.

Baca Juga: Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Nabi dan Rasul

Peristiwa yang Berkaitan dengan Hari Kiamat

Berikut ini beberapa peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir atau hari kiamat, diantaranya yaitu:

  • Yaumul Barzah/Alam Kubur yaitu masa antara sesudah meninggalnya seseorang hingga menunggu datangnya hari kiamat. (Q.S.Al Khafi ayat 99 )
  • Yaumul Ba’ats yaitu masa dibangkitkannya manusia dari alam kubur mulai dari manusia pertama hingga manusia terakhir.(Q.S. Al-Zalazalah:6)
  • Yaumul Mahsyar, yaitu masa dikumpulkannya manusia dipadang mahsyar untuk dihisab/diperhitungkan amal kebaikan dan keburukanya. (Q.S. Ibrahim:48)
  • Yaumul Hisab/Mizan, yaitu masa diperhitungkan atau ditimbangnya amal kebaikan dan keburukan manusia. ( Q.S. Yasin:65)
  • Sirat, yaitu jembatan yang akan dilewati oleh manusia setelah dihisab dan ditimbang amal baik dan buruknya. Disini akan ditentukan manusia akan masuk neraka atau surga.
  • Surga, yaitu tempat balasan bagi orang yang beriman kepada Allah SWT.(Q.S. Al-Hajj:23)
  • Neraka yaitu tempat balasan bagi orang yang ingkar kepada Allah SWT. (Q.S. Az-Zumar:32)

Demikian penjelasan tentang nama-nama lain hari akhir dalam Al-Qur’an semoga bermanfaat.