Pengertian Penyerbukan, Fungsi Dan Macam-Macam Penyerbukan Beserta Gambarnya Lengkap

Posted on

Pengertian Penyerbukan, Fungsi Dan Macam-Macam Penyerbukan Beserta Gambarnya Lengkap Penyerbukan atau polinasi adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke permukaan putik, Pada sebagian besar bunga, penyerbukan berarti peristiwa jatuhnya serbuk sari ke bagian kepala putik. Penyerbukan ini merupakan bagian penting proses reproduksi tumbuhan berbiji. Fungsi penyerbukan yaitu untuk memudahkan serbuk sari menempel pada kepala putik.

Apabila suatu penyerbukan berhasil maka akan diikuti oleh pertumbuhan buluh serbuk yang memasukan saluran putik menuju bakal biji, pada bakal biji akan terjadi proses pembuahan. Macam-macam penyerbukan dikelompokan menjadi 2 yaitu macam jenis penyerbukan berdasarkan perantara dan macam jenis penyerbukan berdasaekan serbuk sari.

Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantara

Berdasarkan perantaranya, ada 4 penyerbukan yaitu:

Penyerbukan Oleh Angin

Ciri-ciri bunga yang proses penyerbukan dibantu oleh angin memiliki ciri-ciri seperti bunga tidak berwarna, tidak memiliki kelenjar madu, jumlah serbuk sari banyak dan serbuk sari tersebut ringan sehingga sangat mudah diterbangkan oleh angin, memiliki kepala sari yang besar dan tangkai sari yang panjang dan bergoyang jika tertiup angin, serta memiliki putik terentang keluar, panjang dan berbulu. Contohnya seperti: binga, kelapa, rumput dan jagung.

Penyerbukan Oleh Hewan

Hewan yang biasa menjadi perantara penyerbukan adalah serangga seperti kupu-kupu dan lebah, namun selain serangga hewan lain yang dapat membantu proses penyerbukan antara lain: burung, kelelawar dan siput. Ciri-ciri bunga yang penyerbukan dibantu oleh hewan yaitu memiliki warna sebagai daya tarik, memiliki bau yang harum, memiliki kelenjar madu, memiliki serbuk sari yang berlender sehingga dapat menempel pada tubuh hewan, serta memiliki putik yang tersembunyi dan berlendir. Proses penyerbukan pada bunga oleh hewan, diawali dengan hewan seperti kupu-kupu, lebah, burung atau yang lainnya datang dan menghisap madu bunga lalu serbuk sari bunga akan menempel pada tubuh hewan tersebut, saat hewan tersebut hinggap pada bunga lain yang sejenis maka akan terjadi penyerbukan.

Penyerbukan Oleh Air

Penyerbukan oleh air ini biasanya tejadi pada tumbuhan yang memiliki bunga terendam air, seperti Hydrilla.

Penyerbukan Oleh Manusia

Contoh penyerbukan yang dibantu oleh manusia yaitu penyerbukan pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelamin tunggal sehingga terdapat bunga jantan dan bunga betina. Proses penyerbukan pada salak dan vanili diawali dengan memetik bunga jantan yang penuh serbuk sari lalu ditempelkan pada bunga betina yang sudah masak.

Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari

Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri atau Autogami adalah proses menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik atau penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari dan putik berasal dari satu bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak menghasilkan keturunan yang bervariasi. Contoh penyerbukan sendiri terjadi pada bunga turi dan bunga telang. Berikut ini gambar penyerbukan sendiri:

Penyerbukan Tetangga

Penyerbukan Tetangga atau Geitonogami adalah proses penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik binga lain yang masih dalam satu tanaman. Contoh Penyerbukan tertangga terjadi pada bunga jagung. Berikut gambar penyerbukan tetangga:


Penyerbukan Silang

Penyerbukan silang atau Alogami adalah proses penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga tanaman lain namun masih dalam satu jenis tanaman. Penyerbukan silang dapat menghasilkan variasi keturunan karena terjadi percampuran sifat dari 2 tumbuhan indukan. Contoh penyerbukan silang diantaranya persilangan bunga merah dan putih menghasilkan bunga putih, merah dan merah muda. Berikut gambar penyerbukan silang atau persilangan:

Penyerbukan Bastar

Penyerbukan bastar adalah proses penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatu ke kepala putik bunga lain yang sejenis namun memiliki perbedaan varietas atau varietasnya berbeda. Berikut gambar penyerbukan bastar:

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Penyerbukan, Fungsi Dan Macam-Macam Penyerbukan Beserta Gambarnya Lengkap“,┬ásemoga dapat bermanfaat.