Pengertian, Bunyi, Rumus, Penerapan dan Contoh Soal Hukum Boyle Terlengkap

Posted on

Pengertian, Bunyi, Rumus, Penerapan dan Contoh Soal Hukum Boyle Terlengkap Hukum Boyle  adalah hukum fisika yang menjelaskan tentang bagaimana kaitan antara tekanan dengan volume suatu gas. Penemu hukum boyle ini adalah Robert Boyle (1627-1691), ia melakukan suatu penelitian untuk mengetahui hubungan antara tekanan dengan volume gas pada suhu yang konstan. Dari hasil penelitiannya, Robet Boyle menemukan bahwa hasil kali tekanan dan volume gas dalam ruangan tertutup yaitu tetap atau konstan.

Hukum Boyle

Hukum boyle ditemukan oleh Robert Boyle yang menyelidiki tentang pengaruh tekanan terhadap volume gas pada suhu tetap. Pernyataan Robert Boyle dikenal dengan Hukum Boyle, yang berbunyi :

“Pada suhu tetap, tekanan gas di dalam suatu ruang tertutup berbanding terbalik dengan volumenya”

Dari hukum Boyle tersebut berarti hasil kali tekanan dan volume gas dalam ruang tertutup ialah konstan (tetap) asalkan suhu gas tetap.

Pernyataan tersebut jika ditulis dalam bentuk rumus adalah :

P . V = C

Dimana c adalah bilangan tetap (konstanta)

Jika tekanan diubah maka volum gas juga berubah maka rumus di atas bisa ditulis sebagai berikut.

P1 . V1 = P2 . V2

Dengan Keterangan:

P1 = tekanan gas mula-mula (atm, cm Hg, N/m2, Pa)
P2 = tekanan gas akhir (atm, cm Hg, N/m2, Pa)
V1 = volum gas mula-mula (m3, cm3)
V2 = volum gas akhir (m3, cm3)

Hukum Boyle hanya berlaku dalam kondisi:

  • suhu gas tetap
  • gas berada daam ruangan tertutup
  • tidak terjadi reaksi kimia
  • tidak terjadi perubahan wujud gas

Penerapan Hukum Boyle

Penerapan Hukum Boyle terdapat pada prinsip kerja pompa. Pompa merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan gas / zat cair. Berdasarkan prinsip kerja ini, pompa dikelompokkan menjadi 2 yaitu pompa hisap dan pompa tekan.

Saat penghisap ditarik, maka volume udara dalam sebuah pompa tersebut membesar dan udara tidak bisa masuk ke sebuah ban karena harus masuk melalui katup (ventil) dari karet. Apabila pengisap ditekan maka volume udara dalam sebuah pompa akan mengecil dan udara bisa masuk ke sebuah ban melalui ventil karena tekanannya membesar. Alat lain yang menggunakan prinsip hukum boyle yaitu alat suntik, pipet, pompa (pompa tekan/pompa isap).

Contoh Soal Hukum Boyle

1. Suatu ruangan tertutup mengandung gas dengan volume 200 ml. Apabila tekanan ruangan tersebut adalah 60 cmHg, maka hitunglah tekanan gas pada ruangan yang volumenya 150 ml?

Cara Penyelesaian:

Diketahui:
V1 = 200 mL
P1 = 60 cmHg
V2 = 150 ml

Ditanya : P2 ?

Jawab :

Jadi, tekanan gas pada ruangan yang volumenya 150 ml berdasarkan hukum boyle yaitu 80 cmHg.

2. Ruang tertutup yang volumenya 0,2 m3 berisi gas dengan tekanan 60.000 Pa. Berapakah volume gas jika tekanannya dijadikan 80.000 Pa?

Cara Penyelesaian:

Diketahui:
P1 = 60.000 Pa
V1 = 0,2 m3
P2 = 80.000 Pa

DitanyaV2…?

Jawab:
P1 V1 = P2 V2
V2 = (P1 V1) : P2
V= (60.000 x 0,2) : 80.000
V= 1,2/8
V2
 = 0,15 m3

Jadi, volume gas sekarang yaitu 0,15 m3.

Demikian penjelasan tentang”Pengertian, Bunyi, Rumus, Penerapan dan Contoh Soal Hukum Boyle Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.