Pengertian Stomata : Letak, Fungsi dan Tipe Stomata Pada Daun

Posted on

Pengertian Stomata – Pada daun tumbuhan terdapat stomata, apa itu stomata? Apa fungsi stomata? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian stomata, letak, fungsi dan tipe stomata secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Daun

Pengertian Stomata

Stomata (tunggal: “Stoma” yang berarti mulut) merupakan bukaan-bukaan kecil pada daun yang apabila terbuka secara maksimal hanya selebar 0,0001 mm. Singkatnya stomata adalah mulut daun. Stomata diapit oleh sepasang sel penjaga yang mirip dengan dua sosis yang melengkung.

Pada tumbuhan darat, letak stomata banyak ditemukan pada bagian bawah daun, sedangkan pada tumbuhan yang hidup di air stomata banyak ditemukan pada permukaan atas daun. Jumlah stomata per mm² berbeda-beda pada setiap tumbuhan.

Stoma adalah bentuk tunggal dari stomata yang berfungsi sebagai organ respirasi. Stoma mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis. Stoma juga mengeluarkan O2 sebagai hasil dari fotosintesis. Selain stoma, tumbuhan tingkat tinggi juga menggunakan lentisel untuk bernafas.

Faktor Yang Menyebabkan Stomata Terbuka

Sekitar 90% air yang dikeluarkan tumbuhan keluar melalui stomata. Sel-sel penjaga berfungsi mempengaruhi stomata untuk membuka atau menutup.Membuka atau menutupnya stomata dipengaruhi oleh tekanan turgor. Adapula yang mengatakan susunan menjari mikroserabut selulosa pada dinding sel penutup turut mempengaruhi membuka menutupnya stomata. Cahaya bisa mempengaruhi pembukaan stomata dengan cara mendorong fotosintesis dalam kloroplas sel penjaga untuk menyediakan ATP agar terjadi transpor aktif ion hidrogen.

Faktor lain yang menyebabkan stomata membuka adalah kehilangan CO2 di dalam ruangan udara pada daun, yang dimulai saat fotosintesis terjadi di mesofil. Selain itu, faktor yang mempengaruhi pembukaan stomata adalah jam internal yang berada dalam daun, artinya stomata tersebut telah memiliki ritme harian untuk membuka dan menutup dalam kondisi apapun. Suhu tinggi dan transpirasi yang berlebih bisa juga menjadi penyebab menutupnya stomata di siang hari.

Baca Juga : Pengertian Kloroplas

Fungsi Stomata Daun

Fungsi utama stomata adalah sebagai tempat pertukaran gas seperti karbon dioksida, uap air, dan oksigen. Selain itu, fungsi stomata yaitu berperan pada fotosintesis, transportasi air tanaman dan pertukaran udara.

Lebih lengkapnya, fungsi stomata diantaranya yaitu:

  • Fungsi stomata sebagai celah pada tumbuhan dalam pertukaran gas dan penguapan pada tumbuhan. Untuk itu, stomata terletak pada permukaan daun dan dibawah permukaan daun. Pada daun mengapung stomata lebih banyak terletak pada bagian atas permukaan daun, sedangkan pada tumbuhan darat, stomata lebih banyak terletak pada bagian bawah daun. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan.
  • Fungsi stomata dalam mengatur pertukaran gas antara oksigen adan karbon dioksida pada daun, hal ini diperlukan dalam mengatur jalur metabolisme seperti fotosintesis dan respirasi anaerobik dalam sel tumbuhan.
  • Stomata tumbuhan baru bisa berfungsi jika ada air pada sel penjaga. Saat sel penjaga (tergenang) oleh air akan menekuk dan membuka celah diantaranya. Celah tersebut kemudian disebut stomata yang memungkinkan terjadinya pertukaran gas dan air. Saat sel penjaga terpapar asam absisat yang larut dalam selnya dan mengalami kekeringan celah yang ada akan tertutup karena sel penjaga merapat satu sama lain.
  • Fungsi stomata pada tumbuhan berkurang saat terpapar ozon secara berlebih. Hal tersebut terjadi karena stomata lebih sensitif terhadap penyerapan ozon. Sedangkan ozon dapat mengganggu proses respirasi pada daun tumbuhan. Hal lain yang terganggu yaitu kemampuan sel penjaga pada stomata tumbuhan dalam mengembalikan volume air setelah terjadi turgor.

Baca Juga : Pengertian Fotosintesis

Tipe-Tipe Stomata Pada Daun

Menurut Melcalfe dan Chalk (1950) dalam Mulyani (2006), secara morfologi ada 5 tipe stomata pada daun dikotil, diantaranya yaitu:

Tipe Anomosit (Ranunculaceous)

Pada tipe anomosit, sel penutup dikelilingi oleh sejumlah sel tertentu yang tidak bisa dibedakan bentuk dan ukurannya dari sel epidermis yang lain, tipe ini biasa terdapat pada ranunculaceae, geraniaceae, capparidaceae, cucurbitaceae, dan malvaceae.

Tipe Anisosit (Cruciferous)

Pada tipe anisosit, sel penutup dikelilingi oleh sel tetangga yang tidak memiliki ukuran yang sama,tipe ini biasa terdapat pada cruciferae, nicotiana, solanum dan sedum .

Tipe Parasit (Rubiaceous)

Pada tipe parasit, setiap sel penutup didampingi oleh satu atau lebih sel tetangga yang letaknya sejajar dengan stomata, tipe ini biasa terdapat pada rubiaceae, magnoliaceae, dan mimosaceae.

Tipe Diasit (Caryophillaceous)

Pada tipe diasit, setiap stomata dikelilingi oleh dua sel tetangga yang letaknya memotong stomata, tipe ini biasa terdapat pada caryophillaceae, dan acanthaceae.

Tipe Aktinosit

Tipe aktinosit adalah variasi dari tipe diasit, stomatanya dikelilingi sel tetangga yang teratur menjari, contoh dari tipe ini yaitu tanaman teh (Camellia sinensis).

Sedangkan, menurut Stebbins dan Kush (1961) dalam Mulyani (2006), secara morfologi ada 4 tipe stomata pada daun monokotil diantaranya yaitu:

Baca Juga : Pengertian Jaringan Epidermis

  • Sel penutup terdiri dari 4-6 sel tetangga, tipe ini biasa ada pada Araceae, Commelinaceae, dan Musaceae.
  • Sel penutup terdiri dari 4-6 sel tetangga 2 diantaranya berbentuk bulat dan lebih kecil dibanding yang lain dan terletak pada ujung sel penutup, tipe ini biasa ada pada spesies dari palmae, pandanaceae, cyclanthaceae.
  • Sel penutup didampingi oleh 2 sel tetangga, tipe ini ada pada pontederiaceae, butomales, alismatales, dan juncales.
  • Sel penutup tidak memiliki sel tetangga, tipe ini ada pada liliales, diocorales, iridales, dan orchidales.

Demikian pembahasan tentang pengertian stomata, letak, fungsi dan tipe stomata secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.