Pengertian dan Definisi Diplomasi, Fungsi Serta Tujuan Diplomasi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian dan Definisi Diplomasi, Fungsi Serta Tujuan Diplomasi Menurut Para Ahli Lengkap – Diplomasi adalahseni dan praktik bernegosiasi yang dilakukan oleh seseorang yang disebut diplomat yang biasanya mewakili sebuah negara atau organisasi.

Dalam the advanced learners dictionary of current English, definisi diplomasi yaitu skill in making arrangements cleverness in dealing with people so that they remain friendly and willing to help (ketrampilan dalam membuat pengaturan kepandaian dalam berurusan dengan orang sehingga mereka tetap ramah dan mau membantu).

Definisi Diplomasi Menurut Para Ahli

Ellis Briggs

Menurut Ellis Briggs, Diplomasi adalah suatu kegiatan urusan official dengan cara mengirim seseorang untuk mewakili pemerintahan. Tujuan diplomasi ialah untuk menciptakan persetujuan dalam kecamata kebijakan.

Geoffrey McDermott

Menurut Geoffrey McDermott, Diplomasi adalah pertimbangan dalam manajemen hubungan internasional, masing-masing Negara, seberapapun kaliber dan ukurannya, selalu ingin memelihara/mengembangkan posisinya dalam kancah Internasional, begitulah adanya, kendati faktanya akan lebih baik jika lebih sedikit negara nationally minded di dunia ini.

Honore de Balzac

Menurut Honore de Balzac, Ilmu pengetahuan bagi mereka yang tidak berkuasa, suatu ilmu pengetahuan menyenangkan yang selalu demi memenuhi dirinya sendiri, suatu ilmu pengetahuan yang mengijinkan praktisinya untuk tidak mengatakan apapun dan berlindungh dibelakang anggukan kepala misterius, suatu ilmu pengetahuan yang mengatakan bahwa eksponen yang paling berhasil, pada akhirnya ialah mereka yang mampu berenang bersama kepalanya diatas arus kejadian-kejadian yang pura-pura ia lakukan.

KBBI

Menurut KBBI, Diplomasi adalah urusan penyelenggaraan perhubungan resmi antara satu negara dengan negara lain. Bisa juga diartikan sebagai urusan kepentingan sebuah negara dengan perantaraan wakil-wakilnya di negara lain.

Suwardi Wiriaatmadja (1970)

Menurut Suwardi Wiriaatmadja, dalam diplomasi terdapat merupakan prosedur hubungan antar negara yang bebas nilai dan dengan bergantung pada kemampuan serta kecakapan dari mereka yang melaksanakannya.

David W Ziegler (1984)

Menurut David W Ziegler, Diplomasi adalah mesin atau alat dari politik luar negeri sebuah negara, pentingnya diplomasi ini sangat vital dalam mengkomunikasikan sesama negara-negara dunia untuk menjaga perdamaian dunia. Kerena memang salah faktor pecahnya perang (war) dikarenakan tidak adanya komunikasi antar negara-negara yang bertikai seperti kasus perang dunia.

Fungsi Diplomasi

Menurut Norman dan Howard c parkins (1957), fungsi diplomasi yaitu:

Representasi
Mewakili negara asalnya dalam melakukan perundingan dan sebagainya dengan membawa nama negara asal.
Negosiasi
Melakukan negosiasi dengan negara lain berkait dengan permasalahan negara asal.
Reporting
Protection of the interst of the nation and of its citizans in foreign lands atau melindungi negara dan warganya yang ada di tanah asing.

Tujuan Diplomasi

Menurut S L Roy (1991 tujuan dari diplomasi yaitu:

Tujuan Politik
Ini berkaitan dengan kebebasan politik dan integritas teritorialnya, dalam konteks Indonesia ialah mempertahankan kemerdekaan yang telah diperoleh serta melindungi kedaulatan wilayah NKRI dari sabang sampai Merauke.
Tujuan Ekonomi
Ini berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.
Tujuan Kultur
Melestarikan serta memperkenalkan kebudayaan nasional pada dunia internasional.
Tujuan Idiologi
Mempertahankan keyakinan dan kepercayaan yang diyakini oleh sebuah bangsa dalam konteks Indonesia ialah Pancasila.

Demikian artikel tentang”Pengertian dan Definisi Diplomasi, Fungsi Serta Tujuan Diplomasi Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.