Pengertian Rubrik, Syarat, Jenis, Contoh, Tujuan dan Manfaat Penilaian Rubrik Lengkap

Posted on

Pengertian Rubrik, Syarat, Jenis, Contoh, Tujuan dan Manfaat Penilaian Rubrik Lengkap – Rubrik adalah ruangan yang ada pada surat kabar yeng memuat isi dan berita, ruangan khusus yang bsa dimuat dengan periode yang bisa dimuat dengan periode yang tetap dengan harian tertentu atau beberapa minggu sekali yng membuat masalah masing-masing sesuai yang ditulis dalam rubrik tersebut.

Pengertian rumbrik yang lain yaitu, rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maupun majalah. Rubrik juga diartikan sebagai sebuah halaman yang memiliki kepala halaman (kop) yang ada dalam media cetak baik koran, tabloid, majalah, buletin dan lain sebagainya. Didalam rubrik tersebutmemuai berbagai informasi mulai dari berita, opini maupun iklan.

Pengertian Rubrik Menurut Para Ahli

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, Rubrik adalah karangan yang bertopik tertentu dalam surat kabar, majalah dan sebagainya. Misalnya dalam suatu majalah remaja terdapat rubrik puisi, cerita pendek, rubrik kesehatan, rubrik zodiak, rubrik iptek ataupun rubrik musik.

Nitko

Menurut Nitko, Rubrik adalah suatu alat yang berisi seperangkat aturan yang digunakan untuk mengakses kualitas dari performasi/kinerja mahasiswa/peserta didik.

Heidi Goodrich Andrade

Menurut Heidi Goodrich Andrade, Rubrik adalah suatu alat penskoran yang terdiri dari daftar seperangkat kriteria atau apa yang harus dihitung.

Onong Uchjana Effendy

Menurut Onong Uchjana Effendy, Rubrik berasal dari bahasa Belanda yaitu rubiek yang berarti ruangan pada halaman surat kabar, majalah atau media cetak lainnya mengenai suatu aspek atau kegiatan dalam kehidupan masyarakat, misalnya rubrik wanita, rubrik olahraga, rubrik pendapat pembaca.

Arens

Menurut Arens, Rubrik adalah deskripsi terperinci tentang tiap kinerja tertentu dan kriteria yang akan digunakan untuk menilainya.

Bernie Dodge Dan Nancy Pickett

Menurut Bernie Dodge Dan Nancy Pickett, Rubrik adalah alat skoring untuk asesmen yang bersifat sub jektif yang didalamnya terdapat satu set kriteria dan standar yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang akan diases ke anak didik.

Syarat Rubrik

Adapun syarat atau kriteria rubrik yaitu:

  • Harus memiliki pangsa pasar yang jelas, karena isi dan tampilan rubrik akan disajikan pada pembaca sesuai sasarannya.
  • Memiliki konten yang beragam
  • Memiliki dumi atau kerangka halaman yang bisa menjadi panduan divisi pracetak dalam menyimpan berbagai konten menjadi halaman yang menarik.
  • Memiliki nama dan kop

Jenis Jenis Rubrik

Menurut Effendy, jenis-jenis rubrik diantaranya:

Rubrik Informasi

Rubrik informasi diantaranya:

  • Perihal keluarga “pertunangan, perkawinan, kelahiran, kematian”.
  • Kesejahteraan “koperasi, fasilitas dari organisasi, kredit rumah”.
  • Pengumuman pimpinan organisasi.
  • Peraturan.
  • Surat keputusan.
  • Pergantian pemimpin.
  • Kepindahan pegawai.
  • Pertemuan “rapat kerja, penataran, konferensi, dan lain sebagainya”.

Rubrik Edukasi

Contoh rubrik edukasi, diantaranya:

  • Tajuk rencana.
  • Artikel “pengetahuan, keterampilan, keagamaan, dan lain-lain”.
  • Kutipan pendapat tokoh “keahlian, kemasyarakatan, keagamaan”

Rubrik Rekreasi

Contoh rubrik rekreasi yaitu:

  • Cerita pendek.
  • Anekdot.
  • Pojok atau sentilan.
  • Kisah minat insani “human interest”.

Contoh Rubrik

Berikut ini adalah contoh rubrik penilaian poster:

Tujuan Penilaian Rubrik

Tujuan penilaian rubrik yaitu siswa diharapkan secara jelas memahami dasar penilaian yang akan digunakan untuk mengukur suatu kinerja siswa. Kedua pihak yaitu guru dan siswa akan memiliki pedoman bersama yang jelas tentang tuntutan kinerja yang diinginkan. Rubrik diharapkan juga bisa menjadi pendorong atau motivator bagi siswa dalam proses pembelajaran.

Manfaat Penilaian Rubrik

Manfaat atau kegunaan penilaian rubrik, diantaranya yaitu:

  • Sebagai alat atau pedoman penilaian kinerja atau hasil kerja mahasiswa.
  • Untuk menjelaskan deskripsi tugas.
  • Untuk memberikan informasi bobot penilaian.
  • Agar siswa mendapatkan umpan balik yang cepat dan akurat.
  • Agar penilaian lebih objektif dan konsisten.
  • Agar peserta didik menjadi pembelajaran aktif.
  • Agar peserta didik mendapatkan “content knowledge” dan “procedural knowledge”.
  • Para peserta didik dapat menilai kinerja kelompoknya sendiri.
  • Agar pendidik maupun peserta didik mendapatkan alat refleksi yang efektif tentang proses pembelajaran yang sudah berlangsung.

Demikian artikel tentang”Pengertian Rubrik, Syarat, Jenis, Contoh, Tujuan dan Manfaat Penilaian Rubrik Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.