Tuas

Pengertian Tuas atau Pengungkit, Rumus, Macam Macam dan Contoh Tuas Lengkap

Posted on

Pengertian Tuas atau Pengungkit, Rumus, Macam Macam dan Contoh Tuas Serta Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap Tuas atau Pengungkit merupakan pesawat sederhana. Fungsi Tuas yaitu untuk memudahkan atau meringankan pekerjaan manusia.  Prinsip kerja tuas atau cara kerja tuas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Titik A disebut dengan titik kuasa yaitu tempat melakukan usaha atau kerja. Titik B disebut titik beban yaitu tempat beban diletakkan. Sedanngkan titik C disebut titik tumpu. Jarak antara titik kuasa dan titik tumpu atau jarak AC disebut lengan kuasa (lk). Jarak antara titik beban dan titik tumpu disebut lengan beban (lb). Massa kuasa dinyatakan dengan mA dan massa beban dinyatakann dengan mB. Massa kuasa berbanding terbalik dengan panjang lengan masing-masing. Jadi:

mA : mB = lb : lk
atau
mA lk = mB lb

Apabila kedua ruas dikali dengan g = gravitasi maka :

mA g lk = mB g lk
atau
wA lk = wB lb

Besarnya wA = F = kuasa merupakan gaya yang dikerjakan, sedangkan wB = w = beban yang diangkat.

F lk = w lb

Keterangan:
F = gaya yang bekerja (N)
w = beban (N)
lk = lengan kuasa (m atau cm)
lb = lengan beban (m atau cm)

Perbandingan antara beban dengan kuasa disebut keuntungan mekanik (KM) pesawat. Jadi,

KM = W/F = Ik/Ib

Macam Macam Tuas atau Pengungkit

Berdasarkan letak titik tumpunya, jenis-jenis tuas dibagi menjadi 3 yaitu: tuas jenis 1, 2, dan 3.

Tuas Jenis Pertama

Letak titik tumpu berada diantara titik beban dan titik kuasa. Contoh Tuas atau pengungkit golongan pertama dalam kehidupan sehari-hari antara lain tang, jungkat-jungkit, gunting, neraca, menggeser batu dengan pengungkit dan lain sebagainya.

Tuas Jenis Kedua

Letak titik beban berada diantara titik tumpu dan titik kuasa. Contoh tuas atau pengungkit golongan kedua dalam kehidupan sehari-hari antara lain pembuka tutup botol dan gerobak dorong.

Tuas Jenis Ketiga

Letak titik kuasa berasa diantara titik tumpu dan titik beban. Contoh tuas atau pengungkit golongan ketiga dalam kehidupan sehari-hari antara lain saat mengambil tanah dengan sekop, tangan memegang gelas, alat lain seperti: straples, pinset, penjepit kue dan lain sebagainya.

Contoh Soal

1. Bani memikul dua benda, berat masing-masing benda yaitu 200 N dan 300 N. Kedua benda tersebut dipikul dengan menggunakan tongkat. Benda yang memiliki berat 200 N terletak pada jarak 150 cm dari titik tumpu pada salah satu ujung tongkat. Berapa panjang tongkat minimal yang diperlukan agar kedua benda yang dipikul tersebut dalam keadaan setimbang?

Pembahasan

Diketahui:

w1 = 200 N
w2 = 300 N
l1 = 150 cm = 1,5 m

Ditanya: l = …?

Jawab:
w1 l1 = w2 l2
l2 = w1 l1/w2
= (200 N x 1,5 m)/ 300 N
= 1 m

l = l1+l2
= 1,5 m + 1 m = 2,5 m

Jadi, panjang tongkat minimal adalah 2,5 m.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Tuas atau Pengungkit, Rumus, Macam Macam dan Contoh Tuas Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya.