Pengertian Pelapukan, Macam Macam dan Contoh Pelapukan Lengkap

Posted on

Pengertian Pelapukan, Macam Macam Pelapukan dan Contoh Pelapukan LengkapPelapukan adalah proses penghancuran batuan dari bentuk gumpalan menjadi butiran yang lebih kecil. Pelapukan ini terjadi melalui proses pengelupasan batuan oleh tenaga eksogen, Di daerah tropis, air dan suhu yang paling dominan mempengaruhi proses pelapukan batuan. Batuan yang mengalami pelapukan akan berubah menjadi tanag, apabila tanah tersebut tidak bercampur mineral lainnya maka tanah tersebut dinamakan tanah mineral. Pelapukan dibedakan menjadi 3 yaitu pelapukan mekanis/pelapukan fisika, pelapukan kimia dan pelapukan biologis.

Macam Macam Pelapukan

Berdasarkan penyebabnya, pelapukan dibedakan menjadi 3 jenis yakni pelapukan mekanis, pelapukan kimia dan pelapukan biologis.

Pelapukan Mekanisme

Pelapukan mekanisme atau pelapukan fisis atau pelapukan fisika adalah proses penghancuran batuan secara fisis tanpa mengalami perubahan komposisi batuan. Pelapukan mekanis bisa disebabkan oleh pemuaian, pembenkuan air dalam pori-pori batuan, perubahan suhu secara tiba-tiba dan perbedaan siang dan malam yang besar.

Contoh Pelapukan Fisika, misalnya:

  • Pada siang hari sebuah batu mengalami pemuaian karena panas matahari dan malam harinya akan mengerut karena udara yang dingin.
  • Melapuknya batuan gurun akibat perubahan cuaca harian secara ekstrim.
  • Kristalisasi air garam pada batuan di ekosistem pantai.
  • Longsor batuan di daerah topografi curam.

Pelapukan Kimiawi

Pelapukan Kimiawi atau Pelapukan Kimia adalah pelapukan batuan yang menyebabkan komposisi batuan dan struktur batuan berubah. Penyebab pelapukan kimia yaitu karena adanya reaksi kimia antara mineral batuan dengan air atau kelembapan udara.

Pelapukan kimiawi batuan sering disebabkan air hujan yang mengandung senyawa H2O dan CO2. Air Hujan mempunyai daya larut besar, terutama jika menimpa batuan kapur dan karst.

Contoh Pelapukan Kimia antara lain:

  • Proses pelarutan batuan kapur gamping akibat bereaksi dengan air.
  • Hidrolisis air hujan menyebabkan naiknya tingkat keasaman di sekitar batuan. Ion H+ memungkinkan terjadinya korosi batuan.
  • Oksidasi batuan yang kaya mineral besi memungkinkan ikatan mineral di permukaan batuan menjadi lemah dan terutai.

Pelapukan Biologi

Pelapukan Biologi atau Pelapukan Organik pelapukan batuan yang disebabkan oleh kegiatan makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan, jamur dan bakteri.

Contoh Pelapukan Biologi, antara lain:

  • Lumut yang tumbuh di permukaan batuan memungkinkan batuan mengalami degradasi. Lembabnya permukaan batuan akibat proses penyerapan akar dan tingginya pH di sekitar permukaan batuan tersebut akibat ekskresi sisa metabolisme lumut membuat permukaan batuan mengalami korosi.
  • Penetrasi akar tumbuhan ke dalam sela-sela batuan menekan batuan sehingga batuan mengalami perpecahan.

Demikian artikel tentang”Pengertian Pelapukan, Macam Macam dan Contoh Pelapukan Lengkap“, semoga bermanfaat.