Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

9 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia Dan Contohnya Terlengkap

Posted on

9 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia Dan Contohnya Terlengkap РSeiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, kebutuhan manusia terus meningkat dan setiap individu memiliki itu kebutuhan yang berbeda-beda dan kebutuhan tersebut sangat banyak dan tidak terbatas jumlahnya. Setiap manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan melakukan berbagai usaha, apabila manusia tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka hal tersebut dapat mempengaruhi kelangsungan hidup mereka. Kebutuhan manusia dipengeruhi oleh beberapa faktor, lalu apa saja faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia? Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dan contohnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor Keadaan Alam

Keadaan alam sangat berpengaruh pada kebutuhan manusia, manusia akan melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhannya berdasarkan keadaan alam dimana tempat tinggalnya. Contohnya: Orang yang tinggal di daerah yang dingin membutuhkan pakaian yang tebal tebal untuk menahan dingin, sedangkan orang yang tinggal di daerah tropis cukup mengenakan pakaian yang tipis.

Faktor Agama dan Kepercayaan

Agama dan keperecayaan juga mempengaruhi kebutuhan manusia. Contohnya: Saat menjelang hari raya idul fitri, makanan dan pakaian muslim sangat dibutuhkan, begitu pula dengan hari besar keagamaan lainnya, kebutuhan akan bahan-bahan tertentu akan mengalami peningkatan.

Faktor Adat Istiadat

Adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat juga dapat mempengaruhi kebutuhan manusia, sebuah tradisi yang dilakukan oleh adat tertentu akan membutuhkan kebutuhan yang berbeda dengan adat lainnya. Contohnya: pada saat upacara adat akan ada ritual yang berbeda maka setiap adat akan berbeda pula kebutuhannya.

Faktor Pendidikan

Pendidikan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, karena semaki tingkat pendidikan seseorang maka akan semakin beragam pula kebutuhan yang diperlukan.

Faktor Pekerjaan

Pekerjaan atau profesi yang berbeda maka akan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Contohnya: orang yang bekerja sebagai guru akan berbeda dengan kebutuhan seorang petani. Seorang guru membutuhkan alat tulis dan perlengkapan mengajar lainnya, sedangkan kebutuhan seorang yaitu alat-alat bertani seperti traktor, cangkul, dan lain sebagainya.

Faktor Penghasilan

Besar kecil pendapatan yang diperoleh seseorang akan mempengaruhi kebutuhannya. Contohnya seseorang yang berpenghasilan kecil akan melengkapi kebutuhan primernya saja sedangkan seseorang yang berpenghasilan besar memiliki tingkat kebutuhan yang semakin tinggi.

Faktor Umur

Umur pula dapat menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia. Contohnya: kebutuhan anak-anak akan berbeda dengan kebutuhan orang dewasa.

Tingkat kepuasan

Setiap orang memiliki tingkat kepuasaan yang berbeda-beda. Tingkat kepuasan sangatlah berpengaruh pada kebutuhan manusia, seseorang yang tidak mudah puas dengan apa yang mereka miliki biasanya akan memiliki tingkat kebutuhan yang lebih banyak.

Faktor Peradaban

Peradaban juga berpengaruh pada kebutuhan manusia. Contohnya: Orang yang hidup dipedalaman akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan orang yang hidup dalam masyarakat modern.

Demikian artikel pembahasan tentang”9 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia Dan Contohnya Terlengkap“, semoga bermanfaat.