Pengertian Seni Patung : Sejarah, Teknik, Jenis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Seni Patung – Apa yang dimaksud dengan seni patung? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian seni patung, sejarah, teknik, jenis dan contoh seni patung secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Patung

Pengertian seni patung adalah hasil ekspresi jiwa manusia yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi, yang bertujuan untuk menampilkan nilai estetika/keindahan.

Seni patung memiliki berbagai ukuran mulai dari kecil hingga besar. Biasanya, patung ukuran kecil dijadikan sebagai hiasan rumah, sedangkan patung ukuran besar di pajang di jalan besar dan dikenal dengan monumen.

Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

Mikke Susanto

Pengertian seni patung menurut Mikke adalah hasil karya tiga dimensi yang dibuat dengan cara mengurangi bahan atau membuat modelnya terlebih dahulu dengan teknik cetak / teknik cor.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian seni patung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah benda yang sengaja dipahat untuk meniru bentuk manusia atau hewan.

B. S Mayers

Pengertian seni patung menurut B. S Mayers adalah karya tiga dimensi yang berdiri sendiri dan dapat dilihat dari segi manapun.

Sejarah Seni Patung

Perkembangan seni patung di Indonesia berhubungan erat dengan perkembangan seni ukir. Kabarnya, bangsa Indonesia telah mengenal seni ukir pada tahun 1500 SM. Saat itu, nenek moyang mengukir kapak batu dengan menggunakan bahan dan peralatan yang sangat sederhana. Motif yang dibuat hanya berupa garis, titik atau lengkungan.

Seni ukir mengalami perkembangan pada tahun 500-300 SM. Masyarakat mulai menggunakan bahan perunggu, emas dan perak untuk diukir. Mereka bahkan mengenal teknik cor sehingga motif ukiran yang dihasilkan mulai banyak dan beragam.

Baca Juga : Unsur Dalam Seni Rupa

Sejak masuknya agama Hindu, Budha dan Islam ke Indonesia, seni ukir langsung mengalami perkembangan pesat. Banyak yang membuat ukiran pada candi dan prasasti sebagai bentuk penghormatan pada Raja. Tak hanya itu saja, ukiran juga dilakukan pada keris, tombak, batu nisan dan alat-alat kesenian. Pada zaman inilah, masyarakat lalu mengenal seni pahat atau seni patung.

Teknik Seni Patung

Berikut ini teknik-teknik yang sering digunakan dalam pembuatan seni patung diantaranya yaitu:

Teknik Butsir

Pengertian teknik butsir adalah teknik pembuatan patung dengan cara menambah atau mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam, dan lain sebagainya.

Teknik Pahat

Pengertian teknik pahat dilakukan dengan memanfaatkan bahan keras seperti kayu, batu, tulang dan lain sebagainya.

Teknik Merakit

Pengertian teknik merakit dilakukan dengan cara merangkai dan menghubungkan bahan menjadi satu kesatuan layaknya bermain puzzle.

Teknik Cetak (Teknik Cor)

Pengertian teknik cor dilakukan dengan cara memanaskan logam hingga mencair, lalu cairan logam tersebut dituangkan dalam bentuk cetakan patung.

Teknik Membentuk

Pengertian teknik membentuk adalah teknik yang dilakukan dengan cara membentuk patung secara pelan-pelan atau bertahap hingga sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Teknik Modelling

Pengertian teknik modelling adalah teknik membuat patung dengan membuat modelnya terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Seni Patung

Berikut ini macam jenis patung, diantaranya yaitu:

Patung Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, seni patung dibedakan menjadi dua jenis diantaranya:

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Dan Seni Rupa 3 Dimensi

Figuratif

Figuratif adalah jenis patung yang dibuat dengan meniru bentuk objek yang ada dalam kehidupan nyata. Contohnya seperti bentuk manusia, bentuk hewan, atau bentuk tumbuhan yang dibuat menyerupai bentuk aslinya.

Non Figuratif

Non figuratif adalah jenis patung yang bentuknya tidak mirip dengan bentuk aslinya. Patung seperti ini hanya menampilkan lekukan, garis, atau bagian tertentu dari suatu objek.

Patung Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, seni patung dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

Zonde Bosse

Zonde Bosse adalah patung yang berdiri sendiri (kanan kirinya lepas) dan tidak menempel pada satu sisi.

Relief

Biasanya jenis patung ini menempel pada permukaan dinding. Biasanya relief ini menceritakan adegan penting yang terdapat dalam suatu cerita.

Contoh Seni Patung

Ada banyak contoh patung yang bisa kalian temukan diantaranya patung, relief, topeng, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang pengertian seni patung, sejarah, teknik, jenis dan contoh seni patung secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.