Pengertian Ebook (Buku Digital), Fungsi, Manfaat, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Ebook Terlengkap

Posted on

Pengertian Ebook (Buku Digital), Fungsi, Manfaat, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Ebook Terlengkap – E-Book atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan buku elektronik atau buku digital merupakan buku dalam versi elektronik. Buku digital adalah buku yang dicetak dari berbagai jenis informasi digital dapat berupa teks, gambar, audio, video yang dapat dibuka melalui komputer, tablet, smartphone dan lain sebagainya.

Fungsi E-Book

Adapun fungsi dan manfaat Ebook yaitu:

  • Sebagai sarana pembelajaran
  • Sebagai media pembelajaran
  • Sebagai sarana bisnis

Tujuan E-book

Adapun tujuan pembuatan e-book yaitu:

  • Untuk memudahkan proses pembelajaran
  • Untuk memudahkan guru memberikan tugas
  • Untuk memudahkan murid untuk belajar kelompok secara online
  • Guru dapat memberikan materi walaupun guru sedang bertugas luar
  • Dapat lebihmudah melakukan ujian online

Format E-Book

Ada berbagai macam format ebook, format tersebut sesuai dengan perangkat yang digunakan, diantaranya yaitu:

Teks Polos
Teks polos adalah format yang sangat sederhana yang bisa dilihat hampir dalam semua perangkat lunak memakai komputer personal. Untuk sebagian perangkat mobile bisa dibaca memakai perangkah lunak dengan menginstal terlebih dahulu.

PDF (Portable Document Format)
PDF dibuat oleh Adobe untuk produk dari Acrobat. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkan lunak pada format ini meliputi seluruh platform komputer dan perangkat genggam seperti smartphone, tablet dan lain sebagainya.

Sebagian perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyak isi yang tersedia akan ditambilkan baik untuk formaf A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku elektronik bisa menyusun ulang tampilan sebagian dokumen PDF, seperti Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil.

JPEG
Format JPEG mempunyai ukuran yang besar daripada informasi teks yang dikandungny, oleh sebab itu format ini sering digunakan bukan unutk buku elektronik yang mempunyai banyak teks, tetapi untuk jenis format buku komik atau mangan yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.

LIT
Format LIT adalah format dari Microsoft Reader yang membuat teks dalam buku elektronik menyesuaikan dengan lebar mobile device yang dipakai untuk membacanya. Format ini mempunyai kelebihan yaitu bentuk hurufnya nyaman untuk dibaca.

Docx
Format Docx adalah format dari Microsoft Word yang sering dan banyak dijumpai sekarang dan tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena pengguna dari Microsoft Word yang banyak dan file keluaran yang sangat kecil, serta huruf yang lebih banyak atau variatif membuatnya lebih digemari.

HTML
Dalam format HTML ini gambar dan teks bisa diakomodasi. Layout tulisan dan gambar bisa diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadan tidak bisa disesuaikan jika dicetak.

AZW (Amazon World)
Sebuah format proprietary Amazon, yang mirik dengan format MOBI terkadang dengan dan tanap menyertakan Digital Rights Management “DRM”, DRM pada format ini khusus untuk produk Amazon “Kindle Amazon”

EPUB (Electronic Publication)
Format terbuka diartikan oleh Forum Open Digital Book dari International Digital Publishing Forum “IDPF”. EPUB memiliki acuan standar XHTML dan XML. Yang merupakan standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB bisa ditemukan pada situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, setiapnya mempunyai DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya, pada sekarang ini telah ada versi terbaru yakni ePub 3, tetapi penggunaannya belum secara luas.

KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)
Hal ini berdasarkan dengan prinsip ePub yang dirancang dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon

MOBI (Format MObiPocket)
Ditampilkan memakai perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia di seluruh PDA dan Smartphone. Aplikasi MobiPocket di PC Windows bisa dikonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, RTF, dan Txt file ke format ini, Kindle juga dapat menampilkan format ini.

PDB (Palm File Database)
Bisa menyertakan beberapa format buku elektronik yang berbeda, yang ditampilkan untuk perangkat berbasis sistem operasi palm. Umumnya dipkaai untuk buku elektronik berformat PalmDOC (AportisDOC) dan format eReader juga.

PRC (Palm Resource File)
Sering menyertakan alat baca MobiPocket namun kadang juga menyertakan eReader atau alat baca AportisDOC.

CHM (Compressed HTML)
Sering dipakai untuk filr bantuan Windows, hal ini sudah menjadi sangat terkenal untuk distribusi teks dan bahan pendukung lain dengan web.

XHTML-
Versi khusus dari HTML dibuat supaya sesuai dengan aturan konstruksi XML, ini adalah format standar untuk data ePub.

XML-
Tujuan dari markup language untuk pertukaran data, dalam konteks digital book pada umumnya yang terbatas di XHTML dan RSS feed walaupun sebagian format lain yang sudah ditetapkan.

Open Elektronic Book Package
Format ini populer dengan OPF FlipBook. OPF adalah sebuah format buku elektronik yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik di format ini dikenal ketiak FlipBooks sebagai perangkat lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang dapat dibuka-buka (flipping).

Kelebihan dan Kekurangan Ebook

Adapun kelebihan dan kekruangan ebok atau buku digital dibanding dengan buku fisik:

Kelebihan ebook
Adapun kelebihan ebook yaitu:

  • Lebih ringkas, karena buku digital ini dapat diletakan dalam ponsel dan bisa dibaca kapan saja tanpa perlu repot membawanya di tas.
  • Lebih awet, buku biasa dapat sobek sedangkan ebook selama disimpan dalam ponsel atau perangkat lainnya tetap sama.
  • Lebih murah, karena tidak perlu dicetak dan didistribusikan, harga ebook lebih murah dibandingkan dengan buku fisik.
  • Lebih ramah lingkungan, karena tidak perlu menggunakan tinta dan tidak terbuat dari kertas maka suda pasti bahwa ebook lebih ramah lingkungan.

Kekurangan Ebook
Adapun kekurangan ebook yaitu:

  • Tidak dapat dipegang
  • Memiliki ukuran huruf yang kecil
  • Membuat mata cepat lelah saat membacanya

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Ebook (Buku Digital), Fungsi, Manfaat, Tujuan, Format, Kelebihan dan Kekurangan Ebook Terlengkap  . semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.