Kenakalan Remaja

Pengetian Kenakalan Remaja, Jenis, Bentuk, Penyebab Dan Dampak Kenakalan Remaja Lengkap

Posted on

Pengetian Kenakalan Remaja, Jenis, Bentuk, Penyebab Dan Dampak Kenakalan Remaja Lengkap Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar aturan, norma atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa atau memasuki usia kira-kira 10-12 tahun dan berakhir pada usia 18- 22 tahun.

Kenakalan remaja ini meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan para remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang sekitarnya.

Jenis Jenis Kenakalan Remaja

Adapun jenis-jenis kenakalan remaja, diantaranya:

  • Penyalahgunaan narkota
  • Seks bebas
  • Tawuran antar pelajar

Bentuk-Bentuk Kenakalan Remaja

Berdasarkan bentuknya, Sunarwiyati S (1985) membagi kenakalan remaja dalam tiga tingkatan yaitu:

Kenakalan biasa,contohnya suka berkelahi, suka keluyuran, membolos sekolah, pergi rumah tanpa pamit dan sebagainya.

Kenakalan yang menjurus pada pelanggaran dan kejahatan, seperti mengendarai sepera motor tanpa SIM, mengambil barang orang tua tanpa ijin

Kenakalan khusus, seperti penyalahgunaan narkotika, hubungan seks diluar nikah, pemerkosaan dan lain sebagainya.

Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

Faktor Internal

Krisis Identitas
Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Yang pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.

Kontrol Diri Yang Lemah
Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang bisa diterima dengan yang tidak bisa diterima akan terseret pada perilaku “nakal”. Begitu pula mereka yang sudah¬†mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, tetapi tidak dapat mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

Faktor Eksternal

Kenakalan remaja dapat pula terjadi karena faktor ekternal seperti keluarga dan perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga yang dapat memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah dalam keluarga, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, juga dapat menyebabkan terjadinya kenakalan remaja.

Selain faktor keluarga, kenakalan remaja juga dapat terjadi akibat pergaulan yang salah seperti bergaul dengan teman sebaya yang kurang baik dan juga komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Dampak Kenakalan Remaja

Dampak kenakalan remaja akan berimbas pada remaja itu sendiri, keluarga ataupun lingkungan sekitarnya. Dampak kenakalan remaja antara lain:

Mereka akan dihindari atau dikucilkan oleh banyak orang, dengan pengucilan tersebut akibatnya, remaja tersebut akan mengalami gangguan kejiwaan, namun bukan gila melainkan tapi ia akan merasa dikucilkan dalam hal sosial, merasa sedih atau justru membenci orang lain.

Dengan kenakalan remaja, dampaknya remaja akan berani melakukan tindakan kriminal. Tidak hanya untuk pelaku kenakalan remaja, keluarga juga akan terkena dampak dari kenakalan remaja berupa menanggung beban malu akibat perbuatan yang dilakukan oleh pelaku kenakalan remaja.

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja, diantaranya:

  • Remaja harus mendapatkan figur orang dewasa yang telah melewati masa remaja dengan baik sebanyak mungkin.
  • Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk menjalankan point pertama.
  • Kemauan orang tua untuk memperbaiki kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif dan nyaman bagi remaja.
  • Remaja harus pandi memilih teman dan lingkungan pergaulan yang baik dan orang tua memberi arahan dengan siapa remaja harus bergaul.
  • Remaja harus membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh apabila teman atau komunitas tidak sesuai dengan harapan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengetian Kenakalan Remaja, Jenis, Bentuk, Penyebab Dan Dampak Kenakalan Remaja Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat.