pengertian energi

Pengertian Energi, Satuan, Macam Bentuk dan Pemanfaatan Energi Bagi Kehidupan Lengkap

Posted on

Pengertian Energi, Satuan, Macam Bentuk dan Pemanfaatan Energi – Energi adalah sebuah kemampuan untuk melakukan sebuah tindakan / pekerjaan (usaha). Kata “Energi” berasal dari bahasa yunani yaitu “ergon” yang berarti kerja. Dalam melakukan pekerjaan kita selalu memanfaatkan sebuah energi, baik secara sadar maupun tidak sadar, misalnya ketika kita sedang berjalan kita membutuhkan sebuah energi. Tetapi setiap kegiatan membutuhkan energi dalam jumlah dan bentuk yang berbeda-beda. Energi tidak bisa dilihat namun pengaruhnya bisa dirasakan. Energi bisa berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Misalnya pada setrika terjadi perubahan bentuk dari energi listrik menjadi energi panas.

Satuan Internasional untuk sebuah energi yaitu Joule (J), satuan tersebut digunakan untuk menghormati james Presscot Joule dan percobaannya dalam persamaan mekanik panas. Satuan lain untuk energi yaitu Kalori (Kal).

Hubungan antara Joule dengan Kalori yaitu sebagai berikut :

1 kalori = 4,2 Joule / 1 Joule = 0,24 kalori

Hubungan Joule dengan Satuan Internasional Dasar lain yaitu :

1 Joule = 1 Newton-Meter dan 1 Joule = 1kg m2 s-2

HUKUM KEKEKALAN ENERGI

Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi, dapat kita simpulankan bahwa :

Energi Tidak bisa diciptakan maupun dimusnahkan. Energi hanya bisa dirubah bentuknya dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Maka dari itu, Jumlah total energi dalam suatu sistem hanya akan berubah ketika masuk / keluarnya suatu energi. “Energi Tidak bisa Diciptakan dan Dimusnahkan”

BENTUK-BENTUK ENERGI

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, ternyata banyak berbagai macam bentuk energi yang kita manfaatkan. Nah coba kalian perhatikan apa saja bentuk energi berikut ini.

Energi mekanik

Energi mekanik yaitu energi yang dimiliki oleh suatu benda karena sifat geraknya. Energi Mekanik dibagi lagi menjadi 2, antara lain :

Energi Potensial, adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena posisi / kedudukannya, yang berarti saat benda tersebut diam pada posisi tertentu. Berbagai jenis energi bisa dikategorikan sebagai energi potensial, karena semua bentuk energi potensial dihubungkan dengan suatu jenis gaya yang bekerja terhadap keadaan fisik suatu materi. Contohnya yaitu ketika kita meregangkan sebuah karet, terjadi perubahan sifat fisik karena adanya gaya elastik, nah inilah yang disebut energi potensial elastik. Secara Fisika Rumus Energi Potensial seperti berikut ini.

Ep = m x g x h

 Keterangan:

Ep = Energi Potensial (Joule)
m = Massa (kg)
g = Gravitasi (m/s2)
h = Ketinggian (m)

Energi Kinetik, yaitu Energi yang dimiliki oleh suatu benda karena pergerakan / kelajuannya. Energi kinetik secara jelas bisa diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melakukan usaha agar dapat menggerakkan benda dengan massa tertentu hingga mencapai suatu kecepatan tertentu. Semakin tinggi kecepatan suatu benda maka semakin besar pula energi kinetiknya. Contohnya yaitu ketika sebuah kendaraan melaju, semakin kencang kecepatan mobil tersebut, maka semakin besar juga energi kinetiknya. Secara Fisika Rumus Energi Kinetik yaitu Sebagai Berikut :

Ek = ½ x m x v2

Keterangan (Satuan) :
Ek : Energi Kinetik (Joule)
m : Massa (kg)
v : Kecepatan (m/s)

Jadi, Rumus Energi Mekanik = Energi Potensial + Energi Kinetik

Energi bunyi

Energi Bunyi yaitu energi yang dihasilkan oleh sebuah getaran partikel-partikel udara di sekitar sumber bunyi. Sebenarnya setiap terjadinya getaran pada suatu benda pasti terdapat energi bunyi, tetapi tidak semua bunyi tersebut dapat kita dengar. Semakin kuat getarannya, maka semakin besar juga energi bunyi yang dihasilkan. Misalnya saat kita sedang bermain gendang, semakin kuat gendang dipukul, maka semakin besar getarannya, dan semakin besar bunyi yang dihasilkan.

Energi cahaya

Energi Cahaya yaitu Energi yang dihasilkan oleh sebuah gelombang elektromagnetik. Contohnya yaitu ketika cahaya dari sebuah lampu, semakin jauh kita dari sumber cahaya maka semakin sedikit pengaruh cahaya tersebut terhadap penglihatan.

Energi panas (kalor)

Energi Panas yaitu energi yang terjadi karena adanya pergerakan internal partikel penyusun dalam suatu benda. Energi panas merupakan sebuah energi yang berpindah dari suatu partikel yang bersuhu tinggi ke partikel bersuhu lebih rendah. Misalnya ketika kita memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga membuat air bisa mendidih.

Energi nuklir

Energi Nuklir yaitu Energi yang dihasilkan dari reaksi inti oleh bahan radioaktif.  Energi tersebut dihasilkan oleh inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menyatu. Pembelahan / penyatuan inti atom tersebut akan menghasilkan sebuah energi yang sangat besar karena terjadi perubahan pada inti atom. Contohnya yaitu dalam penggunaan bom nuklir

Energi kimia

Energi Kimia yaitu Energi yang dihasilkan karena adanya interaksi secara kimia dari reaksi kimia yang terjadi. Contoh Sederhananya yaitu ketika Makanan yang masuk ke dalam tubuh mempunyai unsur kimia dan akan mengalami reaksi kimia agar bisa dimanfaatkan oleh tubuh, nah saat proses reaksi kimia juga terjadi energi kimia.

PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN ENERGI DALAM KEHIDUPAN

Berbagai energi dimanfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari, nah berikut ini terdapat beberapa contoh penggunaan energi dengan merubahnya dari satu bentuk ke bentuk lain.

  • Energi Listrik Menjadi Energi Panas à Penggunaan Setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi Kimia Menjadi Energi Gerak (Mekanik) à Makanan yang kita makan diolah melalui reaksi kimia menjadi sumber energi untuk beraktivitas
  • Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi à Penggunaan Bel untuk menghasilkan bunyi.
  • Energi Gerak (Mekanik) Menjadi Energi Panas à Gesekkan dua benda secara terus menerus menghasilkan panas.
  • Energi Listrik Menjadi Energi Gerak (Mekanik à Penggunaan kipas angin.
  • Energi Cahaya Menjadi Energi Kimia à Pemanfaatan cahaya matahari

Demikian artikel tentang”Pengertian Energi, Satuan, Macam Bentuk dan Pemanfaatan Energi Bagi Kehidupan Lengkap“, semoga bermanfaat