Pengertian Indeks Harga, Tujuan, Kegunaan, dan Jenis Jenis Indeks Harga Lengkap

Posted on

Pengertian Indeks Harga, Tujuan, Kegunaan, dan Jenis Jenis/Macam Macam Indeks Harga Lengkap Indeks Harga adalah perbandingan perubahan harga dari tahun tertentu (given year) dari tahun dasar (based year). Tujuan perhitungan indeks harga yaitu untuk mengetahui ukuran perubahan variabel ekonomi sebagai alat ukur keadaan perekonomian suatu negara yang dinyatakan dalam persentase. Indeks harga berperan penting dalam penentuan kebijakan ekonomi pemerintah dalam mengatasi inflasi.

Kegunaan Indeks Harga

Adapun kegunaan indeks harga yaitu:

  • Indeks harga sebagai dasar dalam membuat kebijakan ekonomi
  • Indeks harga sebagai dasar untuk menentukan kebijakan harga
  • Indeks harga sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan ekonomi
  • Indeks harga sebagai alat untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendorong
  • Indeks harga dapat digunakan para pedagang dalam menentukan harga jual produk.

Jenis Jenis Indeks Harga

Indeks Harga Konsumen

Indeks Harga konsumen (IHK) yakni indeks yang menggambarkan perubahan harga suatu barang dan/atau jasa yang di beli konsumen. Indeks harga konsumen ini memuat data mengenai harga barang dan/atau jasa yang dikumpulkan dari berbagai daerah atau kota. Data tersebut menggambarkan perilaku keluarga konsumen dalam membelanjakan pendapatan mereka. Data ini diambil dari empat kelompok yakni makanan, pakaian, perumahan, dan berbagai macam barang atau jasa lainnya. Indeks Harga konsumen bisa digunakan dalam mengukur tingkat suatu negara. Selain itu, juga dapat menjadi dasar dalam penentuan penyesuaian gaji, upah, uang pensiunan, dan jenis kontrak lainnya.

Indeks Harga Produsen

Indeks harga produsen (IHP) atau juga disebut dengan indeks harga pedagang besar. Indeks Harga Produsen adalah perbandingan harga barang dan/atau jasa yang di beli produsen pada waktu tertentu. Hal tersebut mencakup bahan mentah dan bahan setengah jadi. Jenis barang yang dibandingkan indeks harga produsen dikelompokkan menjadi beberapa sektor dan setiap sektornya terhadap subsektor.

Indeks Harga Yang Harus di Bayar dan Diterima Petani

Indeks harga yang dibayar petani adalah indeks harga yang menggambarkan perkembangan harga kebutuhan rumah tangga petani, baik kebutuhan konsumsi rumah tangga maupun proses produksi pertanian seperti pupuk, benih, dan obat-obatan. Indeks harga yang dibayar petani dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, politik dagang, harga makanan, perumahan, pakaian, berbagai macam barang dan juga nilai uang.

Indeks Harga Implisit (GNP Deflator)

Indeks harga implisit (Gross National Product Deflator) berfungsi untuk menentukan tingkat inflasi dari waktu ke waktu dengan cara membandingkan GNP (Gross National Product) nominal pada tahun tertentu dengan GNP (Gross National Product) riil.

Demikian artikel tentang”Pengertian Indeks Harga, Tujuan, Kegunaan, dan Jenis Jenis Indeks Harga Lengkap“, semoga bermanfaat.