Pengertian RAM, Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenis dan Cara Kerja RAM Terlengkap

Posted on

Pengertian RAM, Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenis dan Cara Kerja RAM TerlengkapRandom Access Memory atau disingkat dengan RAM merupakan sebuah memori tempat penyimpanan data sementara saat komputer dijalankan dan bisa diacak secara andom atau acak.

Setelah mengetahui pengertian RAM (Random Access Memory), selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi RAM, bentuk RAM dan juga macam-macam jenis RAM yang ada. Berikut selengkapnya:

Fungsi RAM

Fungsi RAM (Random Access Memory) adalah mempercepat pemrosesan data pada PC atau komputer, semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komuter tersebut. RAM dapat mempercepat kinerja komputer karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara bagi komputer. Dalam menyimpan data yang mudah diambil sehingga proses loading data dan program yang diakses akan lebih cepat.

Bentuk RAM

Bentuk RAM PC secara fisik seperti rangkaian elektrinik sejenis chip. Cara memasangkan RAM pada PC yakni dengan memasukkan RAM pada Slot RAM yang ada di Motherboard. Ada berbagai macam jenis slot RAM bergantung pada jenis RAMnya.

Jenis-Jenis RAM

Ada berbagai jenis RAM yang perlu diketahui yaitu diantaranya:

RAM (Dynamic RAM)

RAM (Dynamic RAM) adalah salah satu jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) agara daya yang tersimpan didalamnya tidak hilang.

SDRAM

SDRAM atau Sychronous Dynamic Random Access Memory adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun sudah disinkronisasi oleh Clock sistem dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM (Dynamic Random Access Memory).

DDR RAM

DDR RAM atau Double Rate Random Access Memory, DDR RAM juga sering disebut dengan DDR. RAM jenis ini merupakan teknologi kelanjutan dari SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory). Terdapat pula kelanjutannya jenis RAM ini yaitu DDR2 ( Double Data Rate Generation 2 RAM ) dan DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), mungkin semakin kesini akan ada lagi generasi barunya.

RDRAM

RDRAM atau Rambus Dynamic Access Memory adalah jenis RAM yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM atau Sychronous Dynamic Random Access Memory. RAM ini dapat digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4 (empat).

SRAM

SRAM atau Static Random Access Memory merupakan jenis RAM yang tidak membutuhkan penyegaran oleh CPU agar data yang tersimpa di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi di bandingkan dengan DRAM (Dynamic RAM) ataupun SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

EDORAM

EDORAM atau Extended Data Out Random Access Memory merupana jenis RAM yang digunakan pada sistem yang sudah menggunakan pentium. Jenis RAM ini bisa menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca maupun tulisnya akan menjadi agak lebih cepat.

Cara Kerja RAM

Pada saat menyalakan komputer, device yang bekerja pertama kali yaitu Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage yakni Hard Disk. Ini berarti data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.

Namun praktek hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi yang ada pada Processor dan Hard Disk. Processor sendiri merupakan komponen digital murni dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz).

Sedangkan teknologi sebagian besar Hard Disk merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teori kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding Hard Disk.Ini berarti, Jika Processor menunggu pasokan data dari Hard Disk akan terjadi Bottle-Neck yang sangat parah.

Untuk mengatasi keadaan tersebut, dibutuhkan device Memori Utama atau Primary Memory yang disebut RAM (Random Access Memory). Fungsi RAM yaitu untuk membantu Processor dalam menyediakan data yang dibutuhkan. RAM berfungsi seperti halnya Hard Disk Digital, karena seluruh komponen RAM telah menggunakan teknologi digital.

Dengan RAM, maka Processor tidak lagi perlu menunggu kiriman data dari Hard Disk. Saat ini RAM DDR2 memiliki bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang bisa melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Ini berarti, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel bisa memasok data dalam jumlah yang tepat ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian RAM, Fungsi, Bentuk, Jenis-Jenis dan Cara Kerja RAM  Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.