Pengertian Skala Peta dan Macam Macam Jenis Skala Peta Lengkap

Posted on

Pengertian Skala Peta dan Macam Macam Jenis Skala Peta Lengkap Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya dari wilayah yang digambarkan dalam peta.  Fungsi skala peta yaitu untuk menghitung jarak antara dua lokasi dalam peta, sehingga memungkinkan mengukur jarak secara langsung dengan hanya melihat pada peta tanpa harus mendatangi lokasi dan mengukurnya. Terdapat berbagai macam macam skala peta atau jenis jenis skala peta dan juga bentuk skala peta, berikut selengkapnya.

Macam-Macam Jenis Skala Peta

Berdasarkan Ukuran Skala Peta

Berdasarkan ukuran skalanya peta dibedakan menjadi lima, berikut ini selengkapnya.

Peta Skala kadaster atau Peta Teknik
Peta Teknik atau peta skala kadaster adalah peta dengan skala 1 : 100 hingga 1 : 5000. Peta skala kadaster atau peta teknik ini biasa digunakan untuk pengukuran tanah.

Peta Berskala Besar
Peta berskala besar adalah peta berskala 1 : 5000 hingga 1 : 250.000. Peta ini umumnya digunakan untuk menggambarkan wilayah yang relatif sempit, seperti desa atau kecamatan.

Peta Berskala Sedang
Peta berskala sedang adalah peta berskala 1 : 250.000 hingga 1 : 500.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan wilayah yang agak luas seperti pemetaan kabupaten atau kota.

Peta Berskala Kecil
Peta berskala kecil adalah peta berskala 1 : 500.000 hingga 1 : 1.000.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan daerah yang luas seperti provinsi.

Peta geografi berskala lebih dari 1 : 1.000.000
Jenis peta ini biasanya digunakan untuk menggambarkan wilayah negara, regional, benua, atau dunia.

Berdasarkan Bentuk Skala Peta

Selain berdasarkan ukurannya, jenis skala yang juga biasa ditemui dalam kartografi adalah berdasarkan bentuknya. Bentuk-bentuk skala dibedakan sebagai berikut.

Skala Verbal
Skala verbal adalah skala yang menunjukkan perbandingan jarak pada peta dalam suatu kalimat langsung yang tegas.

Contohnya, pada peta dituliskan Skala 1 cm untuk 1 km. Berarti bahwa setiap jarak 1 cm dalam peta setara dengan jarak 1 km pada jarak sesungguhnya.

Contoh lainnya 1 inci = 1 mil, berarti 1 inci di peta mewakili 1 mil di lapangan. Jadi, skalanya adalah 1 : 63.360 (1 mil = 63.360 inci).

Skala Angka
Skala angka ini digunakan untuk menunjukkan perbandingan jarak pada peta dalam perhitungan angka. Skala ini paling lazim ditemui dalam kompilasi peta.

Contohnya, pada peta dituliskan Skala 1 : 1.000.000. Berarti setiap jarak 1 satuan jarak dalam peta setara dengan jarak 1.000.000 satuan yang sama pada jarak sesungguhnya.

Contohnya satuan yang digunakan adalah cm, maka 1 : 1.000.000 berarti setiap jarak 1 cm di peta mewakili jarak 1.000.000 cm atau 10.000 meter atau 10 km pada wilayah sesungguhnya.

Skala jenis ini dengan satuan centimeter telah dijadikan sebagai sistem skala peta resmi internasional. Akan tetapi, ada pula beberapa negara yang menggunakan satuan inci berbanding satuan mil. Beberapa negara yang menggunakan satuan inchi berbanding satuan mil tersebut antara lain, Inggris dan negara-negara persemakmuran Inggris.

Skala Batang atau Skala Grafis
Skala batang menggunakan batang garis lurus yang mempunyai beberapa ruas dengan jarak yang sama di antara ruas-ruas tersebut, sama halnya dengan garis bilangan. Skala ini dapat pula berbentuk grafis atau gambar yang menunjukkan jarak antarbagian.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Skala Peta dan Macam Macam Jenis Skala Peta Lengkap . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.