Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

23 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

23 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap Komputer adalah salah satu perangkat elektronika yang telah sangat berkembang, mulai dari segi bentuk maupun fungsi. Pengertian komputer menurut bahasa, berasal dari bahasa Yunani “Computare” berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata “Com” berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan “Putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris “To Compute” yang artinya menghitung.

Komputer adalah sistem yang terdiri dari beberapa aspek yakni Hardware, Software, dan Brainware. Berikut ini beberapa pengertian komputer menurut para ahli.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memprosesnya, menyimpan perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

V.C. Hamacher et al

Menurut V.C. Hamacher et al, Komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

Donald H. Sanders

Menurut Donald H. Sanderes, Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan tepat dan cepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

William M. Fuori

Menurut William M. Fuori, Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logikatanpa campur tangan manusia.

C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Menurut C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky, Komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

American Standard Institute

Menurut American Standard Institute, Komputer adalah suatu pemroses data (data prosesor) yang dapat melakukan perhitungan yang lebih besar dan cepat termsuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoprasikanya selama pemrosesan.

Larry Long & Nancy Long

Menurut Larry Long & Nancy Long, Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.

Elias M.Awad

Menurut Elias M.Awad, Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Williams, Sawyer

Menurut Williams, Sawyer, Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang bisa kita gunakan.

Wimatra dkk (2008)

Menurut Wimatra dkk, Komputer adalah suatu sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.

Arif Susanto (2009)

Menurut Arif Susanto, Komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri dari atas perintah input, alat yang mengolah input dan peralatan output yang memberi yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Gordon B. Davis

Menurut Gordon B. Davis, Komputer adalah suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

William Sawyer

Menurut William Sawyer, Komputer adalah sebuah mesin multiguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat deprogram, dimana mesin -mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar, lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuh informasi yang bisa digunakan oleh usernya.

Jhon J. Longkutoy

Menurut Jhon J. Longkutoy, Komputer adalah suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang mana dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan dan juga berguna bagi usernya.

VC. Hamacher ZG

Menurut VC. Hamacher ZG, Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang bisa dengan cepat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter

Menurut Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter, Komputer adalah perangkat elektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori, yang dapat menerima data, mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, dan memproduksi hasil.

June Parsons

Menurut June Parsons, Komputer adalah perangkat serba guna yg menerima input,proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaian instruksi disimpan.

McGraw-Hill (2001)

Menurut McGraw-Hill, Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Oxford English Dictionary (OED2)

Menurut Oxford English Dictionary, Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Komputer adalah seperangkat alat yang dijadikan satu untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.

Dinus

Menurut Dinus, Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Demikian artikel yang diberikan tentang 23 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.