Tindakan Sosial

Pengertian Tindakan Sosial, Ciri Ciri dan Jenis Jenis Tindakan Sosial Lengkap

Posted on

Pengertian Tindakan Sosial, Ciri Ciri dan Jenis Jenis Tindakan Sosial Lengkap Tindakan sosial adalah perbuatan atau perilaku manusia untuk mencapai tujuan subjektif dirinya. Adapula pengertian tindakan sosial menurut ahli, diantaranya Pengertian tindakan sosial menurut Max Waber yaitu tindakan individu sepanjang tindakan itu memiliki makna bagi dirinya sendiri dan diarahkan untuk mendapatkan tanggapan dari orang lain.

Tindakan yang dilakukan atau diarahkan ke benda mati atau yang tidak memiliki keterkaitan dengan orang lain itu bukan tindakan sosial.

Ciri Ciri Tindakan Sosial

Adapun ciri ciri tindakan sosial antara lain

  • Tindakan bermakna subjektif
  • Tindakan nyata yang memiliki sifat membatin dan sifat subjektif
  • Tindakan yahg berpengaruh positif
  • Tindakan diarahkan kepada orang lain
  • Tindakan yang dilakukan merupakan respons terhadap tindakan orang lain.

Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Pada dasarnya, macam jenis tindakan sosial atau tipe-tipe tindakan sosial dibedakan menjadi 4 yaitu tindakan sosial rasional, tindakan sosisal irrasional/berorientasi pada nilai, tindakan sosial tradisional dan tindakan sosial afektif.

Tindakan Sosial Rasional

Tindakan sosial yang bersifat rasional adalah tindakan sosial yang dilakukan dengan pertimbangan dan pilihan secara sadar atau masuk akal. Maksudnya, tindakan sosial itu sudah dipertimbangkan tujuan secara masak-masak dan cara yang akan digunakan untuk tujuan tersebut.

Contoh Tindakan Sosial Rasional dalam kehidupan sehari-hari:

  • Setelah lulus SMA, Ega memutuskan bekerja daripada melanjutkan kuliah. Alasannya karena Ega ingin segera dapat membantu orang tuanya dan membantu membiayai sekolah adik-adiknya. Setelah mengambil keputusan bekerja, maka Ega membuat lamaran kerja ke perusahaan yang membuka lowongan kerja sesuai kualifikasi pendidikan yang dimilikinya.
  • Sebagai pelatih futsal di SMA Perkasa, Pak Hendro mengatur taktik permainan agar anak didiknya dapat memenangkan babak final kejuaraan futsal antar SMA se Provinsi Lampung
  • Untuk membantu pemahaman mengenai pelajaran yang tidak dapat dimengerti di sekolah, Sapta bergabung dengan lembaga bimbingan belajar terkemuka yang ada di kotanya.

Tindakan Sosial Irrasional

Tindakan sosial yang bersifat irrasional adalah tindakan sosial yang berorientasi pada sebuah sistem nilai tertentu. Tindakan sosial ini memperhitungkan manfaat tanpa terlalu mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai. Tindakan sosial ini mementingkan kesesuaian tindakan dengan nilai-nilai dasar yang berlaku dalam masyarakat.

Contoh Tindakan Sosial Irrasional dalam kehidupan sehari-hari:

  • Tidak pernah mempersoalkan mengapa kita harus makan dan minum dengan tangan kanan. Tindakan tersebut kita lakukan karena pandangan masyarakat yang menekankan jika makan dan minum menggunakan tangan kanan lebih sopan daripada menggunakan tangan kiri.
  • Menolong orang yang kecelakaan.
  • Memberi persembahan pada jin penunggu tempat yang dikeramatkan.

Tindakan Sosial Tradisional

Tindakan sosial yang bersifat tradisional adalah tindakan sosial yang menggunakan pertimbangan tradisi yang telah baku sehingga tidak mempertimbangkan proses sosial dan tujuannya.

Contoh tindakan sosial tradisional dalam kehidupan sehari-hari:

  • Upacara-upacara adat yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan mengikuti kebiasaan yang telah turun-temurun.
  • Mencium tangan dan mengucapkan salam kepada orang tua saat akan pergi dari rumah.

Tindakan Sosial Afektif

Tindakan sosial afektif adalah tindakan sosial yang sebagian besar tindakannya dikuasai perasaan (afektif) atau emosi, tanpa melakukan pertimbangan yang matang. Karena itu tindakan sosial ini dapat digolongkan sebagai tindakan yang irasional.

Contoh tindakn sosial Afektif antara lain Seorang wanita menangis begitu mendengar cerita sedih dari temannya. Tindakan tersebut merupakan ungkapan langsung tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan alasan tujuannya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Tindakan Sosial, Ciri Ciri dan Jenis Jenis Tindakan Sosial Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat.