Devisa

Pengertian Devisa, Macam, Jenis, Fungsi, Sumber Perolehan dan Tujuan Penggunaan Devisa Lengkap

Posted on

Pengertian Devisa, Macam, Jenis Wujud/Bentuk, Fungsi, Sumber Perolehan dan Tujuan Penggunaan Devisa LengkapDevisa adalah sejumlah valuta asing yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui oleh dunia internasional.

Macam Macam Devisa

Macam macam devisa digolongkan berdasarkan dari sumber dan wujudnya.

Macam Macam Devisa Berdasarkan Sumbernya

Devisa Kredit
Devisa kredit adalah devisa yang berasal dari kredit (pinjaman) luar negeri.

Devisa Umum
Devisa umum adalah devisa yang berasal dari sumber lain (selain kredit) seperti ekspor, penyelenggaraan jasa dan penerimaan bunga modal.

Macam Macam Devisa Berdasarkan Wujudnya

Devisa Kartal
Devisa kartal adalah devisa dalam wujud uang logam dan uang kertas

Devisa Giral
Devisa giral adalah devisa dalam wujud surat-surat berharga, misalnya wesel, cek, cek perjalan (travellers cheque), IMO (Internasional Money Order) dan lain-lain.

Jenis Wujud/Bentuk Devisa

žValuta Asing

Valuta asing adalah mata uang yang bisa diterima hampir semua negara di dunia (seperti US Dollar ($), Yen Jepang, Euro dan Poundsterling) dan bisa diperjual belikan.

žEmas

Emas memiliki sifat convertible artinya semua negara mau menerima emas sebagai alat pembayaran internasional yang sah apabila dalam bentuk batangan.

Surat berharga

Negara dapat memberi surat berharga seperti:

  • Special Drawing Rights (SDR) yaitu hak kredit bagi negara anggota IMF bertujuan untuk membantu Negara yang mengalami kesulitan dalam pembayaran internasional.
  • Cable Order (Telegraphic Transfer) yaitu cek yang dikirimkan melalui telegram, radiogram atau telepon dari bank dalam negeri dengan bank di luar negeri.
  • Bill of Exchange (Wesel) yaitu surat perintah pada bank untuk membayarkan sejumlah uang kepada seseorang.
  • Traveller Cheque (TC) yaitu cek untuk berpergian biasanya dibawah turis dan dapat dicairkan di bank perwakilannya.

Fungsi Devisa

Pada dasarnya fungsi atau manfaat devisa yaitu:

  • Sebagai alat pembayaran luar negeri (perdagangan, ekspor, impor, dan seterusnya)
  • Sebagai alat pembayaran utang luar negeri.
  • Sebagai alat pembiayaan hubungan luar negeri, misalnya perjalanan dinas, biaya korps diplomatik kedutaan dan konsultan, serta hibah (hadiah, bantuan) luar negeri.
  • Sebagai sumber pendapatan negara.

Sumber Perolehan Devisa

Sumber-sumber perolehan devisa yakni:

Kegiatan Ekspor

Bagi negara dengan sistem ekonomi terbuka, kegiatan ekspor menjadi salah satu andalan negara untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak ekspor barang atau jasa maka akan semakin besar pula pemasukan devisa bagi negara.

Perdagangan Jasa

Negara yang bergerak dan mengandalkan perdagangan jasa sebagai sumber utama devisa. Biasanya negara yang tidak kaya sumber daya alam akan melakukan ini.

Kegiatan Pariwisata

Salah satu sumber devisa yaitu pariwisata yang didapatkan dari kunjungan turis mancanegara ataupun domestik. Semakin banyak turis yang berkunjung ke negara maka semakin banyak devisa yang mengalir ke negara tersebut.

Pinjaman luar negeri (Hutang luar negeri)

Pinjaman luar negeri berupa uang, secara langsung bisa menambah devisa. Pinjaman tersebut bisa digunakan untuk membayar semua pembiayaan ke luar negeri. Walaupun memiliki kewajiban mengembalikan, namun uang yang didapatkan dari luar negeri tetap akan menambah devisa negara.

Hibah dan hadiah Dari Luar Negeri

Hibah atau hadiah yang didapatkan dari luar negeri dapat berupa barang atau uang. Jika dalam bentuk barang maka akan menghemat devisa karena negara mendapatkan barang tanpa perlu membayar dan apabila dalam bentuk uang maka akan menambah devisa negara.

Warga Negara Yang Bekerja di Luar Negeri

Sumber devisa yang lain yaitu valuta asing yang dikirim dari luar negeri oleh warga negara yang bekerja di luar negeri, seperti TKW atau TKI.

žPungutan Bea Masuk

Bea masuk yang didapatkan dari pungutan biaya barang-barang luar negeri yang dimasukkan ke Indonesia, juga dapat menambah devisa negara.

Tujuan Penggunaan Devisa

Tujuan penggunaan devisa yaitu:

  • Untuk membeli barang atau jasa dari luar negeri (impor)
  • Untuk membayar hutang pokok serta bunga hutang luar negeri
  • Sebagai pembiayaan kegiatan perdagangan luar negeri
  • Untuk membiayai perwakilan di luar negeri (duta besar, konsulat, dll)
  • Untuk membiayai atlet, misi kebudayaan, studi banding atau perjalanan dinas pejabat negara.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Devisa, Macam, Jenis, Fungsi, Sumber Perolehan dan Tujuan Penggunaan Devisa Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.