Pengertian Tulang Rusuk : Letak, Fungsi, Jumlah, Struktur Bagian dan Jenis Tulang Rusuk Pada Manusia

Posted on

Fungsi Tulang Rusuk (Costa) – Apa yang dimaksud dengan tulang rusuk? Apa itu tulang rusuk dan fungsinya? Apa fungsi dari tulang dada dan tulang rusuk? Apa fungsi tulang rusuk? Sebutkan jenis tulang rusuk pada manusia?

Baca Juga : Sistem Gerak Manusia

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian tulang rusuk, letak, fungsi, jumlah, struktur bagian dan jenis tulang rusuk pada manusia.

Pengertian Tulang Rusuk

Dalam sistem anatomi, tulang rusuk atau tulang iga (costae) merupakan jenis tulang panjang dengan struktur melengking dan membentuk rongga rusuk. Fungsi tulang rusuk adalah melindungi dada (thorax), paru-paru (pulmo), jantung dan organ dalam lain yang ada pada rongga dada.

Pada hewan mamalia, letak tulang rusuk hanya ada pada bagian dada, namun pada reptil letaknya terkadang daribagian leher sampai sacrum. Ada sejumlah jenis ikan yang mempunyai 4 rusuk pada masing-masing tulang punggung.

Menurut Vesalius pada tahun 1543 untuk menyelesaikan kontroversi yang terjadi pada saat itu menyatakan bahwa jumlah tulang rusuk pada manusia baik wanita maupun pria adalah 24 tulang rusuk (12 pasang).

Tulang rusuk atau tulang costa adalah jenis tulang penyusun rangka manusia dengan struktur melengkung dan membentuk bagian besar dari kerangka dada. Pada dada, terdapat 12 pasang tulang rusuk yang masing-masing 12 tulang rusuk yang tersusun berjajar pada sisi kanan dan sisi kiri dan tersusun berjajar kebawah sedemikian rupa dengan dibatasi oleh spasi yang disebut dengan ruas antar costa.

Fungsi Tulang Rusuk

Fungsi tulang rusuk (iga), diantaranya yaitu:

  • Sebagai pelindung organ penting dalam tubuh seperti jantung, hati dan paru-paru.
  • Membantu pernapasan ketika otot-otot interkostal mengangkat dan menurunkan tulang rusuk, memfasilitasi dan menghembuskan nafas. Selain itu, mempunyai kerangka sebagai kerja otot dada, punggung, dan perut juga korset bahu atas bisa menempel, diafragma juga melekat pada batas bawah tulang rusuk. Tanpa adanya tulang rusuk maka manusia tidak dapat bernafas dengan lancar dan tanpa tulang rusuk tidak ada pelindung bagi organ penting dalam tubuh manusia.

Struktur Bagian Tulang Rusuk

Tulang rusuk berjumlah 24 atau 12 pasang yang berpasangan kiri dan kanan. Akan tetapi, tidak sedikit manusia yang memiliki satu tambahan tulang rusuk dan ada juga yang justru kekurangan 1 tulang rusuk.

Tujuh pasang tulang rusuk pertama menempel di depan dada, tulang yang kuat terletak ditengah dada dan set sisa dari tulang rusuk tidak menempel ke sternum langsung. 3 pasang berikutnya berada di tulang rawan pada tulang rusuk, dua set terakhir dari tulang rusuk disebut rusuk mengambang karena tulang rusuk tersebut tidak terhubung ke sternum tulang rusuk. Tapi tidak perlu khawatir karena iga tetap melekat pada tubuh.

Tulang Rusuk terbagi menjadi 3 (tiga) bagian diantaranya tulang rusuk palsu, tulang rusuk sejati dan tulang rusuk melayang.

Baca Juga : Fungsi Tulang

Tulang Rusuk Sejati

Jumlah tulang rusuk sejati ada sebanyak 7 pasang (14 buah). Letak tulang rusuk ada pada bagian belakang yang berkaitan langsung dengan ruas tulang belakang serta ujung depannya berkaitan dengan bagian tulang dada dan perantara dibantu tulang rawan.

Tulang Rusuk Melayang

Jumlah tulang rusuk melayang ada sebanyak 2 pasang (4 buah). Letak tulang rusuk melayang berada pada bagian terbelakang yang berkaitan dengan bagian ruas tulang belakang namun bagian ujung depannya bebas atau tidak terkait dengan bagian tulang lainnya.

Tulang Rusuk Palsu

Jumlah tulang rusuk palsu ada sebanyak 3 pasang (6 buah). Ukuran tulang rusuk palsu sangat pendek dibandingkan tulang rusuk sejati. Tulang rusuk palsu berhubungan langsung dengan ruas tulang bagian belakang sedangkan ketiga ujung tulang depan disatukan tulang rawan yang melekat di satu titik pada tulang dada.

Gangguan dan Kelainan Pada Tulang Rusuk

Berikut ini penyakit pada tulang rusuk, diantaranya:

Patah Tulang Rusuk

Patah tulang rusuk merupakan cedera yang terjadi saat salah satu tulang pada celah-celah tulang rusuk retak.

Penyebab umum tulang rusuk retak adalah jatuh atau kecelakaan, batuk berkepanjangan dan olahraga dengan gerakan berulang.

Gejala fraktura tulang rusuk diantaranya nyeri ketika mengambil napas dalam-dalam, ketika menekan bagian yang cedera, atau ketika membungkuk atau memutar tubuh.

Dalam banyak kasus, biasanya patah tulang rusuk sembuh sendiri dalam waktu 1-2 bulan. Penghilang nyeri bisa menyebabkan memudahkan bernapas dalam-dalam.

Baca Juga : Fungsi Tulang Keras (Osteon)

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian tulang rusuk, letak, fungsi, jumlah, struktur bagian dan jenis tulang rusuk pada manusia. Semoga bermanfaat