16 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

16 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap – Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah ekonomi berasal dari dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti keluarga, rumah tangga dan νόμος (nomos) yang berarti peraturan, aturan, hukum. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja disebut dengan ahli ekonomi atau ekonom.

Selain pengertian diatas, ada banyak ahli yang mengemukakan pengertian ekonomi ini. Berikut pengertian ekonomi menurut para ahli:

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow, Ekonomi adalah suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia lewat penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan efektif.

John Stuart Mill

Menurut John Stuart Mill, Ekonomi adalah ilmu praktis yang telah mempelajari tentang penagihan dan pengeluaran.

Adam Smith

Menurut Adam Smith, Ekonomi adalah suatu penyeldikan tentang kondisi dan sebab adanya atau hadirnya kekayaan negara.

Hermawan Kartajaya

Menurut Hermawan Kartajaya, Ekonomi adalah suatu wadah dimana sektor industri sedang melekat diatasnya.

Paul Anthony Samuelson

Menurut Paul Anthony Samuelson, Ekonomi adalah suatu cara yang dipakai oleh seseorang atau kumpulan orang dalam memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai macam komoditi dan produk serta menyalurkannya supaya dapat dikonsumsi oleh masyarakat banyak.

Khursid Ahmad

Menurut Khursid Ahmad, Ekonomi adalah suatu usaha yang mensistematiskan dan memahami segala permasalahan perekonomian dan segala macam perilaku manusia dengan permasalah tersebut berdasarkan perspektif ISLAM.

Amwal

Menurut Amwal, Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu atau masyarakat.

Samuekon

Menurut Samuekon, Ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis segala macam kerugian dan keuntungan yang mengikat semua pola tertentu dalam memanfaatkan penggunaan sumber daya.

Aristoteles

Menurut Aristoteles, Ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.

M. Manullang

Menurut M. Manullang, Ekonomi adalah suatu studi yang membahas mengenai aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmuran dimana kemakmuran tersebut suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

Lipsey

Menurut Lipsey, Ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang tak pernah berujung atau tidak terbatas.

Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai segala kehidupan manusia dalam sehari-hari.

Von Neumann dan Mogenstern

Menurut Von Neumann dan Mogenstern, Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang sayang sekali jika tak diperlakukan secara tidak ilmiah karena semua tokohnya sudah sibuk mengurusi berbagai macam solusi supaya dapat menghadapi segala permasalahan mendesak pada zaman itu.

Case dan Fair

Menurut Case dan Fair, Ekonomi adalah suatu studi tentang bagaimana masyarakat dan individu itu mengambil pilihan untuk menggunakan segala sumber daya yang langka ada apa yang sudah disediakan oleh alam dan generasi yang sudah ada sebelumnya.

Mill J.S

Menurut Mil J.S, Ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, pengertian ekonomi diantaranya yaitu:

  • Ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi serta pemakaian barang-barang juga kekayaan, seperti hal keuangan, perindustrian dan pergangan.
  • Pemanfaatan uang, tenaga, waktu dan sebagainya yang berharga.
  • Tata hidup perekonomian suatu negara.
  • Urusan keuangan rumah tangga, organisasi ataupun negara.

Demikian artikel pembahasan tentang “16 Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.