Pengertian Kelenjar Prostat, Fungsi Struktur dan Bagian Kelenjar Prostat Lengkap

Posted on

Pengertian Kelenjar Prostat, Fungsi Struktur dan Bagian Kelenjar Prostat Lengkap – Kelenjar Prostat adalah kelenjar eksokrin yang berukuran sebesar buah kenari yang terletak antara kandung kemih dan penis, di depan rektum. Organ ini berfungsi untuk memproduksi dan menyimpan sejenis cairan yang sebagian besar air m4ni (semen). Cairan yang dikeluarkan prostat memberikan nutrisi dan melindungi sperma. Selama ejakulasi, prostat akan membuat cairan ini keluar melalui uretra bersamaan dengan sperma membentuuk cairan m4ni (semen).

Fungsi Kelenjar Prostat

Fungsi utama kelenjar prostat yaitu mengeluarkan 30%-35% atau sepertiga cairan dari air m4ni. Cairan tersebut berfungsi memberikan nutrisi dan perlindungan terhadap sperma agar bisa bertahan dalam lingkungan Miss V.

Prostat mengandung jaringan otot polos, sehingga ikut membantu untuk memompa air m4ni keluar melalui penis dengan kekuatan yang cukup untuk masuk ke dalam Miss V untuk membantu sperma membuahi ovum. Selain itu, prostat yang mengelilingi bagian uretra dapat berfungsi sebagai katup yang mencegajh urin keluar kecuali jika ada rangsangan buang air kecil. Sistem saraf pada prostat juga akan membantu proses terjadinya ereksi penis.

Struktur Anatomi dan Bagian Kelenjar Prostat

Struktur Kelenjar Prostat

Bentuk prostat seperti segitiga terbalik dengan ukuran panjang sekitar 4 cm, lebar 3 cm, dan telah 2,5 cm, serta memiliki berat kurang lebih sekitar 20 gram.

Kelenjar Prostat merupakan kelenjar fibromuskuler, yaitu serabut otot polos yang bercampur dengan serat kolegen dan elastik, kelenjar ini diselubungi oleh kapsula prostatika, yaitu suatu jaringan fibrosa berisi pembuluh darah dan saraf dan Miss V prostatka atau jaringan fibrosa.

Sebagian besar bagian kelenjar prostat terdiri dari 30-50 komponen kelenjar tubuloasinar atau tubulo alveolar kecil bercabang. Dinding pelapis prostat adalah dinding mukosa, submukosa dan lapisan perifer yang terdiri ats kelenjar utama penyusun prostat.

Jaringan Epitel yang melapisi prostat biasanya berupa Simpleks Kolumnar atau Pseudostratificatum kolumnar. Namun ada beberapa bagian yang dilapisi oleh epitel skuamosum atau epitel kuboid.

Prostat menerima pasokan nutrisi dan oksigen dari arteri prostat. Persarafannya berasal dari pleksus prostatikus yang dapat berupa rangsangan simpatis atau parasimpatis.

Bagian-Bagian Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat dibagi menjadi 5 lobus, diantaranya yaitu:

a. Lobus Aterior/Isthmus (Depan), merupakan lobus yang terletak di depan uretra dan tidak memiliki jaringan kelenjar.

b. Lobus Medius (Tengah), merupakan lobus yang terletak diantara uretra dan duktus ejakulatorius, lobus ini kaya akan jaringan kelenjar .

c. Lobus Posterior (Belakang), merupakan lobus yang terletak di belakang uretra dan di bawah duktus ejakulatorius, lobus ini juga kaya akan jaringan kelenjar.

d. Lobus Lateral Kanan, merupakan lobus yang terletak di sebelah kanan uretra yang dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan belakang prostat, banyak jaringan kelenjar pada lobus ini.

e. Lobus Lateal Kiri, merupakan lobus yang terletak di sebelah kiri uretra yang dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan belakang prostat, Lobus ini mengandung banyak jaringan kelenjar.

Berdasarkan zonanya, prostat dibagi menjadi beberapa zona, diantanya yaitu:

a. Zona Perifer (Zona Sisi), zona ini membentuk 70% jaringan kelenjar prostan dan mencakup bagian postior dan juga lateral kelenjar tersebut. Zona perifer merupakan zona yang sangat rentan terkena infeksi maupun peradangan.

b. Zona Transisional (Zona Pertengahan), zona ini membentuk 5-10% dari jaringan kelenjar prostat.

c. Zona Sentral (Zona Pusat), zona ini membentuk 25% dari jaringan kelenjar prostat. Zona sentral tersusun dari lapisan mukosa dan submukosa.

d. Zona lain selain komponen kelenjar, yaitu zona stroma fibromuskular yang merupakan serabut otot polos bercampur dengan serat kolagen dan elastin yang terletak di depan kelenjar prostat.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kelenjar Prostat, Fungsi Struktur dan Bagian Kelenjar Prostat Lengkap , semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya, sampai jumpa