Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-Ciri dan Contoh Paragraf Ineratif Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-Ciri dan Contoh Paragraf Ineratif Lengkap – Paragraf ineratif  atau inerasi adalah paragraf yang terdiri atas kalimat utama yang terletak di tengah paragraf. Sehingga secara umum, paragraf ineratif ini memiliki pola khusus-umum-khusus atau kalimat penjelas – kalimat utama – kalimat penjelas.

Kalimat penjelas yang ada pada awal paragraf ineratif berfungsi sebagai pengantar atau pembuka paragraf. Sementara, kalimat utama yag ada pada tengah paragraf berfungsi sebagai gagasan utama dari paragraf ineratif ini. Sedangkan kalimat penjelas di akhir paragraf memilikifungsi sebagai penegas atau kesimpulan dari paragraf ineratif ini. Paragraf ineratif sendiri termasuk ke dalam salah satu jenis paragraf berdasarkan posisi kalimatnya, selain paragraf induktif, paragraf deduktif dan juga paragraf campuran.

Ciri-Ciri Paragraf Ineratif

Berikut beberapa ciri-ciri paragraf ineratif, diantaranya yaitu:

  • Kalimat utama terletak di bagian tengah paragraf.
  • Kalimat awal merupakan kalimat penjelas yang berfungsi sebagai pengantar paragraf.
  • Kalimat terakhir merupakan kesimpulan atau penutup dari paragraf.

Contoh Paragraf Ineratif

Contoh 1
Menyepelekan kesehatan tubuh saat bekerja malam akan membuat badan justru rentan terkena sakit saat melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan bagi orang yang bekerja di malam hari sangatlah penting dilakukan. Adapun hal-hal yang bisa dilakukan agar pekerja malam dapat menjaga kesehatannya antara lain: mengkonsumsi makanan sehat, tidur sejenak di waktu istirahat, dan berolahraga sebelum bekerja.

Contoh 2
Pengguna internet di negeri ini sudah kian meningkat. Sayangnya, meningkatnya jumlah pengguna tersebut tidak sebanding dengan tingkat kedewasaan penggunanya. Oleh karenanya, sosialisasi penggunaan internet secara dewasa patut untuk dilakukan oleh semua pihak. Adapun bentuk sosialisasi tersebut bisa berupa seminar, video tutorial penggunaan internet secara dewasa, dan sejumlah cara lainnya.

Contoh 3
Informasi di internet saat ini begitu banyak berbtebaran. Hal ini membuat masyarakat awam menjadi bingung dalam menentukan mana berita yang benar dan mana yang tidak. Untuk itu, literasi media patut diberikan kepada khalayak awam di negeri ini. Sebab, dengan adanya literasi media, masyarakat awam bisa lebih pandai dalam menentukan mana berita yang benar dan mana berita yang tidak, sehingga khalayak awam pun tidak perlu kebingungan lagi.

Contoh 4
Buahnya bulat seperti bola. Kulit buahnya keras seperti batu. Inilah buah Kawis yang daging buahnyanya berwarna hitam. Jika diseduh dengan air, rasanya mirip minuman bersoda rasa kola.

Contoh 5
Pemanfaatan rotan biasanya dijadikan sebagai bahan baku mebel, misalnya kursi, meja, dan rak buku. Penggunaan rotan sebagai bahan baku mebel mempunyai kelebihan dan kekurangan. Rotan memiliki beberapa keunggulan daripada kayu, yakni ringan, kuat, mudah dibentuk, dan murah. Kelemahan utama rotan adalah gampang terkena kutu bubuk.

Contoh 6
Ular berbisa biasanya membunuh mangsanya dengan bisanya tersebut. Ular yang tidak berbisa biasanya membunuh mangsanya dengan cara melilit. Jenis ular memang ada yang berbisa dan tidak berbisa. Contoh ular berbisa antara lain kobra dan welang. Sementara itu, boa, piton, dan anakonda termasuk contoh ular yang tidak berbisa. Beberapa jenis ular kerap mempunyai kebiasaan berjemur di bawah terik matahari untuk membantu mencerna makanan.

Contoh 7
Proses ini tidak membutuhkan perkawinan. Dengan kata lain, Amoeba tidak perlu amoeba lainnya untuk berkembang biak. Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Hewan ini memiliki sebuah sel yang disebut dengan inti sel. Sel inilah yang nantinya akan membelah menjadi dua. Sel tersebut akan memisah dan membentuk dua kutub yang saling menjauh.

Contoh 8
Meskipun sudah kedaluwarsa, kandungan bahan kimia pada obat-obatan yang kita konsumsi tidak akan pernah hilang dan justru akan menimbulkan bahaya jika obat-obatan tersebut dibuang ke sembarang tempat. Oleh karena itu, kita sebaiknya jangan membuang obat-obatan yang kedaluwarsa ke sembarang tempat. sebagai gantinya, obat-obatan yang kedaluwarsa tersebut kita kembalikan lagi ke pihak apotek atau rumah sakit untuk mereka hancurkan.

Contoh 9
Akhir-akhir ini, cuaca makin sulit diprediksi. Hal itu pun mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan bagi tubuh kita. Oleh karenanya, kita mesti selalu menjaga kesehatan tubuh kita di tengah-tengah siklus cuaca yang makin sulit diprediksi seperti sekarang. Berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, serta istirahat yang cukup adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Contoh 10
Asupan makanan di pagi hari sangat penting bagi tubuh. Karena, hal tersebut dapat membuat tubuh lebih berenergi, sehingga kita pun bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan optimal. Maka dari itu, sarapan di waktu pagi sangatlah penting bagi tubuh kita. Adapun makanan yang mesti kita santap di waktu sarapan adalah makanan yang sehat dan bergizi, serta cukup mengenyangkan perut kita.

Demikian artikel tentang “Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-Ciri dan Contoh Paragraf Ineratif Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.