Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Karangan Deskripsi Lengkap

Posted on

Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Karangan Deskripsi Lengkap – Karangan Deskripsi adalah salah satu jenis karangan yang menggambarkan suatu objek atau peristiwa dengan sangat jelas sehingga seolah-olah pembaca dapat merasakan, melihat atau mengalami sendiri hal yang dibahas dalam karangan. Biasanya hal yang digambarkan dalam karangan deskripsi merupakan hasil pengamatan panca indera.

Ciri-Ciri Karangan Deskripsi

Adapun ciri-ciri karangan deskripsi, diantaranya yaitu:

  • Karangan menggambarkan suatu objek yang nyata atau dapat diterima oleh panca indera.
  • Karangan menggambarkan suatu objek sejelas-jelasnya sehingga membuat pembaca seolah-olah merasakan atau mengalami sendiri apa yang digambarkan penulis.
  • Karangan bersifat objektif, dengan kata lain penulis menggambarkan suatu objek atau benda secara nyata dan apa adanya, tidak memihak
  • Karangan ditulis dengan metode, impresionistis (subjektif), realistis (objektif) atau sikap penulis.

Tujuan Karangan Deskripsi

Tujuan umum karangan deskripsi yaitu agar pembaca bisa membayangkan atau seolah-olah merasakan atau melihat ke dalam wacana yang diberikan.

Menurut Marahimin (1994), tujuan karangan deskripsi yaitu:

  • Pemberian Arahan
  • Penjelasan akan Suatu Hal
  • Penceritaan Peristiwa
  • Rangkuman

Cara Membuat Karangan Deskripsi

Berikut langkah langkah cara penulisan karangan deskriptif diantaranya yaitu:

  • Menentukan tema karangan
  • Menentukan tujuan
  • Mengumpulkan informasi
  • Membuat kerangka karangan
  • Mengembangkan kerangka karangan
  • Menyunting karangan

Jenis-Jenis Karangan Deskripsi

Berikut beberapa jenis karangan deskripsi diantaranya yaitu:

Karangan Deskripsi Spatial

Karangan deskripsi spatial adalah jenis karangan deskripsi yang menggambarkan objek berupa tempat atau ruang. Penulis menceritakan atau menggambarkan suatu tempat atau ruang berdasarkan kondisi nyata sehingga pembaca dapat membayangkan dengan jelas tempat yang dimaksud.

Karangan deskriptif spasial adalah jenis karangan deskiripsi yang menggambarkan suatu hal atau benda yang berupa ruang atau tempat.

Karangan Deskripsi Realistis

Karangan deskripsi realistis adalah jenis karangan deskriptif yang disampaikan kepada pembaca secara objektif. Cara penyampaian objektif diartikan bahwa apa yang disampaikan kepada pembaca melalui karangan adalah nyata apa adanya. Penulis tidak menuliskan kesan atau pendapat pribadi tentang objek yang diceritakan.

Karangan Deskripsi Impresionatis

Karangan deskripsi impresionatis adalah jenis karangan deskriptif yang menggambarkan suatu objek secara subjektif atau sesuai apa yang dirasakan dan dilihat oleh penulis. Pandangan pembaca tidak terlalu diperhatikan oleh penulis.

Karangan Deskripsi Artistik atau Impresionitik

Karangan deskripsi ini menekankan pada tanggapan emosional yang dirasakan oleh pembaca atau pendengarnya. Saat menulis karangan ini, penulis berusaha untuk memberikan kesan kepada para pembacanya.

Karangan Deskripsi Ekspositori

Karangan deskripsi ini merupakan karangan yang logis, biasanya penulis hanya mendeskripsikan suatu objek sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan olehnya saja tanpa mementingkan tanggapan emosi atau kesan pembaca.

Contoh Karangan Deskripsi

Berikut beberapa contoh Karangan Deskripsi:

1. Contoh Karangan Deskripsi Spasial

Ruang Kelasku

Ruang kelas kami, kelas VII B sangatlah luas dan nyaman. Ruangan itu cukup luas untuk menampung 30 siswa-siswinya dengan panjang yang mencapai 7 meter dan lebar hingga 6 meter. Karena luasnya kelas kami, tidak jarang ruangan ini sering dipakai untuk ruangan rapat oleh guru-guru.

Kelas kami dilengkapi oleh 31 pasang meja dan kursi yang menghadap langsung ke dua buah papan tulis yang cukup besar. Selain itu, kami juga memiliki dua buah lemari yang besar dan diletakkan di samping meja guru dan di belakang tempat duduk siswa yang paling belakang.

Lemari yang berada di depan digunakan untuk meletakkan perlengkapan kelas seperti buku absen, buku cetak dan peralatan menulis seperi spidol, dan penghapus. Sedangkan, lemari yang berada di belakang digunakan untuk menyimpan alat-alat kebersihan seperti sapu, alat pel, ember, dan lain-lain.

Selain luas, kelas kami juga sangat cantik. Kami menghisasi tembok yang berwarna putih itu dengan poster-poster motivasi dan gambar-gambar para pahlwan. Tidak hanya itu, kelas kami pula memiliki beberapa bunga yang diletakkan di meja guru dan di pinggir jendela sehingga kelas kami terlihat sangat indah menawan.

Oleh karena itu, kelas kami sangatlah nyaman sehingga kami dan guru-guru pun betah untuk berlama-lama berada di kelas.

2. Contoh Karangan Deskripsi Realialistis

Sekolahku

Sekolahku, SMAN 2, sangat luas dan hijau. Sekolah tersebut berdiri di sebuah lahan seluas 3 hektar dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang. Sekolah ini terbagi menjadi tiga lokal, yaitu lokal pertama, kedua dan ketiga.

Lokal pertama berdiri gedung yang cukup besar untuk ruang guru dan kepala sekolah. Tepat di sebelah ruang guru ada laboratorium dan perpustakaan. Selain itu, jika kita melewati lorong antara laboratorium dan perpustakaan kita akan menemukan sebuah masjid.

Lokal kedua yang terletak di tengah-tengah merupakan ruangan kelas. Ada sekitar 21 kelas yang tersusun mengelilingi lapangan basket dan lapangan upacara di tengah-tengahnya. Selain ruang kelas, di lokal kedua ini juga terdapat ruangan-ruangan kecil yang diperuntukan untuk kegiatan ekstrakulikuler.

Sedangkan lokal ketiga yang terletak paling belakang terdapat sebuah aula yang sangat besar. Selain itu, di lokal ini juga ada beberapa tempat berolahraga seperti badminton, lompat jauh, tolak peluru, dan lain-lain. Lokal ini juga terapat kantin-kantin yang menjual beberapa makanan seperti soto, nasi uduk, bakso, mie ayam dan lain-lain.

3. Contoh Karangan Deskripsi Impresionatis

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah objek wisata yang tepat bagi para keluarga. Di sana kita bisa melihat miniature Indonesia secara lengkap. Banyak sekali kebudayaan-kebudayaan menarik yang bisa kita jumpai seperti budaya irian jaya, batak, dayak dan masih banyak lagi. Kita bisa berkeliling menikmati pemandangan di sekitar taman sekaligus belajar tentang Indonesia.

Selain memiliki kebudayaan yang lengkap, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai, seperti WC umum, tempat makan, tempat berkumpul dan lain-lain.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika akhir pekan karena saat itulah banyak pengunjung yang datang. Selain itu, setiap akhir pekan juga biasanya diadakan sebuah pawai yang sangat meriah untuk menghibur para pengunjung.

Oleh karena itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah tempat berlibur yang paling menyenangkan bersama keluarga karena selain berlibur kita juga bisa belajar di sana.

Demikian artikel tentang “Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Jenis dan Contoh Karangan Deskripsi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.