Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Eksposisi Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Eksposisi Lengkap – Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi ini bersifat ilmiah atau non fiksi. Sumber paragraf eksposisi bisa diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman.

Pengertian paragraf ekposisi adalah paragraf yang mengandung suatu informasi yang ingin disampaikan kepada para pembacanya. Paragraf eksposisi sangat baik dibaca karena dapat memperluas wawasan pembaca.

Paragraf eksposisi disusun berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian yang jelas, sehingga paragraf ini bersifat ilmiah atau non fiksi dan tidak ragu lagi kebenarannya karena didukung oleh data yang valid.

Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

Adapun ciri-ciri atau karakteristik  paragraf eksposisi, diantaranya yaitu:

  • Memberikan atau menyajikan sebuah informasi kepada pembacanya.
  • Informasi yang ada di dalam paragraf eksposisi disampaikan dengan lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
  • Paragraf tidak menyudutkan atau memihak suatu kelompok. Dengan kata lain, paragraf ini bersifat netral.

Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi dan Contohnya

Berikut beberapa jenis-jenis paragraf eksposisi beserta contohnya, diantaranya yaitu:

Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang menyampaikan informasi berupa definisi atau pengertian dari suatu hal. Berikut contoh paragraf jenis paragraf ekposisi definisi:

Hewan karnivora adalah jenis hewan pemakan daging. Hewan karnivora memiliki ciri-ciri gigi yang sangat tajam dan rahang yang sangat kuat. Gigi dan rahang tersebut digunakan untuk mengoyak-ngoyak daging mangsanya. Contoh hewan karnivora diantaranya adalah harimau, singa, buaya, beruang dan lain sebagainya.

Paragraf Eksposisi Proses

Paragraf ekposisi ini menyampaikan sebuah informasi berupa proses dari suatu hal. Berikut contoh paragraf eksposisi proses:

Air di dunia ini memiliki jumlah yang tetap. Mereka mengalami sebuah proses yang disebut dengan siklus hidrologi. Siklus ini dimulai dengan air di permukaan yang dipanaskan oleh matahari akan menguap dan menjadi awan di langit. Awan-awan tersebut diterbangkan oleh angin ke segala arah dan kemudian menjadi jenuh. Ketika awan-awan tersebut jenuh, maka awan termasuk menjadi hujan sehingga air kembali lagi ke permukaan bumi.

Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf ekposisi klasifikasi adalah paragraf eksposisi yang menyampaikan informasi suau benda atau hal tertentu. Berikut contoh paragraf eskposisi klasifikasi:

Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi ilustrasi adalah paragraf eksposisi yang menyampaikan informasi dengan mengilustrasi sebuah hal. Berikut contoh paragraf eksposisi ilustrasi:
Menjalani rumah tangga ibarat seperti menahkodai sebuah kapal di tengah lautan. Kapal di tengah lautan kadang kala menghadapi ombak yang menerjang. Begitu juga dengan menjalani rumah tangga yang akan menghadapi beberapa cobaan di dalamnya. Jika kita tidak sigap, maka rumah tangga akan hancur seperti kapal yang karam terbawa ombak.

Paragraf Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan

Paragraf eksposisi ini menyampaikan informasi dengan cara membandingkan atau mempertentangkan suatu hal. Berikut contoh paragraf eksposisi perbandingan dan pertentangan:

Gandum merupakan alternative terbaik pengganti nasi. Di dalam gandum terkandung vitamin dan mineral yang tinggi. Selain itu, kadar gula yang ada di dalam gandum lebih sedikit dengan kandungan gula yang ada pada nasi. Oleh karena itu, gandum sangat baik untuk menjadi makanan pokok pengganti nasi bagi para penderita diabetes.

Paragraf Eksposisi Laporan

Paragraf eksposisi ini menyampaikan berita berupa laporan dari suatu perjalanan atau penelitian dan lain sebagainya. Berikut contoh paragraf eksposisi laporan:

Pantai parang tritis sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini terbukti ketika kami berkunjung ke sana sekitar beberapa minggu yang lalu. Ketika kami turun dari bus, kami sudah disuguhi dengan suatu karya yang sangat menakjubkan yaitu pemandangan lautan lepas yang sangat indah. Kemudian kami pula dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang cukup mendukung. Oleh karena itu, pantai ini menjadi pilihan terbaik untuk berlibur.

Demikian artikel tentang “Pengertian Paragraf Eksposisi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Eksposisi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.