Pengertian Pons Otak : Fungsi, Struktur dan Bagian Pons Otak

Posted on

Fungsi Pons Otak – Apa itu pons otak? Apa fungsi dari pons otak? Bagaimana strukturnya?

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas tentang pengertian pons otak, fungsi, struktur dan bagian pons otak secara lengkap.

Baca Juga : Fungsi Otak Manusia

Pengertian Pons Otak

Pons otak merupakan struktur dari batang otak dan letak ponsberada dibagian atas medula oblongata dan dibawah otak tengah. Ukuran panjang pons berkisar 2,5 cm.

Pons dikatakan sebagai batang berisi serabut saraf yang berfungsi menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang juga menghubungkan bagian kanan dan kiri otak kecil kiri. Walaupun ukurannya terbilang cukup kecil, tapi pons berperan sangat penting.

Fungsi Pons Otak

Fungsi pons otak yang paling utama adalah sebagai jalur transfer sinyal antara otak besar dengan sumsum tulang belakang juga otak kecil.

Selain itu, dalam pons otak terdapat saraf kranial yang menunjang fungsi otak pons otak yang lainnya, diantaranya:

  • Saraf trigeminal. Dalam pons ada nukleus sensorik dan motori saraf trigeminal. Fungsi saraf trigeminal adalah mengatur ekspresi dan gerakan pada wajah, juga berperan dalam mengunyah dan menelan.
  • Saraf abdusen, yaitu saraf yang berfungsi untuk mengatur gerakan mata.
  • Saraf fasial, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengendalikan otot-otot wajah, sehingga dapay tersenyum, mengangkat alis juga menunjukkan berbagai ekspresi wajah.
  • Serabutvestibulocochlear, yaitu saraf kranial yang berfungsi untuk mengatur transmisi suara dari telinga ke otak dan membantu menjaga keseimbangan serta koordinasi tubuh.

Selain itu, pons juga berperan dalam mengatur fungsi tak sadar seperti pernapasan. Dalam pons ada yang disebut sistem retikular yang berfungsi mengatur siklus tidur manusia.

Struktur dan Bagian Pons Otak

Struktur dan bagian-bagian pons otak, diantaranya:

Secara umum, terdapat pons dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian utama, yaitu basilar pons dan pontine tegmentum.

Basilar Pons

Ini merupakan bagian yang terletak dibagian ventral, fungsi basilar pons berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.

Baca Juga : Fungsi Batang Otak

Pontine Tegmentum

Ini merupakan bagian yang terletak dibagian dorsal, fungsi pontine tegmentum berhubungan dengan sistem homeostasis dan lintasan refleks.

Selain itu, terdapat sejumlah nukleus saraf dalam pons yang berperan penting dalam tubuh, antara lain:

  • Nukleus Sensorik dan Motorik dari nervus trigeminal.
  • Nukleus nervus abdusen.
  • Nukleus nervus fasial.
  • Nukleus nervus vestibulocochlear.

Sekaun nukleus saraf, pons juga menjadi muara untuk sejumlah saraf kranial. Berikut ini beberapa saraf kranial pons otak diantaranya:

  • Saraf trigeminus (trigeminal) , yaitu saraf kranial terbesar yang mengatur gerak mengunyah dan sensasi pada wajah.
  • Saraf abdusen, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengatur abduksi mata.
  • Saraf fasialis, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengatur gerakan wajah dan ekspresi.
  • Saraf vestibulokoklearis, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengatur pendengaran dan keseimbangan. Selain itu, fungsi bagian batang otak ini juga membantu merasakan sensasi sentuhan dan menelan.

Pons juga berperan dalam pernapasan dengan membantu sumsum lanjutan mengontrol laju pernapasan. Selain itu juga terlibat dalam mengendalikan siklus tidur dan mengatur tidur nyenyak; pons mengaktifkan pusat penghambatan pada sumsum lanjutan yang menghambat pergerakan saat tidur.

Baca Juga : Pengertian Otak Besar

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian pons otak, fungsi, struktur dan bagian pons otak secara lengkap. Semoga bermanfaat