Pengertian Kabut, Proses Terbentuknya, Macam-Macam dan Manfaat Kabut Lengkap

Posted on

Pengertian Kabut, Proses Terbentuknya, Macam-Macam dan Manfaat Kabut Lengkap – Kabut adalah uap air yang berada dekat permukaan tanah berkondensasi dan menjadi mirip awan. Hal ini biasanya terbentuk karena hawa dingin membuat uap air berkondensasi dan kadar kelembapan mendekati 100%.

Kabut merupakan kumpulan tetesan air yang sangat berukuran sangat kecil dan melayang-layang di udara. Kabut mirip dengan awan, akan tetapi kabut menyentuh tanah sedangkan awan tidak. Kabut biasanya terlihat didaerah yang dingin atau daerah dataran tinggi.

Tempat yang paling berkabut di dunia yaitu Grand Banks di lepas pantai pulau Newfoundland, Kanada. Hal ini terjadi karena tempat tersebut merupakan pertemuan arus Labrador yang dingin dari utara dengan arus Teluk yang hangat dari selatan. Daratan yang paling berkabut di dunia terletak di Point Reyes, California dan Argentia, Newfoundland, yang diselimuti kabut lebih dari 200 hari dalam setahun.

Proses Terbentuknya Kabut

Uap air yang berada di dekat permukaan tanah membentuk gumpalan yang hampir mirip seperti awan. Kabut tersebut tersusun dari butiran-butiran air yang menguap dari permukaan bumi yang berdiameter kurang dari 0,1 milimeter. Namun , ada juga kabut yang mengandung butiran-butiran air yang diameternya lebih dari 0,1 milimeter. Butiran-butiran air tersebut kemudian mengambang di atmosfer dengan ketinggian kurang dari 1.000 meter dari permukaan bumi.

Agar kabut terbentuk, uap lembab harus meninggalkan udara dan melakukan proses mengembun. Saat udara didinginkan, kabut mulai terbentuk. Syarat terbentuknya kabut berikutnya yaitu udara yang sejuk bercampur dengan udara yang kurang sejuk (sebagai akibat dari aliran udara). Jika aliran udaranya rendah, proses pendinginan hanya berlangsung di sekitar permukaan tanah dan membentuk embun. Saat aliran udara meningkat dengan cepatnya, proses pendinginan berlangsung di tempat yang tinggi dan membentuk awan. Jadi, aliran udara yang mencampurkan udara dingin ke udara yang lebih hangat harus mengalir secara perlahan agar kabut terbentuk.

Macam-Macam Kabut

Berikut beberapa macam jenis kabut diantaranya yaitu:

Kabut Advection
Kabut advection atau kabut adveksi adalah kabut yang terbentuk dari aliran udara yang melewati suatu permukaan yang bersuhu tidak sama. Salah satu contoh kabut jenis ini yaitu kabut laut yang terjadi saat udara basah dan hangat mengalir di atas permukaan yang dingin. Kabut laut sering muncul di sepanjang pesisir pantai dan tepian danau.

Salah satu jenis lain dari kabut ini disebut kabut uap. Kabut ini berasal dari aliran udara dingin yang melalui air hangat. Uap air dari hasil penguapan permukaan air secara konstan bertemu dengan udara dingin. Saat udara mencapai titik jenuhnya, kelebihan uap air dengan cepat mengembun menjadi kabut yang berasal dari penguapan permukaan air. Kabut uap ini sering terlihat ketika udara dingin bertiup di atas danau yang luas dan bertiup di atas danau yang hangat.

Kabut Frontal
Kabut frontal adalah kabut yang terbentuk dari pertemuan antara dua massa udara yang berbeda suhunya. Kabut ini terbentuk saat hujan turun dari massa udara yang hangat ke massa udara yang dingin dimana uap air menguap. Hal tersebut menyebabkan uap air oleh udara dingin melewati titik jenuh.

Kabut Radiasi
Kabut radiasi adalah kabut yang terbentuk saat malam tenang dan bersih, saat tanah memancarkan kembali panas ke udara. Satu lapis kabut terbentuk di seluruh permukaan tanah dan secara berkala bertambah tebal. Kabut radiasi biasa muncul di lembah-lembah yang dalam.

Kabut Gunung
Kabut gunung adalah kabut yang terbentuk saat uap air bergerak ke atas melewati lereng gunung. Udara dingin bergerak ke atas lereng sehingga tidak mampu menahan uap air. Titik-titik kabut tersebut kemudian terbentuk di sepanjang lereng gunung.

Selain kabut diatas, adapula jenis kabut yang lain diantaranya yaitu:

  • kabut angin
  • kabut basah
  • kabut es
  • kabut lembah
  • kabut uap
  • kabut udara tropis

Manfaat Kabut

Berikut ini beberapa manfaat kabut diantaranya yaitu:

  • Melembapkan kulit
  • Mempercepat pertumbuhan tanaman
  • Menjaga kelembapan udara
  • Menyejukkan udara

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Kabut, Proses Terbentuknya, Macam-Macam dan Manfaat Kabut Lengkap“, semoga bermanfaat.