Pengertian Pankreas : Fungsi, Struktur Anatomi, Gambar, Gangguan dan Penyakit Pada Pankreas

Posted on

Fungsi Pankreas – Apa yang dimaksud dengan pankreas? Apa itu pankreas dan insulin? Apa fungsi pankreas? Di mana letak pankreas? Apa yang terjadi jika pankreas tidak berfungsi? Apakah peranan kelenjar pankreas dalam proses pencernaan makanan?

Baca Juga : Fungsi Kantung Empedu

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian pankreas, fungsi, struktur anatomi, gambar, ganggguan dan penyakit pada pankreas secara lengkap.

Pengertian Pankreas

Pankreas merupakan organ pada sistem pencernaan yang mempunyai dua fungsi utama yaitu fungsi eksorin, yakni fungsi untuk mengasilkan enzim pencernaan dan fungsi endokrin, yakni fungsi untuk menghasilkan sejumlah hormon.

Letak pankreas berada di perut bagian atas yang memanjang ke arah kiri (di belakang lambung di bagian belakang perut), bagian kepalanya nampak menempel pada duodenum. Bagian ekor atau badan pankreas merupakan bagian tersempit pankreas yang terletak di bagian kiri perut disamping limpa. Pankreas merupakan kelenjar dengan panjang sekitar 12-15 cm dan lebar sekitar 4 cm.

Fungsi Pankreas

Secara umum, fungsi pankreas adalah:

  • Sebagai kelenjar eksorin atau kelenjar yang mensekresikan zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah
  • Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat tertentu melalui pembuluh darah
  • Sebagai penghasil berbagai protease seperti tripsin, amilase dan lipase dalam membantu proses pencernaan.
  • Menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan
  • Menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh
  • Untuk metabolisme baik anabolisme atuapun katabolisme gula dan bentuk lainnya.

Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin

Ketika makanan keluar dari lambung akan langsung menuju ke duodenum, duodenum menghasilkan hormon Kolesistokinin yang berfungsi merangsang pankreas mengeluarkan getah pankreas melalui duktus pankreatikus. Enzim pencernaan (getah pankreas) dihasilkan oleh Asini, Asini yakni kumpulan sel Pankreas. Kandungan getah pankreas antara lain NaCHO3, Lipase, Tripsinogen, Amilase, enzim Karbohidrase. Intinya fungsi pankreas sebagai organ eksorin yaitu:

  • Menetralkan pH makanan yang masuk ke dalam agar tetap basa.
  • Menghasilkan enzim yang berperan dalam proses pencernaan makanan masuk ke usus halus yang dimana enzim-enzim tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap tubuh.

Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin

Pankreas manusia memiliki langerhans yang berperan dalam menjalankan fungsi endokrin pankreas. Langerhans adalah kelompok sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang banyak terdapat pembuluh darah dan menyusun 1%-2% dari seluruh masa pankreas.

Langerhans ini terbagi menjadi 4 jenis sel yang tiap selnya menghasilkan hormon dengan fungsi berbeda, diantaranya:

Sel Alfa Pankreas

Ini merupakan sel yang berfungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon adalah untuk meningkatkan kadar gula dalam darah dan memecah cadangan gula dalam hati lalu dibawa ke darah.

Baca Juga : Fungsi Usus 12 Jari

Sel Beta Pankreas

Ini merupakan sel yang berfungsi menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah, apabila kadar gula dalam darah tinggi, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Apabila hormon insulin tidak ada atau kurang, maka manusia akan terkena penyakit diabetes militus.

Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas)

Ini merupakan sel yang berfungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida pankreas adalah untuk memperlambat penyerapan makanan. Akan tetapi, fungsi utama dari Sel F belum diketahui secara pasti.

Sel Delta Pankreas

Ini merupakan sel yang berfungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon somatostatin adalah untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, juga menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas.

Jadi, fungsi pankreas sebagai organ endokrin secara umum adalah mengontrol kadar gula dalam darah.

Struktur Bagian Pankreas

Gambar Anatomi Pankreas

Struktur bagian utama pada pankreas, terdiri atas:

Kepala Pankreas

Kepala pankreas adalah bagian yang terlihat menempel pada usus halus, bagian ini merupakan bagian terluas dari pankreas.

Leher Pankreas

Leher pankreas adalah bagian pankreas yang berukuran panjang sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala serta badan pankreas.

Badan Pankreas

Badan pankreas adalah bagian yang berada diantara leher serta ekor pankreas, bagian ini merupakan bagian terpenting pada pankreas.

Baca Juga : Fungsi Usus Besar

Ekor Pankreas

Ekor pankreas adalah bagian meruncing yang terdapat pada perut kiri. Bagian ini merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.

Saluran Pankreas

Saluran pankreas (Duktus Pankreatikus) menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan bermuara di usus 12 jari (duodenum). Saluran pankreas mengeluarkan beberapa enzim dari pankreas dalam membantu sistem pencernaan.

Gangguan dan Penyakit Pada Pankreas

Berikut ini beberapa gangguan dan penyakit yang dapat menyerang pankreas, diantaranya:

Kanker Pankreas

Sering kali, kanker pankreas dikaitkan dengan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras, selain itu kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kanker pankreas adalah diabetes, pankreatitis kronis, masalah hati juga infeksi perut.

Gejala kanker pankreas tidak muncul hingga tahap kanker stadium lanjut, sehingga seringkali penderita terlambat mengobatinya. Gejala kanker pankreas, antara

  • Nyeri pada perut bagian atas karena tumor yang menekan saraf.
  • Ikterus atau penyakit kuning, yaitu menguningnya kulit dan mata tanpa rasa sakit dan air urine berwarna gelap.
  • Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.
  • Penurunan berat badan yang signifikan dan badan terasa sangat lemas.
  • Tinja acholic yakni kndisi dimana tinja memiliki warna seperti tanah liat dan steatorrhea atau kelebihan lemak dalam tinja.

Pankreatitis

Pankreatitis merupakan kondisi yang ditandai dengan peradangan pankreas akut dan kronis. Peradangan tersebut bisa terjadi apabila saluran utama pankreas tersumbat oleh batu empedu atau tumor.

Baca Juga : Fungsi Usus Halus

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian pankreas, fungsi, struktur anatomi, gambar, ganggguan dan penyakit pada pankreas secara lengkap. Semoga bermanfaat