Pengertian Nodus Limfa, Fungsi, Struktur Anatomi dan Bagian Nodus Limfa Lengkap

Posted on

Pengertian Nodus Limfa, Fungsi, Struktur Anatomi dan Bagian Nodus Limfa Lengkap – Nodus limfa adalah salah satu komponen sistem limfatik yang bisa ditemukan pada tubuh manusia. Nodus limfa merupakan filter untuk partikel asing dan berisi sel darah putih. Nodus limfa berfungsi sebagai filter,dengan jaringan konektif retikular dan limfosit yang mengumpulkan dan menghancurkan bakteri dan virus. Saat tubuh melawan infeksi, limfosit bertambah dengan deras.

Bentuk nodus limfa seperti kacang kecil, nodus limfa berukuran sekitar 1-2 cm, manusia biasanya memiliki sekitar 500-600 nodus limfa. Nodus Limfa tersebar secara luas di seluruh tubuh, beberapa diantaranya bisa dilihat contohnya tonsil namun kebanyakan tidak bisa dilihat, hanya bisa diraba saat ada infeksi di tubuh kita. Bagian tubuh yang terdapat banyak nodus limfa diantaranya yaitu bagian dada, leher, ketiak dan perut. Nodus limfa yang satu dengan yang lain dihubungkan oleh struktur yang disebut pembuluh limfa.

Fungsi Nodus Limfa

Nodus Limfa berfungsi membantu sistem imun untuk melawan infeksi, bagian utama nodus limfa mengandung sel darah putih yang juga merupakan bagian dari kekebalan tubuh. Sel darah putih berfungsi untuk melawan antigen atau zat asing yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, nodus limfa juga berfungsi membantu melakukan penyaringan terhadap sampah selular, sel yang sudah mati dan sel yang dapat berbahaya bagi tubuh, Hasil penyaringan tersebut kemudian akan dibawa melalui pembuluh darah untuk kemudian dibuang keluar tubuh.

Struktur Anatomi dan Bagian-Bagian Nodus Limfa

Nodus limfa dikelilingi oleh kapsul fibrosa yang terdiri dari jaringan ikat. 2 bagian utama nodus limfa yaitu korteks dan medula. Pada korteks terdapat sel limfosit B dan juga sel limfosit T dan pada medula terdapat plasma sel, makrofag dan sel limfosit T. Antara satu limfa dengan limfa yang lainnya dihubungkan oleh pembuluh limfa, struktur yang mirip dengan pembuluh darah.

Nodus limfa terdiri dari 4 bagian utama, yaitu :

Kapsul Nodus Limfa
Kapsul nodus limfa adalah bagian terluar dari nodus limfa yang berfungsi untuk melindungi bagian dalamnya. Kapsul tersebut terdiri atas jaringan ikat yang tidak beraturan dan serat kolagen tipis, keduanya bersama-sama membentuk struktur seperti membran.

Subkapsula Nodus Limfa
Subkapsula Nodus Limfa adalah bagian nodus limfa berupa ruangan untuk memudahkan pergerakan cairan limfa. Subkapsula nodus limfa ini juga sering disebut dengan sinus limfa atau sinus marginal. Bagian limpa ini penting dalam mendeteksi tahap awal tumor yang tumbuh pada nodus limfa.

Korteks Nodus Limfa
Korteks adalah bagian utama limpa yang terletak setelah subkapsula. Bagian luar korteks disusun oleh sel limfosit B yang membentuk folikel. Sedangkan bagian dalam korteks disusun oleh sel limfosit T. Kedua bagian tersebut berperan penting saat terjadinya infeksi.

Medulla Nodus Limfa
Medula adalah bagian terdalam dari nodus limfa yang terdiri dari pembuluh darah, saluran sinus dan struktur seperti batang berisi sel yang mensekresikan antibodi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Nodus Limfa, Fungsi, Struktur Anatomi dan Bagian Nodus Limfa Lengkap .Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.