Pengertian Karir, Aspek, Faktor dan Bentuk Pengembangan Karir Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Karir, Aspek, Faktor dan Bentuk Pengembangan Karir Menurut Para Ahli Lengkap – Secara etimologi, Karier berasal dari bahasa Belanda yaitu Carriere yang berarti perkembangan an kemajuan pekerjaan seseorang.

Pengertian karir atau karier adalah urutan, status, jenjang dan pengalaman pekerjaan, jabatan atau posisi seseorag baik di perusahaan, organisasi maupun pekerjaan sambilan sehingga menuntut tanggung jawab dan kemampuan kerja yang lebih baik.

Selain itu, karir dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pekerjaan berkelanjutan dan melibatkan pilihan dari berbagai kesempatan yang terjadi akibat interaksi individu dengan organisasi dan lingkungan sosialnya.

Pengertian Karir Menurut Para Ahli

Rachman dan Savitri (2009)

Menurut Rachman dan Savitri, Karir adalah urutan dari kegiatan dan perilaku yang terkait dengan kerja dan sikap, nilai dan aspirasi yang terkait sepanjang masa hidup seseorang.

Gibson dkk (1995:305)

Menurut Gibson dkk, Karir adalah rangkaian sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengalaman dan aktivitas kerja selama rentang waktu kehidupan seseorang dan rangkaian aktivitas kerja yang terus berlanjut.

Soetjipto dkk (2002:276)

Menurut Soetjipto dkk, Karir adalah bagian dari perjalanan hidup seseorang bahkan bagi sebagian orang merupakan suatu tujuan hidup.

Wilson (2012)

Menurut Wilson, Karir adalah keseluruhan pekerjaan tang kita lakukan semala kita hidup baik itu dibayar maupun tidak.

Corey (2006)

Menurut Corey, Karir adalah seluruh kehidupan kerja kita. Setiap jenjang karir yang kita tempuh mungkin terdiri dari satu atau beberapa jabatan yang semakin meningkat seiring dengan pengalaman kerja kita.

Dalil S (2002:277)

Menurut Dalil S, Karir adalah suatu proses yang sengaja diciptakan perusahaan untuk membantu karyawan agar membantu pertisipasi ditempat kerja.

Glueck (1997:134)

Menurut Glueck, Karir Individuadalah urutan pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan yang dialami seseorang selama masa kerjanya.

Ekaningrum (2002:258)

Menurut Ekaningrum, Karir digunakan untuk menjelaskan orang-orang pada masing-masing peran atau status. Karir adalah semua jabatan (pekerjaan) yang mempunyai tanggung jawab individu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, Karir adalah perkembangan dan kemajuan baik pada kehidupan, pekerjaan atau jabatan seseorang. Biasanya pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang mendapatkan imbalan berupa gaji maupun uang.

Aspek Perencanaan Karir

Menurut Winkel & Hastuti (2006), terdapat 3 (tiga) aspek dalam perencanaan karir diantaranya yaitu:

a. Pengetahuan dan pemahaman diri sendiri, yaitu pengetahuan dan pemahaman akan bakat, minat, kepribadian, potensi, prestasi akademik, ambisi, keterbatasan dan sumber yang dimiliki.

b. Pengetahuan dan pemahaman dunia kerja, yaitu pengetahuan akanĀ  syarat dan kondisi yang dibutuhkan untuk sukses dalam suatu pekerjaan, keuntungan dan kerugian, kompensasi, kesempatan dan prospek kerja di berbagai bidang dalam dunia kerja.

c. Penalaran yang realistis akan hubungan pengetahuan dan pemahaman diri sendiri dengan pengetahuan dan pemahaman dunia kerja, yaitu kemampuan untuk membuat penalaran realistis dalam merencanakan atau memilih bidang kerja dan/atau pendidikan lanjutan yang mempertimbangkan pengetahuan dan pemahaman diri yang dimiliki dengan pengetahuan dan pemahaman dunia kerja yang tersedia.

Faktor Pengembangan Karir

Pengertian pengembangan karier (career development) adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status seseorang dalam suatu organisasi pada jalur karir yang telah ditetapkan dalam organisasi.

Menurut Siagian (2006:215), terdapat tujuh faktor yang mempengaruhi pengembangan karir seseorang, diantaranya yaitu:

  • Prestasi kerja yang memuaskan dari apa yang dipercayakan padanya.
  • Pengenalan oleh pihak lain.
  • Kesetiaan pada organisasi.
  • Pembimbing dan sponsor.
  • Dukungan para bawahan.
  • Kesempatan untuk bertumbuh.
  • Berhenti atas permintaan dan kemauan sendiri.

Bentuk Pengembangan Karir

Umumnya bentuk pengembangan karir yang dipilih perusahaan atau organisasi, diantaranya yaitu:

Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan dan pelatihan adalah suatu kegiatan perusahaan yang dimaksudkan untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan para pegawai sesuai keinginan dari perusahaan yang bersangkutan.

Promosi
Promosi adalah suatu perubahan posisi atau jabatan dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi, perubahan ini biasanya akan diikuti dengan meningkatnya tanggung jawab, hak, serta status sosial seseorang.

Mutasi
Mutasi adalah bagian dari proses kegiatan yang bisa mengembangkan posisi atau status seseorang dalam suatu organisasi. Mutasi juga diartikan sebagai perubahan jabatan dalam organisasi.

Demikian penjelasan tentang “Pengertian Karir, Aspek, Faktor dan Bentuk Pengembangan Karir Menurut Para Ahli Lengkap” Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.