Pengertian Dan Cara Menulis Resensi Novel Terlengkap

Posted on

Menulis Resensi

Resensi adalah tulisan yang menyajikan sejumlah informasi tentang sebuah buku (biasanya menginformasikan tentang keunggulan dan kelemahan buku yang diresensi). Resensi dengan objek buku atau resensi buku harus memuat hal-hal berikut.

resensi

  1. Identitas buku yang meliputi judul buku, name pengarang, nama penerbit, tempat, dan tahun terbit.
  2. Macam atau jenis buku yang berisi informasi tentang jenis buku yang diresensi.
  3. Menyajikan keunggulan buku berupa unsur-unsur yang menarik dari buku yang diresensi. Penulis resensi dapat mengulas hal-hal berikut.
  4. Organisasi buku yang meliputi, kerangka buku dan hubungan antarbagian (bab) dalam buku.
  5. Isi buku yang mengulas tentang hal-hal yang disampaikan dalam buku tersebut. Jika yang diresensi buku sastra, peresensi akan mengulas unsur intrinsik dan ekstrinsik buku tersebut.
  6. Bahasa yang digunakan untuk menyampaikan materi atau cerita dalam buku yang diresensi,
  7. Menyajikan kelemahan bukg, misainya cacat fisik buku dan kelemahan sistematik, pembahasan, konsep, atau jalan cerita yang disajikan dalam buku.
  8. Setelah selesai meresensi, peresensi memberikan peniiaian terhadap buku yang diresensinya. Agar nilai yang diberikan benar-benar valid, peresensi dapat membandingkan buku yang diresensinya dengan buku-buku sejenis lainnya.

Resensi dapat disusun dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Membaca dan memahami isi buku yang akan diresensi.
  2. Menyampaikan atau menyajikan fisik buku tersebut, seperti judul, pengarang, harga buku, penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman.
  3. Menggambarkan isi buku secara keseluruhan bab per bab, termasuk maksud dan tujuan penulisan buku.
  4. Membahas atau mengkritik fisik buku tersebut, baik dari segi redaksi, desain gratis (pemilihan huruf maupun ukuran huruf atau point font), perwajahan atau layout, maupun sampul atau cover.
  5. Memberi pendapat tentang keunggulan dan kelemahan isi buku tersebut. Apabila yang diresensi buku-buku fiksi, perlu diulas baik unsur intrinsik, seperti: tema, tokoh, penokohan, aiur, latar, amanat, serta bahasa, maupun unsur ekstrinsik, seperti: nilai sosial, budaya, pendidikan, serta pandangan hidup pengarang.
  6. Mengajak pembaca untuk membaca buku tersebut beserta manfaat yang akan didapatkannya.

Menulis Resensi Novel

Sebelum membuat resensi sebuah novel, Anda harus memperhatikan hal-hal dalam menyusun resensi novel berikut ini.

  1. Membaca novel dengan cermat.
  2. Menceritakan identitas novel secara lengkap.
  3. Memberikan peniiaian secara objektif dan kritis.
  4. Memperhatikan unsur-unsur yang harus dinilai, meliputi unsur intrinsik dan ekstrinsik novel tersebut.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Cara Melengkapi Karya Tulis Dengan Daftar Pustaka Dan Membuat Catatan Kaki. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya: