31 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Mengetahui Pendapat Para Ahli tentang Definisi Bahasa dan Fungsinya Lengkap

Bahasa adalah sebuah sarana yang digunakan oleh makhluk hidup untuk berinteraksi sosial dengan sesama baik sesama jenis maupun bukan sejenisnya. Bahasa merupakan sebuah kunci popok dalam kehidupan manusia, karena dengan bahasa seseorang dapat dengan mudah berinteraksi dengan sesama.

Secara etimologi bahasa berasal dari bahasa sanskerta yaitu भाषा, bhāṣā. Dapat diartikan bahwa bahasa adalah sebuah lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan orang atau anggota masyarakat untuk dapat bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik dan sopan.

Pengertian Bahasa Menurut Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pendapat yang di kemukakan oleh para ahli mengenai definisi bahasa.

  1. Menurut DEPDIKNAS 2005
    Bahasa adalah sebuah ucapan yang berasal dari perasaan serta pikiran manusia yang disampaikan secara teratur dengan memakai bunyi sebagai mediumnya.
  2. Menurut kamus Linguistic
    Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh masyarakat dalam berinteraksi, mengidentifikasi diri, serta bekerjasama.
  3. Menurut Fodor
    Bahasa merupakan sistem tanda serta simbol yang saling berhubungan dengan memiliki sifat yang konvensional dimana mempunyai sifat ataupun ciri-ciri tertentu yang dipunyai pada situasi atau benda yang dimaksud tersebut.
  4. Menurut Bolinger
    Bahasa merupakan sistem fonem yang terbentuk karena perbedaan bunyi, sintaksis, serta sistem morfem untuk dapat mengungkapkan makna yang ada hubungannya dengan dunia luar, dunia luar yang dimaksud adalah kenyataan.
  5. Menurut Felicia
    Bahasa merupakan alat yang dipakai untuk berkomunikasi dan dapat berupa tulis ataupun tulisan.
  6. Menurut Owen
    Bahasa ialah sebuah sistem konvensional untuk menyampaikan konsep dengan melalui manfaat dari berbagai simbol yang diinginkan serta untuk mengkombinasikan segala simbol yang diatur dan juga mempunyai suatu ketentuan.
  7. Menurut Carrol
    Bahasa adalah sistem berstruktural tentang bunyi serta urutan bunyi bahasa yang bersifat manasuka, yang dipakai ataupun dapat digunakan untuk berkomunikasi antar sesama sekelompok manusia dan secara agak tuntas untuk memberi nama kepada berbagai jenis benda, peristiwa, serta proses yang ada dalam lingkungan hidup umat manusia.
  8. Menurut Harimurti Kridalaksana
    Bahasa adalah sistem bunyi yang memiliki makna serta digunakan dalam berkomunikasi antar sesama umat manusia.
  9. Menurut Saussure
    Bahsa adalah sebuah objek pada semiologi
  10. Menurut MC.Carthy
    Bahasa adalah praktik yang sangat tepat untuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berpikir.
  11. Menurut William A. Haviland
    Bahasa ialah sistem bunyi yang ketika digabungkan menurut aturan akan dapat menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang sedang berbicara dengan menggunakan bahasa tertentu.
  12. Menurut Tarigan
    Bahasa merupakan sistem yang tersusun secara sistematis yang kemungkinan dipakai pada sistem generatif serta menjadi lambang atau simbol yang arbitrer.
  13. Menurut Santoso
    Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dikeluarkan melalui pengucapan manusia dalam saat kondisi sadar.
  14. Menurut Mackey
    Bahasa merupakan bentuk serta keadaan ataupun sistem lambang bunyi yang arbitrer atau berasal dari tatanan yang terdapat didalamnya berbagai sistem.
  15. Menurut Wibowo
    Bahasa adalah sistem persimbolan bunyi yang mempunyai berbagai makna dan artikulasi yang dihasilkan alat ucap secara arbitrer serta konvensional yang digunakan untuk alat berkomunikasi kepada sekelompok umat manusia supayat melahirkan perasaan dan juga pikiran
  16. Menurut Walija
    Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang sangat lengkap serta efektif guna untuk menyampaikan pesan, perasaan, maksud, ide, dan pendapat untuk orang lain.
  17. Menurut Syamsuddin
    Pengertian bahasa menurut syamsuddin adalah alat yang digunakan dalam membentuk perbuatan, pikiran, perasaan, serta keinginan dimana menggunakan alat untuk mempengaruhi dan dipengaruhi.
  18. Menurut Pengabean
    Pengertian bahasa menurut Pengabean, bahasa merupakan sistem yang dipakai untuk melaporkan serta menyampaikan segala yang berproses pada sistem saraf.
  19. Menurut Soejono
    Soejono berpendapat bahwa pengertian bahasa merupakan sarana untuk menghubungkan rohani yang penting dalam kehidupan secara bersama.
  20. Menurut Gorys Keraf
    Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi satu sama lain dan berupa simbol bunyi yang berasalkan dari alat ucap yang dimiliki manusia.
  21. Menurut Finoechiaro
    Bahasa merupakan sistem simbol vokal yang arbitrer serta dapat memungkinkan semua orang untuk berada dalam suatu kebudayaan tertentu ataupun orang lain yang akan mempelajari sistem kebudayaan tersebut yaitu dengan cara berkomunikasi ataupun berinteraksi.
  22. Menurut Harun Rasyid, Mansyur dan Suratno
    Bahasa ialah struktur serta makna yang terbebas dari penggunanya sebagai sebuah tanda guna menyimpulkan maksud dan tujuannya.
  23. Menurut Hasan Alwi
    Bahasa merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer dimana dapat untuk dimanfaatkan semua orang dalam berinteraksi, bekerjasama, serta mengenali diri terhadap percakapan yang baik serta tingkah laku dan sopan santun.
  24. Menurut Bill Adams
    Bahasa merupakan sistem pengembangan psikologi setiap individu dalam konteks yang intersubjektif.
  25. Menurut Wittgenstein
    Bahasa ialah sebuah bentuk pemikiran yang dapat untuk dipahami serta mempunyai suatu hubungan dengan kenyataan, memiliki struktur, serta bentuk yang logis.
  26. Menurut D.P. Tambulan
    Bahasa ialah suatu cara guna memahami pikiran dan perasaan manusia serta untuk menyatakan isi dari pikiran dan perasaan tersebut.
  27. Menurut Ferdinand De Saussure
    Bahasa merupakan salah satu ciri yang menjadi pembeda, hal ini karena dengan memakai bahasa maka setiap kelompok yang ada pada masyarakat dapat menjadi dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain.
  28. Menurut Plato
    Bahasa adalah pernyataan yang ada pada pikiran seseorang dengan memakai perantaraan rhemata (ucapan) serta onomata (nama benda atau sesuatu) yang merupakan cerminan ide seseorang dalam arus udara dengan melalui media yaitu mulut.
  29. Menurut Bloch dan Trager
    Bahasa mempunyai struktur yang tersusun secara teratur tentang bunyi serta urutan bunyi bahasa yang mempunyai sifat manasuka serta dengan sistem tersebut sebuah kelompok sosial untuk bekerja sama.
  30. Menurut Sudaryono
    Bahasa merupakan sarana berkomunikasi secara efektif meskipun masih tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa tersebut dapat menjadi suatu sarana komunikasi yang menjadi sumber dari kesalahpahaman.
  31. Menurut KBBI
    Bahasa merupakan sistem bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, dan mengidentifikasi diri.

Fungsi Bahasa

Setelah memahami pengertian dari bahasa, berikut ini merupakan beberapa fungsi bahasa jika dilihat dari tujuan penggunaanya.

  1. Tujuan Praktis, berfungsi untuk melakukan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Tujuan artistik, merupakan bahasa yang diolah dan di rangkai dengan indah dan berfungsi sebagai media pemuas rasa estetis manusia
  3. Tujuan pembelajaran, merupakan media untuk mempelajari berbagai pengetahuan, baik yang berada pada lingkup bahasa sendiri atau diluar bahasa.
  4. Tujuan filologis, berfungsi untuk mempelajari naskah-naskah tua yang berguna menyelidiki latar belakang sejarah manusia, kebudayaan dan adat-istiadat, serta perkembangan bahasa.
  5. Tujuan pendidikan, berfungsi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam bidang teknologi, bahasa digunakan pada konsep kecerdasan buatan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli dan Fungsinya  . Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca .  Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.