22 Pengertian Politik Menurut Para Ahli dan Tujuan Politik Lengkap

Posted on

22 Pengertian Politik Menurut Para Ahli dan Tujuan Politik Lengkap Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang diantaranta berwujud proses pembuatan keputusan khususnya dalam negara. Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu Politikos yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara).

Dilihat dari sudut pandang berbeda, terdapat definisi politik yang lain, antara lain:

  • Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles).
  • Politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah dan negara.
  • Politik adalah kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • Politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik

Upaya penggabungan dari berbagaidefinisi politik yang berbeda mengenai hakikat politik yang disebut dengan ilmu politik. Adapun Tujuan Politik, antara lain:

  • Mengusahakan kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintaha dapat diperoleh, dikelola, dan diterapkan atau digunakan sesuai dengan norma hukum yang berlaku.
  • Mengusahakan kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintahan sebisa mungkin diperoleh, dikelola, dan diterapkan menurut kaidah-kaidah demokrasi.
  • Mengusahakan  kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintahan sebisa mungkin diperoleh, dikelola, dan diterapkan dalam kerangka mempertahankan prinsip NKRI

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Roger F.Soltau

Menurut Roger F.Soltau, Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang Negara,tujuan-tujuan Negara, dan lembaga-lembaga Negara yang akan melaksanakan tujuan tersebut dan hubungan antara Negara dengan warga negaranya serta Negara lain.

Andrew Heywood

Menurut Andrew Heywood, Politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan serta mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang artinya tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerjasama.

W.A Robson

Menurut W.A Robson, Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan dalam masyarakat, yakni sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil.

Robert

Menurut Robert, Politik adalah seni memerintah dan mengatur masyarkat manusia.

Harold Laswell

Menurut Harold Laswell, Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan.

Paul Janet

Menurut Paul Janet, Politik adalah ilmu yang mengatur perkembangan Negara dan juga prinsip-prinsip pemerintahan.

F.Isjwara

Menurut F.Isjwara, Politik adalah salah satu perjuangan untuk mendapatkan kekuasaan atau sebagai teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan.

Ramlan Surbakti

Menurut Ramlan Surbakti, Politik adalah proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk menentukan kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Cheppy H.Cahyono

Menurut Cheppy H.Cahyono, Politik adalah macam-macam kegiatan dalam sistem politik atau Negara yang menyangkut dengan proses menentukan dan sekaligus melaksanakan tujuan-tujuan sistem tersebut.

Carl Schmidt

Menurut Carl Schmidt, Politik adalah suatu dunia yang didalamnya orang-orang lebih membuat keputusan-keputusan daripada lembaga-lembaga yang abstrak.

Kartini Kartolo

Menurut Kartini Kartolo, Politik adalah aktivitas perilaku atau proses yang menggunakan kekuasaan untuk menegakkan peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yang sah dan berlaku ditengah masyarakat.

Wilbur White

Menurut Wilbur White, Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang asal mula, bentuk-bentuk dan proses-proses negara dan pemerintah.

Sri Sumantri

Menurut Sri Sumantri, Politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik itu suprastruktur politik dan infrastruktur politik.

Litre

Menurut Litre, Politik adalah ilmu memerintah dan mengatur negara.

Adolf Grabowsky

Menurut Adolf Grabowsky, Politik adalah menyelidiki negara dalam keadaan bergerak.

Seely dan Stephen Leacock

Menurut Seely dan Stephen Leacock, Politik adalah ilmu yang cocok dalam menangani pemerintahan.

Ossip K.Flechteim

Menurut Ossip K.Flechteim, Politik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan, dan sifat serta tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat mempengaruhi negara.

Aristoteles

Menurut Aristoteles, Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

Rod Hague

Menurut Rod Hague, Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat dengan usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.

Ibnu Aqil

Menurut Ibnu Aqil, Politik adalah hal-hal praktis yang lebih mendekati kebaikan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.

Franz Magnis Suseno

Menurut Franz Magnis Suseno, Politik adalah segala kegiatan manusia yang berorientasi kepada masyarakat secara keseluruhan atau yang berorientasi kepada negara.

Prof. Miriam Budiardjo

Menurut Prof. Miriam Budiardjo, Politik adalah macam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses menentukan dari tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.

Demikian artikel pembahasan tentang”22 Pengertian Politik Menurut Para Ahli dan Tujuan Politik Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.