Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap

Posted on

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap – Teks cerita sejarah yaitu teks yang menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Adapun ciri-ciri dari teks cerita sejarah yaitu:

  • Disajikan secara kronologis atau urutan peristiwa atau urutan kejadian.
  • Bentuk teks cerita ulang (recount)
  • Struktur teks terdiri dari  orientasi, urutan peristiwa, reorientasi.
  • Sering menggunakan konjungsi temporal.
  • Isinya berupa fakta.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Adapun struktur teks cerita sejarah yaitu:

a. Orientasi, yaitu bagian yang berisi mengenai pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
b. Urutan Peristiwa, yaitu bagian yang berisi mengenai rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.
c. Reorientasi, yaitu bagian berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah keinginan penulis teks cerita sejarah tersebut

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Adapun ciri kaidah kebahasaan dari teks cerita sejarah yaitu:

a. Pronomina atau kata ganti, yaitu kata yang digunakan untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.
b. Frasa Adverbial, yaitu kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, waktu, dan tempat.
c. Verba Material, yaitu kata yang berfungsi menunjukkan aktivitas yang dilakukan partisipan, menunjukan perbuatan fisik atau peristiwa, contohnya menulis, mengepel, menyapu.
d. Konjungsi Temporal atau kata hubung waktu, yaitu kata hubung yang berfungsi menata urutan peristiwa yang diceritakan. Umumnya banyak menggunakan kata penghubung temporal.

Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah

Adapun jenis-jenis teks sejarah yaitu teks sejarah fiksi dan teks sejarah non fiksi.

Teks Cerita Sejarah Fiksi

  • Novel yaitu karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, umumnya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis
  • Cerpen yaitu cerita pendek berbentuk prosa naratif fiktif. Cerpen cenderung padat dan langsung pada tujuan dibandingkan dengan karya fiksi lainnya yang umumnya cukup panjang.
  • Legenda yaitu cerita prosa rakyat yang dianggap oleh sebagian orang adalah sesuatu yang benar-benar terjadi.
  • Roman yaitu jenis karya sastra berbentuk prosa yang melukiskan perbuatan pelaku menurut watak dan jiwa masing-masing. Roman disebut juga kisah percintaan.

Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

  • Biografi yaitu keterangan kehidupan seseorang yang ditulis orang lain.
  • Autobiografi yaitu kisah atau keterangan hidup yang ditulis orang itu sendiri.
  • Cerita Perjalanan yaitu teks yang menceritakan tentang perjalanan.
  • Catatan Sejarah yaitu teks yang menceritakan fakta atau kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang sesuatu memiliki nilai sejarah.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

Berikut ini contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya:

Sejarah Instagram

Orientasi
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat

Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.

Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Reorientasi

Sekarang banyak anak muda bahkan orang tua yang mempunyai akun instagram dikarenakan semakin populer nya aplikasi ini. Dengan instagram kita bisa melihat aktivitas teman-teman kita melalui foto dan video yang mereka bagikan, sungguh menarik.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Cerita Sejarah Terlengkap . Semoga bermanfaat dan ampai jumpa pada postingan selanjutnya.