Pengertian Investasi Jangka Panjang : Tujuan, Bentuk dan Contoh Jenis Investasi Jangka Panjang

Posted on

Pengertian Investasi Jangka Panjang – Apa yang dimaksud dengan investasi jangka panjang? Apa saja investasi jangka panjang? Apa tujuan investasi jangka panjang? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian investasi jangka panjang, tujuan dan contoh jenis investasi jangka panjang secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Investasi

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Pengertian investasi jangka panjang adalah investasi yang dimana dana yang dipakai akan diputar dan baru bisa dicairkan setelah jangka waktu yang ditentukan, biasanya minimal 1 tahun. Investasi jangka panjang juga dapat disebut sebagai penanaman sebagian kekayaan modal milik seseorang atau perusahaan pada perusahaan atau personal lain untuk memperoleh pendapatan tetap atau menguasai objek lain tersebut. Terdapat berbagai jenis investasi jangka panjang, contohnya seperti rumah, tanah, saham, obligasi dan lain sebagainya.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Tujuan investasi jangka panjang diantaranya yaitu:

  • Untuk menjalin hubungan antar perusahaan.
  • Untuk membentuk dana khusus, seperti dana untuk kepentingan sosial atau kepentingan ekspansi sebuah perusahaan.
  • Untuk mengendalikan atau mengontrol perusahaan atau orang tertentu melalui kepemilikan usaha tersebut.
  • Untuk mengurangi persaingan antar perusahaan sejenis.
  • Untuk memperoleh pendapatan pasif dalam setiap periode seperti bunga, royalti, dividen atau uang sewa.
  • Untuk menjamin tersedianya bahan baku dan pasar untuk produk yang akan dihasilkan.

Bentuk Investasi Jangka Panjang

Ada banyak pilihan untuk perusahaan atau perorangan dalam menentukan bentuk investasi jangka panjang. Seperti dalam bentuk tanah atau bangunan disebut dengan investasi properti. Ada juga yang menginvestasikan dalam bentuk tabungan atau deposito, membeli saham atau obligasi.

Suatu perusahaan bisa melakukan investasi jangka panjang dalam bentuk obligasi atau saham. Bila dibandingkan, kedua bentuk investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut contoh jenis jenis bentuk investasi jangka panjang, diantaranya yaitu:

Emas

Emas merupakan logam mulia 99,99% yang berharga dan langka yang kehadirannya bisa diterima semua kalangan. Emas ini mudah dibentuk atau sering digunakan sebagai perhiasan. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang yang aman dan juga menguntungkan.

Dalam keadaan yang tidak menentu, emas memiliki nilai jual yang lebih stabil dan dianggap sebagai pengganti mata uang tanpa batasan aset yang penting dan aman kapan saja dapat diuangkan saat dibutuhkan. Nilai tukar US Dollar yang sama dan searah dengan emas, sehingga banyak orang banyak melakukan investasi emas ini.

Saham

Sebuah perusahaan dapat memperoleh dana dari para investor dengan cara menerbitkan atau mengeluarkan saham. Berbeda dengan obligasi, saham adalah sebuah pernyataan dan bukan surat hutang dan tidak perlu ditebus penerbitnya.

Baca Juga : Pengertian Investasi Jangka Pendek

Obligasi

Pengertian obligasi adalah surat bukti sudah memberikan pinjaman kepada pihak yang menerbitkan obligasi dan harus dilunasi pada tanggal jatuh temponya. Obligasi juga memiliki hak atas pembagian keuntungan. Apabila diterima oleh pemegang obligasi yang berbentuk badan, dengan rekarakterisasi sebagai dividen, bagian keuntungan yang diterima itu tidak dikenakan pajak.

Reksadana

Para investor bisa melakukan investasi tapi secara tidak langsung, yaitu menggunakan perantara perusahaan reksadana. Dana yang terkumpul dari para investor dalam jumlah yang cukup besar akan meningkatkan posisi tawar-menawar dari perusahaan reksadana.

Asuransi

Pengertian asuransi adalah suatu perjanjian antara tertanggung yaitu dan penanggung yaitu perusahaan asuransi. Asuransi sendiri berasal dari kata Insurance yang berarti pertanggungan. Penanggung akan bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin terjadi pada massa mendatang setelah tertanggung menyepakati pembayaran uang yang disebut dengan premi.

Program Pensiun

Perusahaan asuransi di Indonesia telah menjamur dengan memasarkan dan memperkenalkan produk unggulannya yang dipadukan dengan program investasi dana pensiun. Sehingga, jika sudah tiba masa pensiun, investor akan memperoleh sejumlah dana yang berasal dari hasil pengembangan dari pihak perusahaan asuransi.

Namun, investasi program pensiun ini tidak banyak menghasilkan bunga dibandingkan dengan menabung pada sebuah bank tertentu yang sifat bunganya lebih besar. Hasil dari investasi dengan program pensiun juga tidak menentu dibanding investasi lainnya. Besar keuntungan dan bunga yang akan diperoleh biasanya tergantung dari besar kecilnya keuntungan yang didapatkan perusahaan asuransi.

Properti

Salah satu bentuk investasi jangka panjang adalah investasi dalam bentuk properti mulai dari tanah, rumah, ruko, kebun dan sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Keputusan Investasi

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian investasi jangka panjang, tujuan dan jenis investasi jangka panjang secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.