Macam-Macam Jenis Bakteri dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia Terlengkap

Posted on

Pengertian, Macam-Macam Jenis Bentuk Bakteri Yang Menguntungkan dan Merugikan  dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia Terlengkap – Dalam tubuh kita terdapat milyaran bakteri yang hidup bersimbioasis mutualisme ataupun bersifat parasit. Bakteri hidup bebas pada makhluk lain. Namun sebenarnya apa pengertian bakteri itu? , apasaja Macam-macam bakteri atau jenis-jenis bakteri tersebut ?, apasaja macam-macam/ jenis-jenis bakteri yang menguntungkan dan merugikan ?. Berikut adalah penjelasan selengkapnya tentang Bakteri.

Pengertian Bakteri

Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel, bakteri masuk dalam kelompok hewan prokariota dan memiliki ukuran yang sangat kecil atau mikroskopik. Bakteri memiliki peran besar dalam kehidupan dibumi, ada kelompok bakteri yang dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit dan ada pula bakteri yang bermanfaat di bidang pangan, pengobatan dan juga industri. Bakteri dapat ditemukan hampir di semua tempat seperti di air, tanah, udara, bersimbiosis dengan organisme lain ataupun sebagai agen pantogen, bahkan juga ditemukan di tubuh manusia.

Pada umumnya bakteri berukuran 0,5-5 μm, namun ada juga yang memiliki diameter hingga 700 μm.

Bakteri mempunyai sel uniseluler dan prokariotik. Pada umumnya bakteri tidak memiliki klorofil, tapi ada juga yang memiliki klorofil. Bakteri bereproduksi secara seksual dapat dilakukan dengan cara konjungsi atau pemindahan DNA dari donor ke penerima melalui kontak langsung, Transformasi atau pemindahan DNA bakteri ke bakteri lain, dan transduksi atau pemindahan DNA bakteri melalui perantara virus. Bakteri juga dapat bereproduksi secara aseksual dengan cara pembelahan biner. Bakteri membelah secara langsung menjadi 2 sel anakan, pada kondisi normal membelah setiap 20 menit sekali.

Jenis-Jenis Bakteri

Berdasarkan bentuk bakteri dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

• Kokus (Bulat seperti bola).Contohnya: Staphylococcus aureus (penyebab radang paru-paru)
  • Basil (Batang atau silinder). Contohnya: Bacillus anthracis (penyebab antraks)
  • Spiral (Berbengkok-bengkok/melengkung). Contohnya: Treponema pallidum (penyebab sifilis)

Berdasarkan kebutuhan oksigen, yaitu :

• Bakteri aerob, bakteri yang membutuhkan oksigen untuk hidup. Contohnya: Nitrosomonas.
  • Bakteri anaerob, bakteri yang tidak membutuhkan oksigen untuk hidup. Contohnya: Clostridium tetani.

Berdasarkan cara mendapatkan makanan, yaitu :

• Bakteri hetrotof yaitu bakteri yang mendapatkan makanan dari organisme lain.
  • Bakteri Autotrof yaitu bakteri yang mendapatkan makanan dengan cara membuat sendiri.
  • Bakteri Fotoautotrof yaitu bakteri yang dalam membuat makanannya dengan bantuan energi cahaya matahari. Contohnya: bakteri hijau biru.
  • Bakteri saprofit yaitu bakteri yang mendapatkan makanan dari sisa-sisa organisme lain. Contohnya: escherichia
  • Bakteri parasit yaitu bakteri yang mendapatkan makanan dari organisme yang ditumpanginya. Biasanya bakteri ini merugikan. Contohnya : Mycobacterium tuberculosis.

Berdasarkan jumlah dan letak flagela, yaitu :

• Monotrik yaitu memiliki satu flagela pada salah satu ujung
  • Lofotrik yaitu memiliki banyak flagela pada salah satu ujung
  • Amfitrik yaitu masing-masing memiliki satu atau banyak flagela pada kedua ujung
  • Peritrik yaitu memiliki banyak flagela pada seluruh permukaan tubuh
  • Atrik yaitu tidak memiliki flagela.

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Manusia

Bakteri  Yang Menguntungkan

Berikut adalah bakteri yang menguntungkan:

1. Dalam bidang pertanian, karena menambah kesuburan tanah. Contohnya : Acetobacter choroocum, Rhizobium Leguminosarum, Clostridium pasteurianum (mengikat N2 dari udara) dan lain sebagainya.

2. Penghsil antibiotik. Contohnya : Streptomyces griceus (penghasil streptomisin), streptomyces venezuelae (penghasil kloromisin), Bacillus brevis (penghasil gramisidin),Bacillus brevis (penghasil terotrisin), Bacillus subtilis (penghasil basitrasin), Polymyka (penghasil polimixin), dan lain sebagianya.

3. Penghasil bahan makanan dan minuman. Contohnya : Acetobacter xylinium (nata de coco), Lactobacillus cassei (Yogurt),Rhizopus oligosporus (tempe), Aspergillus oryzae (tauco), Streptococcus laktis (keju), dan Lain sebagainya.

4. Dalam proses pembusukan. Contohnya: Acetobacter sp (penghasil asam cuka dan asam asetat), Clostridium butricum (penghasil asam butirat), propioni bacterium (penghasil asam propionat), dan lain sebagainya.

5. Peranan bakteri yang lain dapat digunakan untuk pembuatan biogas, pengolahan limbah, rekayasa genetik, dan sebagainya.

Bakteri  Yang Merugikan

Berikut adalah bakteri yang merugikan:

• Salmonella typhosa, bakteri penyebab penyakit tifus
  • Haemophilus influenza, bakteri penyebab influenza
  • Shigella dysenteriae, bakteri penyebab penyakit disentri
  • Mycobocterium leprae, bakteri penyebab penyakit lepra/kusta
  • Neisseria Meningitidis, bakteri penyebab penyakit meningitis
  • Treponema palidum, bakteri penyebab penyekit sifilis
  • Neisseria gonorrhoeae, bakteri penyabab penyakit kencing nanah
  • Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab penyakit tuberkulosis
  • Vibrio comma bakteri, bakteri penyebab penyakit kolera
  • Dan lain sebaginya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Macam-Macam Jenis Bakteri dan Peranannya Dalam Kehidupan Manusia Terlengkap . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.