Pengertian, Ciri, Fungsi Dan Jenis Pembuluh Balik Vena Terlengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Fungsi Dan Jenis Pembuluh Balik Vena Terlengkap – Pembuluh Vena atau Pembuluh Balik adalah pembuluh darah yang menghantarkan darah ke jantung. Darah dari kapiler dalam jaringan tubuh kembali ke jantung melalui venula, setelah itu ke pembuluh balik atau pembuluh vena. Pembuluh balik atau vena memiliki dinding lebih tipis, tidak elastis dan memiliki diamater lebih kecil daripada pembuluh nadi.Hal ini disebabkan karena darah dalam perjalanan kembali menuju ke jantung memiliki tekanan yang sangat rendah.

Tekanan yang rendah tersebut menyebabkan darah cenderung mengalir kembali meninggalkan jantung. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pembuluh balik memiliki banyak katup yang memastikan darah dapat mengalir ke satu arah menuju jantung. Tekanan darah yang rendah pada pembuluh balik akan menyebabkan tidak terasa adanya denyutan sehingga darah kemudian hanya menetes atau tidak memancar jika pembuluh balik terluka. Letak pembuluh vena atau pembuluh balik ini terdapat di dekat dengan permukaan tubuh yang nampak berwarna kebiru-biruan.

Ciri-Ciri Pembuluh Balik Vena

Adapun ciri-ciri pembuluh balik atau pembuluh vena yaitu:

  • Pembuluh balik memiliki dinding yang lebih tipis dibandingkan dengan pembuluh arteri
  • Pembuluh Balik tidak elastis berdiamater lebih lebar dari pembuluh nadi
  • Umumnya terletak dekat dengan permukaan tubuh dan nampak berwarna kebiru-biruan
  • Memiliki diamater hingga 1,5 cm
  • Mengandung banyak karbon dioksida, kecuali vena pulmonalis.

Fungsi Pembuluh Balik Vena

Secara umum, fungsi pembuluh balik atau pembuluh vena yaitu menyalurkan darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung.

Jenis-Jenis Pembuluh Balik Vena

Secara umum, terdapat 2 macam pembuluh balik vena yaitu pembuluh balik vena besar bagian atas (vena kava superior) dan pembuluh balik vena besar bagian bawah (vena kava inferior). Pembuluh balik vena besar bagian atas berfungsi menerima dan mengangkut darah dari bagian atas tubuh yaitu kepala dan lengan. Sedangkan pembuluh balik vena besar bagian bawah berfungsi menerima dan mengangkut darah dari bagian tengah ke bagian bawah tubuh yaitu badan dan kaki.

Terdapat 4 macam jenis pembuluh vena atau pembuluh balik yaitu:

Vena Pulmonalis

Pembuluh vena ini berfungsi sebafai tempat darah yang mengandung oksigen yang dihirup paru-paru untuk dibawa oleh pembuluh ini menuju jantung. Ini juga disebut dengan vena paru-paru Terdapat 2 jenis pembuluh vena pulmonalis yaitu vena pulmonalis bagian kiri dan vena pulmonalis bagian kanan.

Vena Cava

Pembuluh vena ini berfungsi membawa darah pada tubuh manusia menuju ke jantung bagian atrium kanan. Vena Cava disebut juga dengan vena sistemik. Terdapat 2 jenis pembuluh vena ini yaitu vena cava superior dan vena cava interior.

Vena Superfisialis

Vena Superfisialis ini merupakan jenis pembuluh balik vena cava yang letaknya berada di dibawah kulit dan juga tidak berada dekat dengan pembuluh arteri yang tepat..

Vena Dalam

Vena dalam atau deep vein merupakan pembuluh darah balik vena yang bersisian dengan pembuluh arteri, keduanya tersimpan di selubung pembungkus.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Ciri, Fungsi Dan Jenis Pembuluh Balik Vena Terlengkap .Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.