Pengertian, Ciri, Fungsi dan Jenis Pembuluh Nadi (Arteri) Terlengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Fungsi dan Jenis Pembuluh Nadi (Arteri) Terlengkap – Pembuluh Nadi atau Pembuluh Arteri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Fungsi pembuluh nadi ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh balik yang membawa darah menuju jantung. Dinding pembuluh daeah nadi ini tersusun atas 3 lapisan yaitu lapisan luar yang elastis, lapisan tengah berupa sel-sel otot polos dan lapisan dalam yang tersusun atas selapis sel berdinding tipis.

Pembuluh nadi memiliki dinding yang tebal, kuat dan juga elastis yang membantu memberikan tenaga pemompa jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Pemompaan jantung membuat darah terdorong untuk mengalir, sehingga hal tersebut memberikan tekanan disepanjang dinding pembuluh yang dilalui dan itu mengakibatkan denyutan. Umumnya, letak pembuluh nadi atau arteri ini berada didalam tubuh.

Pembuluh nadi yang paling besar disebut dengan aorta. Pembuluh ini berpankal pada bilik kiri jantung dan berfungsi membawa darah yang mengandung banyak oksigen atau darah bersih ke seluruh tubuh. Pembuluh ini memiliki katup yang berada tepat di luar jantung. Selanjutnya, aorta bercabang dua, satu cabang menuju kepala dan satu cabang lagi menuju tubuh bagian bawah. Kedua pembuluh nadi yang keluar dari jantung kemudian bercabang lagi menjadi pembuluh nadi yang lebih kecil. Pembuluh nadi yang paling kecil disebut dengan arteriol. Arteriol memiliki ukuran lebih tipis dari satu sisir rambut. Arteriol ini bercabang lagi menjadi pembuluh kapiler.

Selain aorta, pembuluh nadi yang membawa darah dari jantung yaitu pembuluh nadi paru-paru atau arteri pulmonalis. Pembuluh arteri pulmonalis berpangkal pada bilik kanan jantung dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari aorta. Arteri pulmonalis ini berfungsi membawa darah yang mengandung karbon dioksida atau darah kotor dan uap air ke paru-paru. Melalui pembuluh nadi, darah dari jantung diedarkan ke seluruh jaringan tubuh termasuk jaringan penyusun jantung.

Pembuluh nadi yang berfungsi mengalirkan oksigen dan zat makanan ke jantung disebut dengan nadi tajuk atau arteri koronaria. Pembuluh tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah tersumbat gumpalan lemak. Penyumbatan aliran darah menyebabkan sebagian sel pada organ jantung menjadi kekurangan makanan dan oksigen. Peristiwa penyumbatan pembuluh nadi jantung disebut dengan koronariasis.

Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)

Adapun ciri-ciri pembuluh nadi atau pembuluh arteri yaitu:

  • Dindingnya Tersusun atas tiga lapis
    lapisan luar berupa sel otot elastis,
    lapisan tengah berupa sel otot polos,
    lapisan dalam disusun oleh selapis sel berdinding tipis.
  • Memiliki dinding tebal, kuat dan elastis
  • Membawa darah bersih
  • Memiliki satu kutup yakni awal pembuluh yang berada di dekat jantung
  • Apabila terluka, darah akan memancar
  • Terletak di bagian dalam tubuh

Fungsi Pembuluh Nadi (Arteri)

Adapun fungsi pembuluh nadi yaitu:

  • Untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh
  • Untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi ke semua sel
  • Untuk mengangkut zat buangan seperti karbon dioksida
  • Untuk menjaga keseimbangan mobilitasi protein, kimia dan unsur sistem kekebalan tubuh dan sel

Jenis-Jenis Pembuluh Nadi (Arteri)

Terdapat beberapa macam pembuluh nadi atau pembuluh arteri diantaranya:

Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis atau nadi paru-paru yaitu pembuluh yang dilewati darah dari bilik menuju ke paru-paru. Pembuluh ini mengandung banyak karbon dioksida yang akan dilepaskan ke paru-paru tepatnya di alveolus.

Arteri Sistemik

Arteri sistemik adalah pembuluh nadi yang mengantar darah ke arteriol, selanjutnya menuju ke pembuluh kapiler tempat dimana zat nutrisi dan oksigen ditukarkan

Aorta

Aorta adalah pembuluh terbesar yang ada dalam tubuh dan keluar dari ventrikel yang membawa banyak oksigen

Arteriol

Arteriol adalah pembuluh nadi yang paling kecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler

Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler adalah tempat pertukaran zat yang menjadi fungsi utama dalam sistem sirkulasi, pembuluh kapiler bukan pembuluh sebenarnyaPembuluh kapiler merupakan pembuluh yang menghubungkan cabang pembuluh dan cabang pembuluh balik dengan sel tubuh.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Ciri, Fungsi dan Jenis Pembuluh Nadi (Arteri) Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.