Pengertian Deskripsi, Ciri, Jenis, dan Struktur Teks Deskripsi Lengkap

Posted on

Pengertian Deskripsi, Ciri, Jenis, dan Struktur Teks Deskripsi Lengkap – Secara umum, pengertian deskripsi adalah satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

Deskripsi digunakan untuk menggambarkan objek tertentu, dapat berupa orang, tempat, peristiwa, kejadian dan hal lain dengan detail dan jelas. Penulisan teks deskripsi didasarkan pada hasil pengamatan dan observasi sehingga harus sesuai dengan data dan fakta yang ada.

Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian deskripsi adalah pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Tarigan

Menurut Tarigan, pengertian deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

Keraf

Menurut Keraf, pengertian deskripsi adalah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang membuat objek tersebut seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut atau seolah-olah berada di depan mata kepala para pembaca.

Utorodewo

Menurut Utorodewo, pengertian deskripsi adalah bentuk paragraf yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Berikut ini unsur dan ciri-ciri teks deskripsi diantaranya:

  • Menggambarkan suatu objek seperti benda, tempat atau suasana tertentu.
  • Melibatkan panca indera seperti penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman dan perabaan.
  • Mengungkapkan ciri-ciri fisik dan sifat objek seperti ukuran, bentuk, warna dan sifat objek.
  • Menjelaskan objek dengan jelas, detail dan terperinci.
  • Menggunakan kata-kata atau frasa yang bermakna kata sifat atau keadaan.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Berikut ini jenis-jenis teks deskripsi diantaranya yaitu:

Teks deskripsi subjektif
Pengertian teks deskripsi subjektif adalah teks deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis paragraf tersebut.

Teks deskripsi spatial
Pengertian teks deskripsi spatial adalah teks deskripsi dimana objek yang dijelaskan hanya berupa benda, tempat, ruang dan lain sebagainya.

Teks deskripsi objektif
Pengertian teks deskripsi objektif adalah jenis teks deskripsi dimana penjelasan mengenai objek digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan objek yang sebenarnya, tanpa ada tambahan opini dari penulis.

Struktur Teks Deskripsi

Berikut ini 3 struktur teks deskripsi yaitu:

Identifikasi
Pengertian identifikasi pada teks deskripsi yaitu bagian yang berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainnya.

Klasifikasi
Pengertian klasifikasi pada teks deskripsi yaitu unsur penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok menurut kaidah atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Bagian Deskripsi
Pengertian bagian deskripsi atau bagian inti pada paragraf deskripsi yaitu bagian yang berisikan gambaran atau pemaparan tentang suatu objek atau topik yang dibahas.

Demikian artikel tentang “Pengertian Deskripsi, Ciri, Jenis, dan Struktur Teks Deskripsi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.