Pengertian Target Pasar : Manfaat, Faktor Penentu, Contoh Target Pasar (Targeting)

Posted on

Pengertian Target Pasar – Apa yang dimaksud dengan target pasar? Apa manfaat target pasar? Faktor faktor apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menetapkan target pasar? Bagaimana cara menentukan target pasar? Faktor faktor apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menetapkan target pasar? Mengapa para pelaku bisnis melakukan identifikasi segmen dan target pasar dalam strategi pemasaranya jelaskan?

Baca Juga : Segmentasi Pasar

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian target pasar, manfaat, faktor yang mempengaruhi dan contoh target pasar (targeting) secara lengkap.

Pengertian Target Pasar

Target pasar adalah suatu kelompok pembeli yang mempunyai persamaan sifat yang membuat pasar berdiri sendiri.

Target pasar merupakan sekelompok pelanggan yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan agar mereka membeli produk yang dipasarkan. Secara singkatnya, target pasar mempunyai kelompok pelanggan yang harus dilayani.

Untuk menentukan target pasar, perusahaan harus menilai berbagai segmen dengan teliti yang nantinya ditentukan berapa ukuran segmen juga segmen mana yang akan dimasuki perusahaan. Pemilihan segmen yang terlalu sempit dapat mengakibatkan kegagalan dalam mencapai volume penjualan dan laba yang diinginkan. Begitu sebaliknya, apabila segmen terlalu luas maka akan mengakibatkan biaya melebihi kenaikan penjualan dan laba.

Target pemasaran dan segmentasi pemasaran saling berkaitan, setelah dilakukan segmentasi dilakukan maka penetapan target pasar sangat mudah dilakukan. Penetapan target pasar merupakan proses evaluasi daya tarik setiap segemen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.

Pengertian Target Pasar Menurut Para Ahli

Solomon dam Elnora (2003:232)

Target market adalah group that a firm selects to turn into customers as a result of segmentation and targeting.

Manfaat Target Pasar

Dengan menerapkan target pasar, perusahaan bisa mengembangkan posisi produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) untuk masing-masing target pasar yang berkaitan. Manfaat utarget pasar sangat bermanfaat terutama dalam hal berikut ini:

Baca Juga : Riset Pasar

  • Penyesuaian produk dan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan dengan target pasar lebih mudah.
  • Pengembang posisi produk dan strategi bauran pemasaran.
  • Dengan menjalankan identifikasi pada pasar yang akan dilayani dengan efektif, maka perusahaan dapat berada di posisi yang lebih baik.
  • Mengantisipasi adanya persaingan
  • Pemakaian sumber perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
  • Menargetkan peluang pasar yang lebih luas.

Faktor Penentu Target Pasar

Faktor yang harus diperhatikan sebelum menetapkan segmen pasar, antara lain:

Ukuran Segmen

Perkiraan ukuran segmen pasar yang akan dituju merupakan faktor penting dalam menentukan apakah segmen pasar cukup baik untuk ditindaklanjuti. Umumnya, perusahaan besar akan memilih segmen dengan volume penjualan yang besar dan menghindari segemen bervolume penjualan kecil. Sementara, perusahaan kecil cenderung menghindari segemen pasar yang besar karena perusahaan tersebut membutuhkan sumber daya yang terlalu banyak.

Pertumbuhan Segmen

Pertumbuhan segmen juga termasuk faktor penting dalam penentuan target pasar. Meski ukuran segmen saat ini relatif kecil, namun tidak menutup kemungkinan akan berkembang pada masa yang kana datang. Karena pada dasarnya, segmen kecil merupakan segmen yang potensial.

Sumber Daya Perusahaan

Perusahaan memperoleh sumber daya dari perusahaan maupun bekerja sama dengan pihak luar perusahaan. Konsekuensi sumber daya yang didapatkan dari kerja sama dengan pihak luar merupakan penghasilan dan resiko perusahaan ditanggung bersama. Bentuk kerjasama dengan pihak luar bisa dijalankan dengan ventura atau product sharing.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Mencapai Segmen

Sebuah segmen harus disesuaikan dengan aktivitas pemasaran perusahaan. Apabila segmen yang diinginkan tidak sesuai maka sebaiknya tak perlu dilakukan. Untuk itu, identifikasi tentang segmen yang akan dituju dilakukan secara teliti.

Analisis Situasi

Perusahaan harus menganalisis situasi dengan teliti dan cermat terlebih dahulu. Analisis situasi berhubungan dengan pelanggan, permasok dam distributor.

Contoh Target Pasar

Sebagai contoh bisnis di bidang fashion untuk anak-anak, maka target pasarnya yaitu:

Produk Yang Dijual

Pakaian anak-anak dengan penjualan secara online

Target Pasar

Kota Besar seperti Lampung, Palembang, Medan, Padang dan Kota Lain di pulau Sumatera yang bisa dijangkau oleh kurir pengirim barang maksimal dalam 4 hari.

Baca Juga : Pangsa Pasar (Market Share)

Target Demografi Konsumen

Wanita yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil dengan umur sekitar 25-40 tahun yang mempunyai pendapatan keluarga diatas 5 juta per bulan.

Karakteristik Psikologis Konsumen

Konsumen seringkali mempunyai komputer, email dan sosial media; mengikuti trend fashion anak dan hobi membaca majalah fashion anak.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian target pasar, manfaat, faktor yang mempengaruhi dan contoh target pasar (targeting) secara lengkap. Semoga bermanfaat