Pengertian Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Sudut Pandang Dalam Sebuah Cerita Terlengkap

Posted on

Pengertian Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Sudut Pandang Dalam Sebuah Cerita Terlengkap – Sudut pandang atau point of view adalah arah pandang seorang penulis dalam menyampaikan sebuah cerita sehingga cerita tersebut lebih hidup dan tersampaikan dengan baik kepada pembaca atau pendengarnya. Atau dengan kata lain, sudut pandang dapat diartikan sebagai cara penulis/pengarang memandang atau menempatkan diri dalam sebuah cerita.

Pengertian sudut pandang atau point of view adalah sebuah teknik bercerita yang akan membuat rasa yang berbeda pada alur dan cara penyampaian cerita. Dengan sudut pandang, penulis seolah-olah bisa menjadi pelaku utama atau menjadi orang lain dalam cerita tersebut.

Pengertian Sudut Pandang Menurut Para Ahli

Heri Jauhari (2013:54)

Menurut Heri Jauhari, Sudut pandang disebut juga pusat narasi adalah penentu gaya dan corak cerita. Watak dan kepribadian pencerita akan banyak menentukan cerita yang dituturkan kepada pembaca. Keputusan pengarang dalam menentukan siapa yang akan menceritakan kisah menentukan apa yang ada dalam cerita. Jika pencerita berbeda, detail-detail cerita yang dipilih juga berbeda.

Sehingga dapat disimpulkan, sudut pandang adalah cara pengarang menampilkan tokoh dalam ceritanya sehingga tampak jelas gaya cerita yang disajikan.

Jenis-Jenis Sudut Pandang Dalam Cerita

Secara umum terdapat 4 (empat) jenis sudut pandang, diantaranya yaitu:

Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Utama

Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama adalah sudut pandang yang umumnya menggunakan kata ganti seperti Aku ataupun Saya pada tokoh utama cerita. Dalam sudut pandang ini penulis atau pengarang cerita seolah-olah terlibat dalam ceritanya dan dia sendiri yang berperan sebagai tokoh utama dalam cerita.

Berikut contoh sudut pandang orang pertama dalam cerita:
“Pagi hari aku bangun dari tidur panjang yang telah melelapakanku, aku bergegas pergi ke kamar mandi untuk mandi sebelum berangkat ke sekolah. Setelah itu aku membereskan tempat tidur dan sarapan pagi terlebih dahulu, lalu setelah selesai sarapan barulah aku berangkat ke sekolah dan berpamaitan kepada orang tua…”

Sudut Pandang Orang Pertama Sebagai Pelaku Sampingan

Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan adalah sudut pandang yang menempatkan seolah-olah si tokoh utama yang bercerita, akan tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama.

Berikut contoh sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan dalam cerita:
“Aku bangga melihat Agus teman baik ku, dia sangat cerdas dalam berbagai mata pelajaran di sekolah. Terkadang aku merasa iri padanya, karena dia lebih pintar dari pada aku, akan tetapi dia selalu membantuku jika aku dalam kesulitan dan dia selalu menemaniku saat bermain…”

Sudut Pandang Orang Ketiga Serba Tahu

Sudut pandang orang ketiga serba tahu adalag sudut pandang yang umumnya menggunakan kata ganti seperti ia, dia atau nama dari pelaku yang ada dalam cerita yang dibuat oleh penulis.

Berikut contoh sudut pandang orang ketiga serba tahu dalam cerita:
“Sudah satu bulan ini aku sering melihat dia menunggu bus di bangku pinggir jalan itu, tapi belum satu kalipun dia terlihat menunggu bus bersama temannya. Apa mungkin dia tidak memiliki teman baik? Ataukah dia seorang penyendiri?….”

Sudut Pandang Orang Ketiga Pengamat

Dalam sudut pandang ini maksudnya kata “dia” sangat terbatas. Penulis cerita menggambarkan apa yang dilihat, didengar, yang dialami dan yang dirasakan oleh tokoh utama dalam cerita, namun hal tersebut sangat terbatas yaitu hanya pada seorang tokoh saja. Tokoh yang ada dalam cerita mungkin cukup banyak namun mereka tidak diberikan kesempatan yang lebih untuk menunjukan sosok yang sebenarnya, jadi hanya tokoh utama saja yang menunjukan sosok yang sebenarnya.

Berikut contoh sudut pandang orang ketiga pengamat dalam cerita:
“Datang seorang siswa baru berpakaian keren kedalam kelas. Wajahnya yang tampan membuat semua siswi di kelas tersebut terdiam. Tiba-tiba siswa baru tersebut tersenyum dan membuat semua siswi di kelas menjerit histeris, karena tidak menyangka senyum siswa baru itu sangat mempesona…”

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Sudut Pandang Dalam Sebuah Cerita Terlengkap Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.